Cara Instal Python di Visual Studio Code (VSCode) di Windows, Linux, maCOS

afyadm

 https://www.gabuttech.com/

Menginstal Python di Visual Studio Code (VSCode) adalah langkah penting untuk memulai pengembangan Python yang efektif. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam cara menginstal Python di VSCode. Artikel ini akan mencakup langkah-langkah mulai dari mengunduh dan menginstal Python hingga mengonfigurasi VSCode agar dapat menggunakan Python. Mari kita mulai.

Cara Instal Python di Visual Studio Code (VSCode) di Windows, Linux, maCOS :

Visual Studio Code (VSCode) adalah salah satu lingkungan pengembangan terpopuler yang digunakan oleh para pengembang Python. Dengan menginstal Python di VSCode, Anda dapat mulai mengembangkan proyek Python Anda dengan mudah. Panduan ini akan membahas cara menginstal Python di VSCode dengan langkah-langkah yang terperinci.

1. Unduh Instalator Python

Langkah pertama adalah mengunduh instalator Python dari situs web resmi Python. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka peramban web Anda dan kunjungi situs web resmi Python di https://www.python.org/downloads/.

2. Anda akan melihat berbagai versi Python yang tersedia untuk diunduh. Pastikan Anda memilih versi terbaru yang stabil. Saat artikel ini ditulis, versi terbaru adalah Python 3.10.

3. Gulir ke bawah dan pilih “Windows Installer” (jika Anda menggunakan Windows) atau versi yang sesuai dengan sistem operasi Anda. VSCode kompatibel dengan Windows 7, 8, 10, dan 11.

4. Klik pada tautan unduh untuk memulai pengunduhan instalator Python.

2. Jalankan Instalator Python

Setelah Anda mengunduh instalator Python, langkah berikutnya adalah menjalankan instalator untuk menginstal Python di komputer Anda. Ikuti langkah-langkah ini:

1. Buka berkas instalator Python yang baru saja diunduh. Instalator biasanya memiliki nama file seperti python-3.10.0.exe (versi dapat berbeda tergantung pada saat Anda mengunduhnya).

2. Saat jendela instalasi muncul, pastikan Anda mencentang opsi “Add Python 3.x to PATH” di bagian bawah jendela. Opsi ini sangat penting karena memungkinkan Anda mengakses Python dari Command Prompt atau PowerShell dengan mudah. Klik pada tombol “Install Now” untuk melanjutkan.

3. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Instalator akan mengunduh dan menginstal Python beserta dependensinya. Ini bisa memakan beberapa saat tergantung pada kecepatan koneksi internet Anda.

4. Setelah instalasi selesai, Anda akan melihat pesan yang mengkonfirmasi bahwa Python telah diinstal dengan sukses. Klik “Close” untuk menutup jendela instalasi.

3. Verifikasi Instalasi Python

Setelah Anda berhasil menginstal Python, langkah berikutnya adalah memeriksa apakah instalasi berjalan dengan baik. Untuk melakukan ini, buka Command Prompt atau PowerShell di Windows dan ketik perintah berikut:
bash
python --version
Perintah ini akan menampilkan versi Python yang telah diinstal. Pastikan versi yang ditampilkan sesuai dengan versi Python yang Anda instal (misalnya, “Python 3.10.0”).

4. Instal Visual Studio Code
Jika Anda belum menginstal Visual Studio Code (VSCode) di komputer Anda, Anda dapat mengunduhnya dari situs web resmi VSCode di https://code.visualstudio.com/.
  • Buka peramban web Anda dan kunjungi situs web resmi VSCode.
  • Klik pada tombol “Download for Windows” untuk mengunduh instalator VSCode.
  • Buka berkas instalator VSCode yang diunduh dan ikuti petunjuk instalasi yang muncul di layar.
  • Setelah berhasil menginstal VSCode, buka aplikasi tersebut.

5. Instal Ekstensi Python di VSCode
Salah satu keunggulan besar menggunakan VSCode untuk pengembangan Python adalah dukungan ekstensi yang kuat. Dalam langkah ini, kita akan menginstal ekstensi Python yang diperlukan untuk pengembangan Python yang efektif.

Buka VSCode jika belum terbuka.

1. Di panel samping kiri, klik pada ikon “Extensions” (ikon yang terlihat seperti kotak berlapis) atau tekan Ctrl+Shift+X (Windows/Linux) atau Cmd+Shift+X (macOS) untuk membuka panel ekstensi.

2. Di kolom pencarian di bagian atas panel ekstensi, ketik “Python” untuk mencari ekstensi Python resmi.

3. Temukan ekstensi yang dikeluarkan oleh Microsoft dengan nama “Python” dan ikon yang berwarna hijau. Klik pada tombol “Install” di samping ekstensi tersebut untuk menginstalnya.

4. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Anda akan melihat tombol “Reload” setelah instalasi selesai. Klik tombol “Reload” untuk memuat ulang VSCode dan menerapkan ekstensi Python.

5. Ekstensi Python akan memberikan Anda banyak fitur berguna, seperti penyorotan sintaksis, otomatisasi pengeditan, dan kemampuan untuk menjalankan kode Python langsung dari VSCode.

6. Buat Proyek Python di VSCode
Sekarang bahwa Anda telah menginstal Python dan ekstensi Python di VSCode, Anda siap untuk mulai mengembangkan proyek Python pertama Anda. Berikut adalah langkah-langkah singkat untuk membuat proyek Python di VSCode:

1. Buka VSCode jika belum terbuka.

2. Klik pada ikon “File Explorer” (ikon yang terlihat seperti folder) di panel samping kiri untuk membuka panel eksplorasi file.

3. Buat direktori (folder) baru untuk proyek Anda dengan mengklik kanan di panel eksplorasi file dan memilih “New Folder.” Misalnya, Anda dapat memberi nama folder tersebut “my_python_project.”

4. Klik kanan pada folder yang baru Anda buat dan pilih “Open with Code” untuk membuka folder tersebut di VSCode.

Sekarang Anda dapat membuat file Python baru di dalam folder proyek Anda dengan mengklik kanan pada folder, memilih “New File,” dan memberi nama file tersebut dengan ekstensi “.py” (misalnya, “main.py”).

Mulai menulis kode Python Anda di file tersebut.

7. Menjalankan Kode Python di VSCode
Dalam VSCode, Anda dapat menjalankan kode Python Anda langsung dari editor. Ikuti langkah-langkah ini untuk menjalankan kode Python:

1. Buka file Python yang berisi kode yang ingin Anda jalankan.

2. Klik kanan di dalam editor kode Python dan pilih “Run Python File in Terminal” atau tekan Ctrl+Enter (Windows/Linux) atau Cmd+Enter (macOS).

3. Hasil eksekusi kode Anda akan ditampilkan di terminal di bagian bawah VSCode.

Kesimpulan :

Dalam artikel ini, kami telah membahas langkah-langkah lengkap tentang cara menginstal Python di Visual Studio Code (VSCode). Dengan mengikuti panduan ini, Anda sekarang dapat mengembangkan proyek Python dengan mudah menggunakan lingkungan yang nyaman dan terintegrasi. Visual Studio Code dan ekstensi Python memungkinkan Anda untuk menjadi lebih produktif dalam pengembangan Python Anda. Selamat mengembangkan!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar