Cara Setting Tp Link TL-MR3420 Sebagai Access Point Hotspot Mikrotik

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Dalam dunia yang semakin terkoneksi, memiliki akses internet yang stabil dan cepat adalah suatu keharusan. Saat mengelola jaringan nirkabel di berbagai lingkungan, terutama di tempat-tempat umum seperti kafe, taman, atau pusat perbelanjaan, penting untuk memiliki hotspot Wi-Fi yang andal. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan mengatur perangkat TP-Link TL-MR3420 sebagai Access Point (AP) hotspot yang terhubung ke server Mikrotik. Dengan konfigurasi yang tepat, Anda dapat memberikan akses internet yang baik kepada pengguna Anda.

TP-Link TL-MR3420 adalah router nirkabel yang mendukung jaringan 4G LTE dan dirancang untuk memberikan konektivitas internet yang cepat dan andal. Di artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah mendetail tentang cara mengatur TP-Link TL-MR3420 sebagai Access Point hotspot Mikrotik sehingga Anda dapat menyediakan akses internet nirkabel yang berkualitas tinggi kepada pengguna Anda.

Mengapa Menggunakan TP-Link TL-MR3420?

Sebelum kita mulai menjelaskan langkah-langkah mengatur TP-Link TL-MR3420 sebagai Access Point hotspot Mikrotik, mari kita bahas mengapa Anda mungkin ingin memilih perangkat ini:

  • Kualitas Sinyal: TP-Link TL-MR3420 adalah router yang handal dan dapat memberikan sinyal Wi-Fi yang kuat kepada pengguna Anda.
  • 4G LTE: Dengan dukungan jaringan 4G LTE, Anda dapat menyediakan akses internet yang cepat, bahkan di daerah yang tidak memiliki akses internet kabel.
  • Harga Terjangkau: Perangkat ini memiliki harga yang terjangkau, sehingga cocok untuk berbagai jenis bisnis atau lingkungan.
  • Kemudahan Pengaturan: TP-Link TL-MR3420 mudah diatur, bahkan oleh pengguna yang kurang berpengalaman.

Cara Setting Tp Link TL-MR3420 Sebagai Access Point Hotspot Mikrotik :

1. Persiapan Perangkat dan Lokasi Pemasangan

Sebelum Anda mulai mengatur TP-Link TL-MR3420 sebagai Access Point hotspot Mikrotik, Anda perlu melakukan beberapa persiapan:

  • Periksa Isi Paket: Pastikan Anda telah menerima semua perangkat yang diperlukan dalam paket, termasuk TP-Link TL-MR3420, adaptor daya, kabel Ethernet, kartu SIM, dan panduan pengguna.
  • Lokasi Pemasangan: Pilih lokasi pemasangan TP-Link TL-MR3420 yang optimal. Pastikan lokasi ini memiliki sumber daya listrik yang tersedia dan mencakup area yang ingin Anda cakup dengan jaringan nirkabel.
  • Sumber Daya Listrik: Pastikan ada soket listrik yang tersedia di lokasi pemasangan TP-Link TL-MR3420.
  • Perangkat Terhubung: Siapkan perangkat seperti komputer atau smartphone yang akan digunakan untuk konfigurasi.

2. Persiapan Mikrotik

Sebelum Anda dapat menghubungkan TP-Link TL-MR3420 ke jaringan Mikrotik, Anda perlu melakukan beberapa pengaturan pada router Mikrotik Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  • Masuk ke Router Mikrotik: Buka peramban web (browser) dan masuk ke antarmuka web router Mikrotik Anda dengan mengetikkan alamat IP router di bilah alamat browser. Biasanya, alamat IP default adalah 192.168.88.1 atau alamat yang telah Anda konfigurasi sebelumnya.
  • Pengaturan Interface: Pilih “Interfaces” dari menu di sisi kiri antarmuka Mikrotik. Anda perlu membuat dua buah interface baru: satu untuk koneksi ke TP-Link TL-MR3420 dan satu untuk koneksi ke jaringan lokal. Klik “Tambah Interface” dan pilih “Virtual” untuk kedua interface.
  • Konfigurasi Interface TP-Link TL-MR3420: Berikan nama yang mudah diingat untuk interface yang akan terhubung ke TP-Link TL-MR3420, seperti “TP-Link.” Atur alamat IP interface ini. Pastikan Anda memberikan alamat IP yang berada dalam subnet yang sama dengan TP-Link TL-MR3420 nantinya. Misalnya, jika Anda akan mengatur TP-Link TL-MR3420 dengan alamat IP 192.168.1.2, Anda dapat mengatur alamat IP interface ini sebagai 192.168.1.1/24.
  • Konfigurasi Interface Lokal: Interface lokal adalah interface yang terhubung ke jaringan lokal Anda. Anda juga perlu memberikan nama dan alamat IP yang sesuai untuk interface ini.
  • Tambahkan IP Address ke TP-Link TL-MR3420: Kembali ke menu “Interfaces” dan pilih “TP-Link” atau nama yang telah Anda tentukan sebelumnya. Kemudian, tambahkan alamat IP yang sesuai dengan subnet yang akan digunakan pada TP-Link TL-MR3420. Misalnya, jika Anda mengatur TP-Link TL-MR3420 dengan alamat IP 192.168.1.2, masukkan 192.168.1.1/24 sebagai IP address ini.

3. Konfigurasi TP-Link TL-MR3420

Sekarang, mari kita mulai langkah-langkah pengaturan TP-Link TL-MR3420 sebagai Access Point hotspot Mikrotik. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  • Hubungkan TP-Link TL-MR3420: Hubungkan TP-Link TL-MR3420 ke sumber daya listrik menggunakan adaptor daya yang disertakan. Pastikan perangkat dalam keadaan hidup.
  • Sambungkan ke Komputer: Sambungkan komputer atau perangkat yang akan digunakan untuk konfigurasi ke TP-Link TL-MR3420 melalui kabel Ethernet.
  • Akses Antarmuka Web: Buka peramban web di komputer Anda dan masukkan alamat IP default TP-Link TL-MR3420 (biasanya 192.168.0.1) ke bilah alamat browser. Ini akan membawa Anda ke antarmuka web TP-Link TL-MR3420.
  • Masuk ke Antarmuka: Masukkan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) default TP-Link TL-MR3420. Informasi ini biasanya terdapat dalam panduan perangkat atau pada stiker di perangkat itu sendiri.
  • Konfigurasi Jaringan: Di antarmuka web TP-Link TL-MR3420, pilih “Network” atau “Wireless” dan atur perangkat sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda perlu mengkonfigurasi mode operasi perangkat sebagai “Wireless AP” dan memasukkan SSID yang akan digunakan oleh pengguna.
  • Konfigurasi Keamanan: Pastikan Anda mengatur keamanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti WPA2-PSK (Pre-Shared Key). Atur kata sandi yang kuat untuk melindungi jaringan hotspot Anda.
  • Konfigurasi IP Address: Anda perlu mengatur alamat IP yang sesuai untuk TP-Link TL-MR3420 agar perangkat ini dapat berkomunikasi dengan router Mikrotik Anda. Misalnya, jika Anda mengatur alamat IP 192.168.1.2 pada router Mikrotik, Anda harus mengatur alamat IP TP-Link TL-MR3420 sebagai 192.168.1.2.
  • Atur Gateway: Tentukan alamat IP router Mikrotik sebagai gateway pada TP-Link TL-MR3420. Ini akan memungkinkan TP-Link TL-MR3420 untuk mengarahkan lalu lintas internet ke router Mikrotik.
  • Simpan Pengaturan: Pastikan Anda menyimpan semua pengaturan yang telah Anda konfigurasi pada TP-Link TL-MR3420.

4. Konfigurasi Hotspot Mikrotik

Setelah Anda mengatur TP-Link TL-MR3420, saatnya mengonfigurasi hotspot di router Mikrotik Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  • Masuk ke Router Mikrotik: Buka peramban web dan masuk ke antarmuka web router Mikrotik Anda menggunakan alamat IP yang telah Anda tentukan sebelumnya.
  • Konfigurasi Hotspot: Pilih “IP” dari menu di sisi kiri antarmuka Mikrotik, dan kemudian pilih “Hotspot.”
  • Pengaturan Hotspot: Di bagian “Hotspot Setup,” klik “Hotspot Setup Wizard” untuk memulai konfigurasi hotspot. Ikuti langkah-langkah sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda perlu mengatur nama server hotspot, alamat IP jaringan hotspot, alamat IP gateway, dan alamat IP DNS.
  • Autentikasi Pengguna: Konfigurasi autentikasi pengguna sesuai dengan kebijakan Anda. Anda dapat memilih autentikasi dengan menggunakan username dan password atau autentikasi lainnya, seperti SMS atau voucher.
  • Penyesuaian Tampilan: Anda dapat menyesuaikan tampilan halaman login hotspot sesuai dengan merek Anda. Anda juga dapat menambahkan informasi atau iklan pada halaman login.
  • Simpan Pengaturan: Pastikan Anda menyimpan semua pengaturan yang telah Anda konfigurasi pada hotspot Mikrotik.

5. Uji Coba dan Pemeliharaan

Setelah Anda menyelesaikan konfigurasi hotspot, adalah waktu yang baik untuk menguji jaringan dan memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Uji Coba Koneksi: Sambungkan perangkat ke hotspot yang telah Anda konfigurasi dan pastikan koneksi internet berfungsi dengan baik.
  • Pemeliharaan Rutin: Pastikan Anda melakukan pemeliharaan rutin pada perangkat TP-Link TL-MR3420 dan router Mikrotik Anda. Pastikan firmware pada kedua perangkat selalu diperbarui.
  • Keamanan: Selalu perbarui kata sandi router Mikrotik Anda dan hotspot secara berkala untuk menjaga keamanan jaringan.

Kesimpulan :

Mengatur TP-Link TL-MR3420 sebagai Access Point hotspot Mikrotik adalah cara yang efektif untuk menyediakan akses internet yang cepat dan andal kepada pengguna Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda dapat memberikan layanan hotspot yang aman dan berkualitas tinggi. Ingatlah untuk selalu melakukan pemeliharaan rutin dan memantau kinerja hotspot Anda agar tetap optimal. Dengan demikian, Anda akan memberikan pengalaman yang memuaskan kepada pengguna Anda dalam mengakses internet.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar