Rumus Cara Mengembalikan Text to Column di Spreadsheet Excel

afyadm

 

https://www.gabuttech.com/

Salah satu tugas umum dalam pengolahan data di spreadsheet adalah memisahkan teks yang terdapat dalam satu kolom menjadi beberapa kolom terpisah. Proses ini dikenal dengan istilah “Text to Columns” di berbagai aplikasi spreadsheet, termasuk Microsoft Excel dan Google Sheets. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan cara menggunakan fitur “Text to Columns” untuk memisahkan teks ke beberapa kolom dalam spreadsheet.

Rumus Cara Mengembalikan Text to Column di Spreadsheet Excel

1. Menggunakan Fitur “Text to Columns” di Microsoft Excel

Microsoft Excel menyediakan fitur “Text to Columns” yang memungkinkan Anda untuk memisahkan teks dalam satu kolom menjadi beberapa kolom berdasarkan pemisah tertentu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pilih Kolom yang Akan Dipisahkan: Pilih kolom yang berisi teks yang ingin Anda pisahkan.

  • Tab Data: Pergi ke tab “Data” di menu Excel.
  • Text to Columns: Di grup “Data Tools,” klik pada tombol “Text to Columns.
  • Wizard Pengaturan: Wizard “Convert Text to Columns” akan muncul. Pilih “Delimited” jika teks terpisah oleh karakter tertentu seperti spasi, koma, titik koma, atau karakter khusus lainnya. Pilih “Fixed width” jika teks memiliki lebar tetap.
  • Pilih Pemisah: Jika Anda memilih “Delimited,” pilih karakter pemisah yang sesuai dengan teks Anda. Anda dapat melihat pratinjau hasilnya di bagian bawah.
  • Pilih Format Kolom: Jika Anda memilih “Fixed width,” tentukan posisi karakter pemisah untuk setiap kolom baru.
  • Pengaturan Kolom: Sesuaikan pengaturan untuk setiap kolom yang dihasilkan, seperti format data dan tipe kolom.
  • Hasil Akhir: Setelah Anda menyelesaikan pengaturan, Excel akan memisahkan teks dalam kolom yang dipilih ke dalam beberapa kolom baru sesuai dengan pengaturan yang Anda tentukan.

2. Menggunakan Fitur “Split” di Google Sheets

Google Sheets juga memiliki fitur yang mirip dengan “Text to Columns” yang disebut “Split.” Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pilih Kolom yang Akan Dipisahkan: Pilih kolom yang berisi teks yang ingin Anda pisahkan.
  • Menu: Pergi ke menu “Data.”
  • Split Text to Columns: Pilih “Split text to columns.”
  • Pemisah: Pilih karakter atau string pemisah yang sesuai dengan teks Anda.
  • Hasil Akhir: Google Sheets akan memisahkan teks dalam kolom yang dipilih ke dalam beberapa kolom baru berdasarkan pemisah yang Anda pilih.

Kesimpulan :

Menggunakan fitur “Text to Columns” atau “Split” dalam aplikasi spreadsheet seperti Microsoft Excel dan Google Sheets adalah cara yang efisien untuk memisahkan teks dalam satu kolom menjadi beberapa kolom terpisah. Langkah-langkah yang dijelaskan di atas akan membantu Anda melakukan tugas ini dengan mudah dan menghemat waktu Anda dalam pengolahan data. Dengan memanfaatkan fitur-fitur ini, Anda dapat dengan cepat mengorganisir data dalam format yang lebih terstruktur dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar