5 Hal Yang Mampu Membatalkan Puasa Ramadhan Anda

afyadm

https://www.afyinfo.com/
Puasa merupakan kegiatan yang wajib dilakukan bagi setiap orang islam yang ada di seluruh dunia, guna untuk mendekatkan diri kepada Allha SWT, sekaligus meningkatkan amal shaleh dan juga iman yang ada pada diri kita. Puasa dilakukan mulai dari siap shalat Isha hingga menjelang waktu berbuka yakni stelah shalat fardu Maghrib. Namun tahukah Anda ada banyak hal yang tanpa Anda dapat membatalkan puasa, berikut adalah 5 hal yang mampu Membatalkan Puasa Ramadhan Anda.

1. Muntah

Nah tanpa Anda sadari ternyata mutah dapat membatalan puasa lo, terutama bagi Anda yang muntah dengan sengaja. Muntah akan dianggap sah atau sempurna jika Anda tidak menelan sisa sisa makanan yang telah Anda muntahan. 

2. Mengeluarkan Darah

Mengeluarkan darah, biasanya hal ini kerap terjadi pada seorang wanita yang dimana wanita tersebut mengalami haid. Misalkan jika di pagi hari Anda tidak haid dan puasa, namun ketika siang hari Anda kedatangan haid maka puasa Anda itu tidak sah dan tidak diwajibkan bagi Anda untuk bberpuasa.

3. Melakukan Hubungan Badan dengan lawan Jenis

Jika Anda berpuasa, namun seketika Anda melakukan jina dengan pasangan Anda apalagi yang bukan pasangan muhrim, hal tersebut selain dapat membatalkan puasa Anda, hal tersebut juga merupakan dosa yang sangat besar dan hukmnya haram. Selain itu orang tersebut juga dikenakan sanksi berupa Anda harus berpuasa selama 2 bulan berturut turut tanpa ada bolong dan jika Anda tidak mampu untuk melaksanakannya maka Anda harus memberi makanan kepada fakir miskin dengan timbangan 0,6 Kg atau sekitar3/4 liter beras. 

4. Mengeluarkan Air Mani

Jika Anda mengeluarkan air mani atau sperma dengan sengaja di bulan ramadhan, maka puasa Anda tidak dianggap tidak sah dan sesegera mungkin Anda melakukan mandi wajib terlebih dahulu untuk menjalankan puas untuk keesokan harinya. Hal ini biasanya dilakukan oleh orang yang suka melakukan onani. 

5. Murtad

Bagi Anda yang keluar dari agama Islam dan masuk ke Agama lain itu merupakan hal yang sangat dilarang, dan bahkan hal tersebut adalah dosa yang tidak akan diampuni oleh tuhan. Bagi Anda yang sudah murtad dilarang bagi Anda untuk melakukan puasa dan jikapun Anda melakukan puasa maka puasa yang Anda jalankan akan sia sia dan tidak sah. 

Berikut adalah 5 Hal Yang Mampu Membatalkan Puasa Ramadhan Anda. Semoga informasi yang AfyInfo berikan bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, terima kasih. Semoga Anda mampu menjalankan puasa Anda dengan sehat dan tetap semangat.

Baca Juga :

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar