Cara Menjalankan Project Laravel 10 di Localhost Dengan XAMPP

afyadm

 

https://www.gabuttech.com/

Laravel adalah salah satu kerangka kerja PHP yang paling populer dan kuat di dunia. Banyak pengembang web memilih Laravel untuk proyek mereka karena fitur-fitur canggihnya dan kemudahan penggunaannya. Namun, untuk menjalankan proyek Laravel di komputer lokal Anda, Anda memerlukan lingkungan pengembangan PHP, dan XAMPP adalah salah satu solusi yang populer untuk itu. Artikel ini akan membahas langkah-langkah mendetail tentang cara menjalankan proyek Laravel di localhost menggunakan XAMPP.

Pengenalan ke XAMPP :

XAMPP adalah paket perangkat lunak yang mengandung Apache, MySQL, PHP, dan Perl, yang dirancang untuk membuat pengembangan dan pengujian proyek web menjadi lebih mudah. Dengan menggunakan XAMPP, Anda dapat membuat lingkungan pengembangan PHP di komputer lokal Anda.

1. Persiapan Awal

Sebelum Anda dapat menjalankan proyek Laravel di localhost dengan XAMPP, Anda perlu melakukan beberapa persiapan awal.

a. Instalasi XAMPP

Unduh XAMPP dari situs web resminya dan ikuti instruksi instalasinya untuk sistem operasi yang Anda gunakan (Windows, macOS, atau Linux).

b. Instalasi Composer

Composer adalah manajer paket PHP yang digunakan untuk mengelola dependensi proyek Laravel. Anda dapat mengunduh dan menginstal Composer dari getcomposer.org. Pastikan untuk menambahkan direktori Composer ke variabel PATH sistem Anda saat menginstal.

c. Instalasi Laravel

Setelah Anda menginstal Composer, Anda dapat menginstal Laravel dengan perintah berikut di command prompt atau terminal:

shell
composer global require laravel/installer

Ini akan menginstal Laravel secara global di sistem Anda.

2. Mengatur Proyek Laravel

a. Membuat Proyek Laravel Baru

Untuk membuat proyek Laravel baru, buka terminal atau command prompt, pindah ke direktori di mana Anda ingin membuat proyek, dan jalankan perintah berikut:

shell
laravel new nama-proyek

Gantilah “nama-proyek” dengan nama yang Anda inginkan untuk proyek Laravel Anda. Laravel akan membuat direktori proyek baru dan menginstal semua dependensinya.

b. Mengkonfigurasi Database

Buka file .env di direktori proyek Laravel Anda dan sesuaikan pengaturan database Anda. Anda perlu mengatur DB_HOST, DB_PORT, DB_DATABASE, DB_USERNAME, dan DB_PASSWORD agar sesuai dengan pengaturan database Anda.

Contoh:

shell
DB_HOST=127.0.0.1 DB_PORT=3306 DB_DATABASE=mydatabase DB_USERNAME=myusername DB_PASSWORD=mypassword

3. Menjalankan Proyek Laravel di Localhost

Ada dua cara umum untuk menjalankan proyek Laravel di localhost dengan XAMPP.

a. Menggunakan Server Bawaan Laravel

Di terminal, pindah ke direktori proyek Laravel Anda dan jalankan perintah berikut:

shell
php artisan serve

Ini akan menjalankan server pengembangan Laravel di alamat http://localhost:8000. Anda dapat membuka browser dan mengakses proyek Laravel Anda melalui alamat ini.

b. Menggunakan Virtual Host Apache

Anda juga dapat mengkonfigurasi virtual host Apache untuk menjalankan proyek Laravel di localhost. Berikut adalah langkah-langkah singkatnya:

  • Buka file httpd-vhosts.conf di direktori XAMPP Anda (biasanya di C:xamppapacheconfextrahttpd-vhosts.conf pada Windows).
  • Tambahkan konfigurasi virtual host berikut:
apache
<VirtualHost *:80> DocumentRoot "C:pathtoyourlaravelprojectpublic" ServerName nama-domain.local </VirtualHost>

Gantilah C:pathtoyourlaravelproject dengan jalur absolut ke direktori proyek Laravel Anda dan nama-domain.local dengan nama domain yang Anda inginkan.

  • Buka file hosts di direktori C:WindowsSystem32driversetc pada Windows (atau /etc/hosts pada Linux/macOS) dan tambahkan baris berikut:
lua
127.0.0.1 nama-domain.local

4. Restart server Apache melalui XAMPP Control Panel.

Sekarang Anda dapat mengakses proyek Laravel Anda di browser dengan mengunjungi http://nama-domain.local.

Kesimpulan :

Menggunakan XAMPP untuk menjalankan proyek Laravel di localhost adalah cara yang efektif untuk mengembangkan dan menguji aplikasi web Anda sebelum menerbitkannya secara online. Dalam artikel ini, kami telah membahas langkah-langkah untuk mengatur lingkungan pengembangan Anda dengan XAMPP, membuat proyek Laravel, mengonfigurasi database, dan menjalankan proyek Anda baik dengan server bawaan Laravel maupun dengan menggunakan virtual host Apache.

Dengan panduan ini, Anda sekarang memiliki dasar yang kuat untuk memulai pengembangan proyek Laravel Anda di komputer lokal Anda. Teruslah belajar dan mengembangkan aplikasi web yang hebat menggunakan Laravel!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar