Cara Install NumPy di Visual Studio Code (Windows, Linus, maCOS)

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Cara Install NumPy di Visual Studio Code (Windows 10 dan 11, Linus Ubuntu, maCOS) :

Visual Studio Code (VS Code) adalah salah satu lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) yang populer untuk bahasa pemrograman Python. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk menginstal NumPy, salah satu pustaka Python yang paling umum digunakan untuk komputasi numerik, di dalam Visual Studio Code.

1. Pendahuluan

NumPy adalah pustaka Python yang sangat populer untuk komputasi numerik. Ini menyediakan objek array yang efisien untuk menyimpan dan memanipulasi data numerik serta fungsi matematika yang kuat untuk operasi numerik. Untuk banyak proyek ilmiah dan analisis data, NumPy adalah salah satu alat yang paling penting.

Visual Studio Code (VS Code) adalah IDE sumber terbuka yang dikembangkan oleh Microsoft. Ini memiliki dukungan yang kuat untuk bahasa pemrograman Python dan merupakan pilihan yang populer di antara pengembang Python karena kecepatan dan fitur-fiturnya yang kuat.

2. Instalasi Python di Visual Studio Code

Sebelum Anda dapat menginstal NumPy di Visual Studio Code, pastikan Anda telah menginstal Python di sistem Anda. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menginstal Python:

Unduh Python: Kunjungi situs web resmi Python di python.org dan unduh versi Python terbaru sesuai dengan sistem operasi Anda (Windows, macOS, atau Linux).

Instal Python: Jalankan installer Python yang telah Anda unduh, dan pastikan Anda memeriksa opsi “Add Python to PATH” selama proses instalasi. Ini akan memastikan Python dapat diakses dari terminal atau PowerShell.

Verifikasi Instalasi: Setelah instalasi selesai, buka terminal atau PowerShell dan ketik perintah berikut untuk memeriksa apakah Python sudah terinstal dengan benar:

shell
python --version

Anda seharusnya melihat versi Python yang telah diinstal.

3. Membuat Lingkungan Virtual (Opsional)

Sebelum menginstal NumPy, merupakan praktik yang baik untuk membuat lingkungan virtual Python. Lingkungan virtual memungkinkan Anda untuk mengisolasi proyek Anda dan mengelola dependensinya secara terpisah. Anda dapat menggunakan alat virtualenv atau modul venv yang sudah ada di Python.

Untuk membuat lingkungan virtual dengan venv, buka terminal atau PowerShell, pilih direktori proyek Anda, dan jalankan perintah berikut:

shell
python -m venv myenv

Di sini, myenv adalah nama lingkungan virtual yang dapat Anda ubah sesuai keinginan Anda.

Untuk mengaktifkan lingkungan virtual, jalankan perintah berikut:

  • Windows (Command Prompt):
shell
myenvScriptsactivate

  • Windows (PowerShell):
shell
.myenvScriptsActivate.ps1

  • macOS dan Linux:
shell
source myenv/bin/activate

Lingkungan virtual Anda sekarang aktif, dan Anda dapat menginstal NumPy di dalamnya.

4. Menginstal NumPy Menggunakan pip

pip adalah manajer paket bawaan untuk Python yang digunakan untuk menginstal dan mengelola paket Python. Anda dapat menginstal NumPy dengan mudah menggunakan pip. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pastikan lingkungan virtual Anda (jika digunakan) sudah aktif, seperti yang dijelaskan di atas.

2. Buka Visual Studio Code. Anda dapat mengunduh dan menginstalnya dari situs web resmi Visual Studio Code.

3. Buat atau buka proyek Python Anda di Visual Studio Code.

4. Buka terminal di dalam Visual Studio Code dengan mengeklik “Terminal” dan kemudian “New Terminal” di bagian atas jendela.

5. Di terminal, jalankan perintah berikut untuk menginstal NumPy:

shell
pip install numpy

Ini akan mengunduh dan menginstal NumPy dan semua dependensinya.

5. Verifikasi Instalasi NumPy

Setelah Anda berhasil menginstal NumPy, Anda dapat memverifikasinya dengan menjalankan Python di dalam terminal Visual Studio Code atau dengan membuat dan menjalankan skrip Python.

1. Di terminal Visual Studio Code, jalankan Python dengan menjalankan perintah berikut:

shell
python

Ini akan membuka prompt Python interaktif di terminal.

2. Di prompt Python, impor NumPy dan periksa versi yang diinstal dengan perintah berikut:

python
import numpy as np print(np.__version__)

Anda akan melihat versi NumPy yang diinstal dicetak di layar.

6. Menggunakan NumPy di Visual Studio Code

Sekarang Anda telah berhasil menginstal NumPy di Visual Studio Code, Anda dapat mulai menggunakannya untuk komputasi numerik. Anda dapat membuat array NumPy, melakukan operasi matematika, dan menganalisis data dengan mudah.

Berikut adalah contoh sederhana penggunaan NumPy di Visual Studio Code:

gabuttech.com

Anda dapat menulis dan menjalankan skrip Python yang lebih kompleks untuk analisis data, pembelajaran mesin, atau penelitian ilmiah menggunakan NumPy di Visual Studio Code.

Kesimpulan :

Menginstal NumPy di Visual Studio Code adalah langkah awal yang penting untuk melakukan komputasi numerik dengan Python. Dalam panduan ini, Anda telah mempelajari langkah-langkah untuk menginstal Python, membuat lingkungan virtual (jika diperlukan), dan menginstal NumPy menggunakan pip. Anda juga telah memverifikasi instalasi NumPy dan mulai menggunakannya di Visual Studio Code.

NumPy adalah alat yang kuat untuk analisis data, ilmu data, dan komputasi ilmiah. Dengan Visual Studio Code sebagai IDE Python Anda, Anda memiliki lingkungan yang kuat untuk mengembangkan proyek-proyek ini dengan efisien. Selamat mengembangkan proyek Anda dengan NumPy di Visual Studio Code!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar