Cara Menghapus Section Break Sekaligus di Word Dengan Rapi

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pemrosesan kata yang paling populer digunakan di seluruh dunia. Dalam penggunaan sehari-hari, terkadang kita perlu mengatur tata letak dokumen dengan lebih rinci. Di Word, kita sering menggunakan pemisah bagian (section break) untuk mengatur tata letak yang berbeda dalam satu dokumen. Namun, ada saat-saat ketika kita ingin menghapus atau mengubah pemisah bagian tersebut. Artikel ini akan membantu Anda memahami cara menghapus section break di Microsoft Word.

Apa Itu Section Break?

Section break adalah tanda yang ditempatkan di dokumen Word untuk memisahkan atau mengatur tata letak antara dua bagian atau bagian yang berbeda. Section break digunakan untuk mengubah margin, orientasi halaman, header dan footer, serta berbagai pengaturan lainnya dalam dokumen. 

Ada beberapa jenis section break yang tersedia di Word :

  • Next Page: Memulai bagian baru di halaman berikutnya.
  • Continuous: Memulai bagian baru di halaman yang sama, tanpa memulai halaman baru.
  • Even Page / Odd Page: Memulai bagian baru di halaman genap atau ganjil.

Langkah-langkah Menghapus Section Break :

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus section break di Microsoft Word:

1.  Buka Dokumen

Buka dokumen Word yang mengandung section break yang ingin Anda hapus.

2. Aktifkan Tampilan Tanda Pemformatan

Sebelum Anda dapat melihat dan menghapus section break, pastikan Anda telah mengaktifkan tampilan tanda pemformatan. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Ctrl + Shift + * pada keyboard.

3. Cari Section Break

Setelah tampilan tanda pemformatan diaktifkan, carilah tanda section break yang ingin Anda hapus. Section break biasanya ditandai dengan karakter seperti “Seksi Baru” atau “Next Page” diikuti oleh tanda panah.

4. Hapus Section Break

Klik pada tanda section break yang ingin Anda hapus. Pastikan Anda hanya mengklik tanda section break itu sendiri, bukan karakter lainnya di sekitarnya.

5. Tekan Tombol Delete

Setelah Anda mengklik tanda section break, tekan tombol Delete pada keyboard. Section break akan dihapus, dan bagian-bagian sebelum dan setelah section break akan bergabung menjadi satu tata letak.

6. Periksa dan Sesuaikan Tata Letak

Setelah Anda menghapus section break, periksa tata letak dokumen Anda. Pastikan bahwa perubahan yang Anda inginkan telah diterapkan dengan benar.

Kesimpulan :

Menghapus section break di Microsoft Word adalah langkah penting dalam mengelola tata letak dan format dokumen. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menghapus section break yang tidak diperlukan dan mengatur ulang tata letak dokumen Anda sesuai keinginan. Pastikan untuk selalu melakukan pemeriksaan setelah menghapus section break untuk memastikan bahwa tata letak dokumen tetap sesuai dengan yang diinginkan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar