Cara Setting Tp Link TL-WA801ND Menjadi Access Point

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Sebelum kita mulai dengan langkah-langkah konfigurasi, mari kita pahami beberapa konsep dasar terkait dengan jaringan dan perangkat Access Point.

Apa itu Access Point (AP)?

Access Point adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan kabel (Ethernet) ke jaringan nirkabel (Wi-Fi). AP berfungsi sebagai titik akses untuk perangkat nirkabel, seperti smartphone, tablet, dan laptop, ke jaringan kabel yang ada. Ini adalah solusi yang berguna ketika Anda ingin memperluas jangkauan Wi-Fi Anda.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum mulai mengatur TP-Link TL-WA801ND sebagai Access Point, pastikan Anda memiliki peralatan berikut:

  • TP-Link TL-WA801ND
  • Router utama dengan koneksi internet yang berfungsi
  • Kabel Ethernet (biasanya disertakan dengan perangkat TP-Link)
  • Perangkat komputer atau laptop
  • Akses ke jaringan Wi-Fi yang ingin diperluas

Cara Setting Tp Link TL-WA801ND Sebagai Access Point :

1. Langkah Persiapan

Sebelum Anda mulai, pastikan Anda telah membuka kotak TP-Link TL-WA801ND dan menyediakan semua perlengkapan yang diperlukan. Periksa apakah Anda memiliki perangkat berikut:

  • TP-Link TL-WA801ND
  • Kabel Ethernet
  • Adaptor daya
  • Panduan pengguna
  • CD penginstalan (tidak selalu diperlukan)

Pastikan TP-Link TL-WA801ND dalam kondisi baik dan tidak rusak. Jika ada kerusakan fisik, segera hubungi penyedia perangkat Anda untuk mendapatkan dukungan atau penggantian.

2. Hubungkan TP-Link TL-WA801ND

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan TP-Link TL-WA801ND ke router utama Anda. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

a. Hubungkan satu ujung kabel Ethernet ke port LAN pada TP-Link TL-WA801ND.

b. Hubungkan ujung lain kabel Ethernet ke port LAN pada router utama Anda. Pastikan Anda memilih port LAN biasa, bukan port WAN.

c. Sambungkan adaptor daya ke TP-Link TL-WA801ND dan colokan ke sumber daya listrik. Nyalakan perangkat dengan menekan tombol daya jika diperlukan.

d. Pastikan perangkat TP-Link TL-WA801ND telah menyala dan siap untuk dikonfigurasi.

3. Masuk ke Antarmuka Web TP-Link TL-WA801ND

Langkah selanjutnya adalah mengakses antarmuka web perangkat TP-Link TL-WA801ND untuk mengkonfigurasi pengaturan Access Point. Ikuti langkah-langkah ini:

a. Pastikan komputer atau laptop Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi atau kabel yang diberikan oleh router utama.

b. Buka peramban web seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Internet Explorer.

c. Di bilah alamat peramban, ketik alamat IP bawaan perangkat TP-Link TL-WA801ND, yaitu 192.168.0.254, dan tekan “Enter.”

d. Anda akan diminta untuk masuk. Masukkan kata sandi default perangkat, biasanya “admin” untuk kedua bidang nama pengguna dan kata sandi. Jika ini tidak berhasil, periksa panduan pengguna Anda untuk kata sandi yang benar.

e. Setelah berhasil masuk, Anda akan diarahkan ke antarmuka web TP-Link TL-WA801ND, di mana Anda dapat mengatur perangkat sebagai Access Point.

4. Konfigurasi TP-Link TL-WA801ND Sebagai Access Point

Sekarang, kita akan membahas langkah-langkah konfigurasi yang diperlukan untuk mengubah TP-Link TL-WA801ND menjadi Access Point. Ini termasuk mengatur jaringan nirkabel dan menghubungkannya ke jaringan kabel yang ada.

a. Pilih Mode Operasi AP:

Pada antarmuka web TP-Link TL-WA801ND, pergi ke “Quick Setup” atau “Setup” dan pilih “Access Point” sebagai mode operasi perangkat. Ini akan mengonfigurasi perangkat sebagai Access Point.

b. Konfigurasi Jaringan Nirkabel:

Setelah Anda memilih mode operasi AP, Anda akan diminta untuk mengonfigurasi jaringan nirkabel. Ini termasuk memberi perangkat nama SSID (nama jaringan Wi-Fi) dan mengatur kata sandi nirkabel. Berikut langkah-langkahnya:

arduino :

i. Pada bagian “Wireless Settings,” masukkan nama SSID yang Anda inginkan. Nama SSID adalah nama jaringan Wi-Fi yang akan terlihat oleh perangkat nirkabel Anda.

ii. Pilih jenis keamanan nirkabel yang Anda inginkan, seperti WPA/WPA2-Personal, dan masukkan kata sandi nirkabel Anda. Pastikan kata sandi ini kuat dan aman.

iii. Setelah selesai, simpan pengaturan Anda.

c. Konfigurasi IP Address:

Langkah selanjutnya adalah mengatur alamat IP statis untuk TP-Link TL-WA801ND. Ini penting karena perangkat akan menjadi bagian dari jaringan yang sudah ada. Ikuti langkah-langkah ini:

arduino :

i. Pergi ke “Network” atau “LAN” di antarmuka web perangkat.

ii. Ubah alamat IP perangkat ke alamat yang berbeda dari alamat IP router utama Anda. Misalnya, jika router utama Anda memiliki alamat IP 192.168.0.1, atur TP-Link TL-WA801ND ke 192.168.0.2. Pastikan subnet masknya sama dengan subnet mask router utama Anda.

iii. Simpan pengaturan Anda.

d. Nonaktifkan DHCP:

Anda juga perlu menonaktifkan layanan DHCP pada TP-Link TL-WA801ND. Ini menghindari konflik IP dengan router utama Anda. Untuk melakukannya:

arduino :

i. Di antarmuka web perangkat, pergi ke “DHCP” atau “DHCP Settings.”

ii. Matikan layanan DHCP dengan memilih opsi “Disable.”

iii. Simpan perubahan Anda.

e. Hubungkan Kembali Perangkat:

Setelah Anda mengkonfigurasi TP-Link TL-WA801ND sebagai Access Point, pastikan untuk menyambungkannya ke router utama Anda melalui kabel Ethernet.

5. Uji Koneksi Access Point

Setelah mengatur TP-Link TL-WA801ND sebagai Access Point, langkah terakhir adalah menguji koneksi dan memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menguji koneksi:

a. Sambungkan perangkat nirkabel (misalnya, smartphone, laptop) ke jaringan Wi-Fi yang Anda buat dengan nama SSID yang Anda tentukan sebelumnya.

b. Pastikan perangkat nirkabel dapat terhubung ke internet melalui Access Point dengan lancar.

c. Uji kecepatan koneksi nirkabel Anda dengan melakukan tes kecepatan, seperti Speedtest.net, untuk memastikan koneksi berjalan sesuai yang diharapkan.

6. Tips Tambahan dan Masalah Umum

Berikut beberapa tips tambahan dan pemecahan masalah yang mungkin Anda butuhkan:

  • Pastikan TP-Link TL-WA801ND dan router utama Anda berada di area yang memiliki jangkauan sinyal yang baik. Hindari gangguan seperti tembok tebal atau perangkat elektronik yang menghalangi sinyal Wi-Fi.
  • Jika Anda mengalami masalah dengan koneksi nirkabel, periksa kembali pengaturan SSID dan kata sandi. Pastikan mereka benar dan sesuai dengan yang Anda konfigurasi sebelumnya.
  • Pastikan firmware perangkat TP-Link TL-WA801ND selalu diperbarui. Firmware terbaru biasanya mencakup perbaikan keamanan dan perbaikan kinerja.
  • Jika Anda masih mengalami masalah, Anda dapat mereset perangkat TP-Link TL-WA801ND ke pengaturan pabrik dan mengulangi proses konfigurasi dari awal.

Kesimpulan :

Mengubah perangkat TP-Link TL-WA801ND menjadi Access Point dapat membantu Anda memperluas jangkauan jaringan nirkabel Anda dengan mudah. Dengan mengikuti panduan ini, Anda harus dapat mengatur TP-Link TL-WA801ND sebagai Access Point dan menghubungkannya ke jaringan kabel yang sudah ada. Pastikan Anda mengikuti setiap langkah dengan hati-hati dan memeriksa hasilnya untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Dengan begitu, Anda akan memiliki jaringan Wi-Fi yang lebih besar dan lebih kuat di seluruh rumah atau kantor Anda. Semoga panduan ini membantu Anda mengatur TP-Link TL-WA801ND Anda sebagai Access Point.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar