Pengertian CUDA Cores dan Spesifikasi Yang Digunakan Tepat Untuk PC Gaming

afyadm

Pengertian CUDA Cores dan Spesifikasi Yang Digunakan Tepat Untuk PC Gaming


Memeriksa spesifikasi kartu grafis baru dan melihat referensi ke inti CUDA? Begini cara core CUDA meningkatkan game di PC Anda.


Ketika Anda berbelanja untuk GPU baru, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang disebut “inti CUDA” pada daftar spesifikasi GPU. Anda akan mendengar orang-orang memuji inti misterius ini, tetapi Anda masih tidak tahu bagaimana mereka meningkatkan GPU. Bagi Anda, itu hanyalah sesuatu yang membuat Anda berpikir tentang makhluk laut.



Itu semua akan berubah. Kami akan memandu Anda mempelajari dasar-dasar core CUDA Nvidia dan bagaimana mereka membantu PC Anda membuat grafik yang lebih baik.



Inti CUDA terdengar keren, tetapi sayangnya, tidak ada hubungannya dengan barakuda. CUDA adalah singkatan dari “Compute Unified Device Architecture,” yang tidak banyak membantu menjelaskan apa yang dilakukan core CUDA. Inti teknologi tinggi ini sebenarnya berspesialisasi dalam pemrosesan paralel. Dengan kata lain, mereka mampu bekerja bersama untuk menyelesaikan tugas.



Apakah Anda terbiasa dengan cara kerja CPU? Anda mungkin tahu bahwa CPU dilengkapi dengan core. Beberapa memiliki dual-core, quad-core, atau bahkan datang dengan delapan core. Semua core ini membantu CPU menangani data — semakin banyak core, semakin cepat proses CPU.



Core CUDA bekerja dengan cara yang sama seperti core CPU (kecuali mereka ditemukan di dalam GPU). Meskipun Anda biasanya dapat menghitung jumlah core CPU di kedua tangan, jumlah core CUDA dalam GPU bisa mencapai ratusan atau ribuan. Biasanya, Anda tidak akan melihat GPU dengan hanya satu inti CUDA — GPU biasanya akan memiliki ratusan atau lebih.



Karena inti CUDA jauh lebih kecil dari inti CPU, Anda dapat memasukkan lebih banyak dari mereka di dalam GPU. Plus, kartu grafis cenderung memiliki area yang lebih besar dibandingkan dengan CPU, membuatnya cukup luas untuk muat ribuan inti CUDA.



Mengapa CUDA Cores Penting dalam Permainan?



Pengertian CUDA Cores dan Spesifikasi Yang Digunakan Tepat Untuk PC Gaming



Sekarang setelah Anda tahu apa core CUDA dan bagaimana mereka berasal, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana semua core kecil ini dapat meningkatkan pengalaman bermain game Anda. Core CUDA memungkinkan GPU Anda untuk memproses tugas serupa sekaligus.



Efisiensi inti CUDA berasal dari fitur pemrosesan paralel ini. Karena satu inti bekerja untuk menyelesaikan satu tugas yang berkaitan dengan grafik, inti lainnya di sebelahnya akan menyelesaikan pekerjaan yang serupa. Ini menghilangkan waktu terbuang yang terjadi ketika satu core menunggu yang lain untuk menyelesaikan tugasnya sebelum pindah.


Core CUDA hanya menyelesaikan tugas-tugas yang berkaitan dengan grafik, di mana core CUDA menonjol dari core CPU — sementara core CPU bekerja untuk menyelesaikan berbagai tugas yang tidak terkait, core CUDA hanya perlu khawatir tentang grafik.


Sedangkan untuk pengalaman bermain game Anda, core CUDA membantu membuat game Anda terlihat realistis dengan memberikan grafik resolusi tinggi yang menciptakan efek 3D yang nyata. Anda juga akan melihat bahwa permainan Anda terlihat lebih detail dan telah meningkatkan pencahayaan dan naungan.



Saat Anda menjumpai layar pemuatan saat bermain game, ketahuilah bahwa inti CUDA sedang bekerja di belakang layar. Core CUDA menciptakan pemandangan, menggambar model karakter, dan mengatur pencahayaan sebelum Anda memulai petualangan virtual.


Apa Perbedaan Antara Core CUDA dan Pemroses Aliran?

Jika Anda seorang penggemar AMD, maka Anda mungkin mengetahui prosesor aliran AMD. Sebagian besar orang tahu stream prosesor sebagai versi CUDA core AMD, yang berlaku untuk sebagian besar.


Pemroses aliran memiliki tujuan yang sama dengan inti CUDA, tetapi kedua inti tersebut menjalankannya dengan cara yang berbeda. Core CUDA dan prosesor aliran jelas tidak sama satu sama lain — 100 core CUDA tidak setara dengan 100 prosesor stream.

Jadi, apa yang membuat prosesor aliran sangat berbeda dari inti CUDA? Ini sebagian besar disebabkan oleh cara GPU dibangun. Struktur AMD dan Nvidia GPU sangat berbeda, dan itu menyebabkan core berperilaku berbeda juga.


Berapa Banyak CUDA Core yang Anda Butuhkan?



Semakin banyak core CUDA yang Anda miliki, semakin baik pengalaman bermain Anda. Namun, jika Anda mencari kartu grafis yang terjangkau, Anda mungkin tidak ingin mendapatkannya dengan jumlah CUDA core yang tinggi (harganya bisa sangat mahal).


Core CUDA tidak hanya populer di kalangan gamer. Mereka memiliki beberapa kegunaan yang berbeda di area yang berhubungan dengan sejumlah besar data, seperti teknik dan penambangan Bitcoin. Anda membutuhkan jumlah inti CUDA yang tinggi di area ini, tetapi berapa banyak yang Anda butuhkan hanya untuk bermain game PC?


Jawabannya benar-benar tergantung pada berapa banyak uang yang ada di dompet Anda, dan seberapa banyak Anda ingin kartu grafis Anda. Oleh karena itu, kartu grafis dengan jumlah inti CUDA yang lebih tinggi tidak berarti bahwa kartu itu lebih baik daripada kartu dengan angka yang lebih rendah. Kualitas kartu grafis benar-benar tergantung pada bagaimana fitur lainnya berinteraksi dengan core CUDA.



Untuk mendapatkan perbandingan yang akurat antara dua kartu, Anda harus melihatnya



Akankah GPU Mengganti CPU?



Pengembangan core CUDA membuat kami bertanya-tanya apakah GPU mungkin dapat sepenuhnya menggantikan CPU. Core CUDA mampu menampung ribuan core, tetapi apakah itu cukup untuk menjamin penggantian?



Sejak awal 2000-an, Nvidia telah bekerja untuk membuat GPU untuk keperluan komputasi umum. Pada tahun 2003, peneliti dari Stanford University menciptakan model pemrograman yang disebut Brook, yang akan membawa Nvidia selangkah lebih dekat untuk menciptakan GPU tujuan umum. Pada saat itu, beberapa orang berpikir bahwa pengenalan Brook akan mengakhiri CPU (seperti yang Anda lihat, itu belum terjadi).



Pemimpin tim peneliti, Ian Buck, akhirnya bergabung dengan Nvidia, memulai kisah inti CUDA. Nvidia merilis CUDA pada tahun 2006, dan sejak itu mendominasi industri pembelajaran yang mendalam, pemrosesan gambar, ilmu komputasi, dan banyak lagi. Bahkan dengan kemajuan core CUDA, masih tidak mungkin bahwa GPU akan menggantikan CPU.


Meningkatkan Kartu Grafis Anda


Menggunakan kartu grafis yang dilengkapi dengan inti CUDA akan memberikan PC Anda keunggulan dalam kinerja keseluruhan, serta dalam permainan. Semakin banyak inti CUDA berarti grafik yang lebih jelas dan lebih hidup. Ingatlah untuk mempertimbangkan fitur-fitur lain dari kartu grafis juga.



Semua elemen bekerja bersama untuk menciptakan kinerja terbaik, Anda tahu bahwa Anda telah membuat pilihan yang tepat.



Tidak tahu harus mulai dari mana mencari kartu grafis selanjutnya? Panduan membeli kartu grafis akan membantu Anda melakukan pembelian yang sesuai dengan anggaran Anda.




Semoga Info tentang CUDA Cores bermanfaat bagi para Gamers – Gamers yang menggunakan PC.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar