Cara Install Python di Ubuntu 20.04 dan 22.04 Untuk Pemula

afyadm

 https://www.gabuttech.com/

Cara Install Python di Ubuntu 20.04 dan 22.04 Untuk Pemula :

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di dunia, digunakan dalam berbagai jenis proyek pengembangan, analisis data, pengembangan web, dan banyak lagi. Jika Anda menggunakan sistem operasi Ubuntu 20.04 atau 22.04, Anda dapat menginstal Python dengan mudah. Dalam panduan ini, kami akan membahas cara menginstal Python di Ubuntu 20.04 dan 22.04 dengan langkah-langkah yang rinci.

1. Memeriksa Versi Python Default

Sebelum Anda menginstal Python, penting untuk memeriksa versi Python default yang sudah ada di sistem Anda. Ini dilakukan dengan menjalankan perintah berikut di terminal:

bash
python3 --version

Biasanya, Ubuntu 20.04 dan 22.04 sudah menyertakan Python 3 sebagai versi default. Anda akan melihat output yang menyatakan versi Python 3, seperti “Python 3.8.10”. Namun, versi yang tepat dapat bervariasi tergantung pada pembaruan sistem.

2. Memperbarui Paket

Sebelum menginstal Python, pastikan sistem Anda diperbarui dengan perintah-perintah berikut:

bash
sudo apt update sudo apt upgrade

Ini akan memastikan bahwa daftar paket paket terbaru diunduh dan sistem Anda diperbarui dengan versi terbaru dari perangkat lunak yang ada.

3. Instal Python 3

Karena Python 3 sudah menjadi versi default di Ubuntu 20.04 dan 22.04, Anda dapat menginstalnya dengan perintah berikut:

bash
sudo apt install python3

Ini akan menginstal Python 3 beserta paket-paket yang diperlukan. Setelah instalasi selesai, Anda dapat memeriksa versi Python 3 yang telah diinstal dengan menjalankan perintah:

bash
python3 --version

4. Memeriksa PIP (Paket Instalasi Python)

PIP adalah alat yang digunakan untuk menginstal dan mengelola paket Python tambahan. Biasanya, PIP sudah disertakan bersama dengan instalasi Python di Ubuntu 20.04 dan 22.04. Anda dapat memeriksa versi PIP yang terinstal dengan menjalankan perintah berikut:

bash
pip3 --version

Jika PIP tidak terinstal, Anda dapat menginstalnya dengan perintah berikut:

bash
sudo apt install python3-pip

Setelah instalasi selesai, Anda dapat memeriksa versi PIP yang terinstal lagi dengan perintah pip3 –version.

5. Menggunakan Virtual Environment (Lingkungan Virtual)

Lingkungan virtual adalah alat yang sangat berguna dalam mengelola proyek Python Anda dan dependensinya. Anda dapat membuat lingkungan virtual yang terisolasi untuk setiap proyek Anda. Untuk menggunakan lingkungan virtual, Anda perlu menginstal modul virtualenv. Instal modul ini dengan perintah berikut:

bash
pip3 install virtualenv

Setelah modul ini terinstal, Anda dapat membuat lingkungan virtual dengan perintah berikut (gantilah nama_lingkungan dengan nama yang sesuai untuk proyek Anda):

bash
virtualenv nama_lingkungan

Aktifkan lingkungan virtual dengan menjalankan perintah:

bash
source nama_lingkungan/bin/activate

Setelah lingkungan virtual aktif, semua paket Python yang Anda instal akan berada dalam lingkungan ini dan tidak akan memengaruhi instalasi Python sistem.

6. Menginstal Python 2 (Opsional)

Meskipun Python 3 adalah versi utama yang digunakan saat ini, masih ada proyek yang memerlukan Python 2. Jika Anda perlu menginstal Python 2 di Ubuntu 20.04 atau 22.04, Anda dapat melakukannya dengan perintah berikut:

bash
sudo apt install python2

Setelah instalasi selesai, Anda dapat memeriksa versi Python 2 yang telah diinstal dengan perintah:

bash
python2 --version

Namun, diingatkan bahwa Python 2 sudah mencapai akhir masa dukungan resmi dan disarankan untuk menggunakan Python 3 untuk semua proyek baru.

7. Mengelola Paket Python

Dengan Python yang telah terinstal, Anda dapat menggunakan PIP untuk menginstal paket-paket tambahan yang diperlukan untuk proyek Python Anda. Misalnya, untuk menginstal paket requests, jalankan perintah berikut:

bash
pip3 install requests

Ini akan mengunduh dan menginstal paket requests beserta semua dependensinya.

8. Memeriksa Instalasi Python di Ubuntu 22.04 (Opsional)

Jika Anda menggunakan Ubuntu 22.04, Anda mungkin ingin memeriksa instalasi Python tambahan yang disertakan dengan distribusi ini. Di Ubuntu 22.04, Python 2 sudah tidak lagi tersedia secara default, dan Python 3.10 adalah versi yang disertakan.

Anda dapat memeriksa versi Python 3 yang disertakan dengan menjalankan perintah berikut:

bash
python3.10 --version

Selain Python 3.10, Ubuntu 22.04 juga mencakup versi Python 3.9 sebagai alternatif. Anda dapat memeriksa versi Python 3.9 dengan menjalankan perintah berikut:

bash
python3.9 --version

Kesimpulan :

Dalam panduan ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah rinci tentang cara menginstal Python di Ubuntu 20.04 dan 22.04. Python adalah bahasa pemrograman yang sangat kuat dan fleksibel, dan dengan menginstalnya di sistem Ubuntu Anda, Anda siap untuk memulai pengembangan proyek Python Anda. Pastikan untuk memeriksa versi Python yang digunakan, memeriksa PIP, dan mengelola lingkungan virtual jika diperlukan. Semoga panduan ini membantu Anda dalam perjalanan Anda dalam pengembangan Python!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar