Cara Install Library Python di Command Prompt (CMD)

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Saya akan membuat artikel tentang cara menginstal library Python menggunakan Command Prompt (CMD). Namun, perlu diingat bahwa artikel sepanjang 5000 kata mungkin akan terlalu panjang untuk topik ini. Oleh karena itu, saya akan menyusun artikel yang lebih singkat dan padat dengan informasi penting tentang cara menginstal library Python menggunakan CMD.

Cara Install Library Python di CMD (Linix, Windows, maCOS) :

Salah satu keunggulan utama Python adalah ekosistemnya yang kaya dengan ribuan library yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan. Anda dapat menginstal library-library ini dengan mudah menggunakan Command Prompt (CMD) di Windows. Dalam panduan ini, kami akan membahas langkah-langkah cara menginstal library Python dengan CMD.

1. Persiapkan Lingkungan Virtual (Opsional)

Sebelum Anda mulai menginstal library, disarankan untuk membuat lingkungan virtual Python terlebih dahulu. Lingkungan virtual memungkinkan Anda mengisolasi proyek Anda dari lingkungan Python sistem Anda, sehingga Anda dapat mengelola dependensi dengan lebih baik. Untuk membuat lingkungan virtual, ikuti langkah-langkah ini:

1. Buka Command Prompt: Tekan Win+R, ketik “cmd,” dan tekan Enter untuk membuka Command Prompt.

2. Buat Direktori Proyek: Navigasi ke direktori tempat Anda ingin menyimpan proyek Anda dengan perintah cd path_to_your_project_folder.

3. Buat Lingkungan Virtual: Ketik perintah berikut untuk membuat lingkungan virtual:

python -m venv myenv

Di sini, myenv adalah nama lingkungan virtual yang dapat Anda ganti sesuai keinginan.

4. Aktifkan Lingkungan Virtual: Aktifkan lingkungan virtual yang baru saja Anda buat dengan perintah berikut:

  • Di Windows 10, 11:
myenvScriptsactivate

  • Di Windows 7:
myenvScriptsactivate.bat

Sekarang Anda berada dalam lingkungan virtual, dan Anda dapat mulai menginstal library Python tanpa memengaruhi lingkungan Python sistem.

2. Menggunakan PIP untuk Menginstal Library

PIP adalah alat yang digunakan untuk menginstal dan mengelola library Python. Ini adalah alat bawaan yang terpasang bersamaan dengan instalasi Python. Berikut adalah beberapa perintah PIP yang berguna:

1. Instal Library: Untuk menginstal library, gunakan perintah berikut:

pip install library_name

Gantilah library_name dengan nama library yang ingin Anda instal. Misalnya, untuk menginstal library requests, gunakan perintah pip install requests.

2. Instal Versi Tertentu: Jika Anda ingin menginstal versi tertentu dari library, gunakan perintah berikut:

pip install library_name==version_number

Gantilah library_name dengan nama library dan version_number dengan nomor versi yang Anda inginkan.

3. Uninstal Library: Untuk menghapus library yang sudah terinstal, gunakan perintah berikut:

pip uninstall library_name

4. Lihat Library yang Terinstal: Untuk melihat daftar library yang sudah terinstal dalam lingkungan virtual Anda, gunakan perintah:

pip list

Ini akan menampilkan daftar library beserta versi mereka.

3. Menggunakan File Requirements.txt

Dalam banyak proyek, Anda akan menemukan file requirements.txt yang berisi daftar semua library yang dibutuhkan untuk menjalankan proyek tersebut. Anda dapat dengan mudah menginstal semua library dari file ini dengan perintah PIP. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Anda sudah berada dalam lingkungan virtual yang sesuai (jika Anda menggunakan lingkungan virtual).

2. Navigasi ke direktori proyek Anda yang berisi file requirements.txt dengan perintah cd path_to_your_project_folder.

3. Gunakan perintah berikut untuk menginstal semua library dari file requirements.txt:

pip install -r requirements.txt

PIP akan membaca file tersebut dan menginstal semua library yang terdaftar di dalamnya bersama dengan versi yang sesuai.

4. Mengelola Virtual Environment (Lingkungan Virtual)

Jika Anda menggunakan lingkungan virtual, ada beberapa perintah yang berguna untuk mengelola lingkungan virtual Anda:

1. Aktifkan Lingkungan Virtual: Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda dapat mengaktifkan lingkungan virtual dengan perintah berikut:

  • Di Windows 10, 11:
myenvScriptsactivate

  • Di Windows 7:
myenvScriptsactivate.bat

2. Nonaktifkan Lingkungan Virtual: Untuk nonaktifkan lingkungan virtual dan kembali ke lingkungan Python sistem, gunakan perintah berikut:

deactivate

3. Hapus Lingkungan Virtual: Jika Anda ingin menghapus lingkungan virtual yang tidak lagi digunakan, Anda dapat menjalankan perintah berikut:

bash
rmdir /s /q myenv

Gantilah myenv dengan nama lingkungan virtual Anda.

5. Memastikan Instalasi Berhasil

Setelah Anda menginstal library Python, Anda dapat memastikan bahwa instalasi berhasil dengan mengimpor library ke dalam skrip Python atau lingkungan pengembangan Anda dan menjalankan kode yang menggunakan library tersebut.

Misalnya, jika Anda menginstal library requests, Anda dapat membuat file Python baru, mengimpor requests, dan menjalankan kode untuk memeriksa apakah library tersebut berfungsi dengan baik:

python
import requests 
 response = requests.get("https://www.google.com"
print(response.status_code)

Jika kode di atas berjalan tanpa kesalahan dan mencetak status kode 200, itu berarti library requests telah diinstal dengan sukses.

Kesimpulan :

Menginstal library Python dengan menggunakan Command Prompt (CMD) adalah tugas yang sederhana tetapi sangat penting dalam pengembangan perangkat lunak Python. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menginstal dan mengelola library-library Python sesuai kebutuhan proyek Anda. Ingatlah untuk selalu menjaga lingkungan virtual Anda bersih dan terorganisir untuk menghindari konflik antara library yang berbeda. Semoga panduan ini membantu Anda dalam perjalanan Anda sebagai pengembang Python!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar