Cara Setting Tp Link TD-W8961N Menjadi Access Point

afyadm

gabuttech.com

Access Point (AP) adalah perangkat yang sangat berguna untuk memperluas jaringan nirkabel Anda dan memberikan cakupan Wi-Fi yang lebih baik. Jika Anda memiliki router TP-Link TD-W8961N yang tidak digunakan lagi, Anda dapat mengkonfigurasinya menjadi Access Point untuk memaksimalkan penggunaan perangkat tersebut. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah detail tentang cara mengatur TP-Link TD-W8961N Anda agar berfungsi sebagai Access Point.

Cara Setting Tp Link TD-W8961N Sebagai Access Point :

1. Persiapan Perangkat dan Lokasi Pemasangan

Sebelum Anda mulai mengatur TP-Link TD-W8961N sebagai Access Point, Anda perlu melakukan beberapa persiapan awal:

  • Periksa Isi Kotak: Pastikan Anda memiliki semua perangkat yang diperlukan, termasuk router TP-Link TD-W8961N, adaptor daya, kabel Ethernet, dan panduan pengguna.
  • Lokasi Pemasangan: Pilih lokasi di mana Anda ingin menginstal Access Point. Lokasi ini harus memiliki sumber daya listrik yang tersedia dan mencakup area yang ingin Anda cakup dengan jaringan nirkabel.
  • Sumber Daya Listrik: Pastikan ada soket listrik yang tersedia di lokasi pemasangan Access Point.
  • Perangkat Terhubung: Siapkan perangkat yang akan terhubung ke Access Point, seperti komputer atau smartphone.

2. Menghubungkan ke Router Utama

Untuk mengonfigurasi TP-Link TD-W8961N sebagai Access Point, Anda perlu menghubungkannya ke router utama yang sudah ada. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Colokan TP-Link TD-W8961N: Sambungkan TP-Link TD-W8961N ke sumber daya listrik menggunakan adaptor daya yang disertakan. Pastikan perangkat dalam keadaan hidup.
  • Sambungkan ke Komputer: Sambungkan komputer atau perangkat Anda ke TP-Link TD-W8961N melalui kabel Ethernet. Ini akan memudahkan Anda dalam mengakses antarmuka perangkat.
  • Akses Antarmuka Web: Buka peramban web (browser) di komputer Anda, lalu masukkan alamat IP default TP-Link TD-W8961N ke bilah alamat browser. Alamat IP defaultnya adalah 192.168.1.1. Tekan Enter.
  • Login: Anda akan diminta untuk memasukkan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) untuk mengakses antarmuka TP-Link. Informasi ini biasanya terdapat dalam panduan perangkat atau di stiker pada perangkat itu sendiri.

3. Konfigurasi TP-Link TD-W8961N

Setelah Anda berhasil masuk ke antarmuka perangkat, sekarang saatnya mengatur TP-Link TD-W8961N agar berfungsi sebagai Access Point. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  • Ubah Alamat IP: Pertama, Anda perlu mengubah alamat IP perangkat agar tidak bentrok dengan alamat IP router utama Anda. Pilih menu “Network” atau “LAN” di antarmuka TP-Link, dan ubah alamat IP perangkat menjadi sesuatu yang berbeda, tetapi masih dalam jaringan yang sama. Misalnya, jika router utama Anda memiliki alamat IP 192.168.1.1, Anda dapat mengatur TP-Link TD-W8961N sebagai 192.168.1.2.
  • Nonaktifkan DHCP: Dalam pengaturan LAN, matikan layanan DHCP. Hal ini mencegah TP-Link dari mencoba menentukan alamat IP ke perangkat di jaringan Anda, sehingga router utama yang akan menangani tugas ini.
  • Atur SSID dan Keamanan Wi-Fi: Di menu “Wireless,” Anda dapat mengonfigurasi SSID (nama jaringan nirkabel) dan keamanan Wi-Fi. Pastikan Anda menggunakan kata sandi yang kuat dan enkripsi yang sesuai, seperti WPA2-PSK.
  • Atur Kanal Wi-Fi: Anda juga dapat mengatur kanal Wi-Fi untuk menghindari interferensi dengan perangkat lain di lingkungan Anda. Gunakan saluran yang kurang ramai.
  • Simpan Pengaturan: Pastikan Anda menyimpan semua pengaturan yang telah Anda konfigurasi pada TP-Link TD-W8961N.

4. Hubungkan ke Router Utama

Setelah Anda mengkonfigurasi TP-Link TD-W8961N sebagai Access Point, langkah selanjutnya adalah menghubungkannya ke router utama yang sudah ada. Anda dapat melakukannya dengan menghubungkan TP-Link ke router utama menggunakan kabel Ethernet. Pastikan kabel terhubung ke port LAN pada TP-Link dan port LAN pada router utama.

5. Uji Coba dan Pemeliharaan

Setelah Anda menyelesaikan konfigurasi Access Point, adalah penting untuk menguji jaringan dan memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan meliputi:

  • Uji Coba Koneksi: Sambungkan perangkat ke jaringan nirkabel yang telah Anda konfigurasi dan pastikan koneksi internet berfungsi dengan baik.
  • Pemeliharaan Rutin: Pastikan Anda melakukan pemeliharaan rutin pada perangkat Access Point, seperti pembaruan firmware dan perubahan kata sandi Wi-Fi secara berkala.
  • Keamanan: Pastikan Anda memantau keamanan jaringan nirkabel Anda dan mengatasi potensi masalah keamanan saat muncul.

Kesimpulan :

Mengatur TP-Link TD-W8961N menjadi Access Point adalah cara efektif untuk memperluas jangkauan jaringan nirkabel Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengubah perangkat ini menjadi Access Point yang dapat membantu meningkatkan cakupan Wi-Fi di rumah atau kantor Anda. Ingatlah untuk melakukan pemeliharaan rutin dan memastikan keamanan jaringan Anda agar tetap berjalan dengan baik.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar