Cara Instal Python 3.9 di Termux Untuk Pemula

afyadm

 https://www.gabuttech.com/

Menginstal Python di Termux adalah langkah awal yang penting jika Anda ingin memulai pengembangan Python di perangkat Android Anda. Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di dunia, dan dengan menginstalnya di Termux, Anda dapat menjalankan kode Python di perangkat Android Anda dengan mudah. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah lengkap tentang cara menginstal Python di Termux.
Apa itu Termux?

Sebelum kita mulai, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu Termux. Termux adalah aplikasi terminal emulator yang berjalan pada sistem operasi Android. Ini mirip dengan terminal di sistem operasi Linux dan dapat digunakan untuk menjalankan perintah dan skrip di perangkat Android Anda. Dengan Termux, Anda dapat menjalankan banyak perangkat lunak yang umumnya digunakan dalam pengembangan dan administrasi sistem.

Cara Instal Python 3.9 di Termux (Windows, Linux dan maCOS) :

Termux memiliki akses ke repositori paket yang luas, yang memungkinkan Anda menginstal perangkat lunak tambahan seperti editor teks, bahasa pemrograman, alat jaringan, dan banyak lagi. Jadi, dengan menginstal Python di Termux, Anda dapat menjalankan proyek Python di perangkat Android Anda dengan fleksibilitas yang tinggi.

1. Instal Termux dari Google Play Store
Langkah pertama adalah menginstal Termux dari Google Play Store. Ikuti langkah-langkah ini:

1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.

2. Cari “Termux” menggunakan kotak pencarian di bagian atas.

3. Klik pada hasil pencarian yang muncul dengan nama “Termux.”

4. Klik tombol “Install” untuk mengunduh dan menginstal aplikasi Termux di perangkat Anda.

5. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Setelah selesai, Anda akan melihat opsi “Open” di halaman aplikasi Termux di Google Play Store. Klik “Open” untuk membuka Termux.

2. Memperbarui Paket Termux
Setelah Anda membuka Termux, langkah pertama yang disarankan adalah memperbarui paket dan alat yang digunakan oleh Termux. Untuk melakukan ini, jalankan perintah berikut di dalam Termux:

bash
apt update && apt upgrade
Ini akan memeriksa pembaruan dan menginstal pembaruan yang tersedia untuk aplikasi Termux dan alat yang digunakan oleh Termux.

3. Instal Python di Termux
Sekarang, kita akan menginstal Python di Termux. Termux menyediakan paket Python yang dapat diinstal dengan mudah. Jalankan perintah berikut untuk menginstal Python:
bash
pkg install python
Perintah ini akan mengunduh dan menginstal Python serta semua dependensinya yang diperlukan. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

4. Verifikasi Instalasi Python
Setelah proses instalasi Python selesai, Anda dapat memeriksa apakah Python telah diinstal dengan benar di Termux. Jalankan perintah berikut untuk memeriksa versi Python yang telah diinstal:

bash
python --version
Perintah ini akan menampilkan versi Python yang diinstal. Pastikan versi yang ditampilkan sesuai dengan versi Python yang Anda harapkan (misalnya, “Python 3.9.5”).

5. Menggunakan Python di Termux
Sekarang bahwa Anda telah berhasil menginstal Python di Termux, Anda dapat mulai menggunakannya untuk menjalankan skrip Python, mengembangkan proyek Python, dan menjalankan perintah Python lainnya. Berikut beberapa contoh penggunaan Python di Termux:

Menjalankan Skrip Python

Untuk menjalankan skrip Python, buat file Python dengan ekstensi “.py” (misalnya, “script.py“) dan tulis kode Python Anda di dalamnya. Kemudian, jalankan perintah berikut:

bash
python script.py
Memulai Lingkungan Python Interaktif

Anda dapat memulai lingkungan Python interaktif dengan menjalankan perintah berikut:

bash
python
Ini akan membuka prompt Python interaktif di mana Anda dapat menjalankan perintah Python secara langsung.

Mengelola Paket Python dengan pip

Termux juga menyertakan alat pip, yang digunakan untuk mengelola paket Python. Anda dapat menginstal paket-paket Python tambahan dengan perintah berikut:

bash
pip install nama_paket
Keluar dari Lingkungan Python

Untuk keluar dari lingkungan Python interaktif, Anda dapat mengetikkan exit() atau menekan Ctrl+D.

Kesimpulan :
Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah tentang cara menginstal Python di Termux, sebuah emulator terminal yang berjalan di perangkat Android. Dengan mengikuti panduan ini, Anda sekarang memiliki akses ke lingkungan Python lengkap di perangkat Android Anda, yang memungkinkan Anda untuk menjalankan kode Python, mengembangkan proyek, dan menjalankan perintah Python lainnya. Selamat mengembangkan proyek Python Anda di Termux!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar