5 Ciri Orang Yang Tidak Diwajibkan Untuk Berpuasa

afyadm

https://www.afyinfo.com/



Puasa merupakan kegiatan yang wajib dilakukan bagi setiap orang islam yang ada di seluruh dunia, guna untuk mendekatkan diri kepada Allha SWT, sekaligus meningkatkan amal shaleh dan juga iman yang ada pada diri kita. Puasa dilakukan mulai dari siap shalat Isha hingga menjelang waktu berbuka yakni stelah shalat fardu Maghrib


Memang benar puasa merupakan hal yang wajib dilakukan bagi setiap orang muslim, namun tidak semua hal mampu dan menganjurkan Anda untuk berpuasa. Nah dalam pembahasan kali ini AfyInfo akan membahas 5 ciri orang yang tidak diwajibkan untuk berpuasa.


1. Seorang Musafir


Musafir merupakan kegiatan bepergian menempuh jarak yang jauh yakni mengikuti jejak Rasulullah SWT, dengan tujuan untuk menyebarkan kebaikan dan amal sholeh diberbagai tempat yang mereka kunjungi. Seorang musafir tidak dianjurkan berpuasa dikarenakan jika mereka menempuh jarak yang jauh. Dikatakan musafir jika mereka berjalan dan menempuh jarak sejauh 90 km. Namun jika sudah selesai berpuasa dianjurkan bagi para musafir untuk mengganti puasa mereka yang telah mereka tinggal.


2. Orang YAng sedang Haid (Menstruasi)


Orang sedang mengalami Haid tidak diwajibkan bagi mereka untuk berpuasa. Dan misalkan Anda sahur dan berpuasa di pagi namun ketika siang hari Anda kedatangan bulan/ haid maka puasa Anda sudah tidak sah atau batal dan dianjurkan juga bagi Anda untuk menggantinya stelah Anda sudah tidak haid lagi.


3. Orang Yang Sakit


Nah bagi Anda yang sedang sakit tidak dianjurkan bagi Anda untuk melakukan puasa dikarenakan hal tersebut mampu membuat penyakit Anda lebih parah. Namun tidak semua itu harus dilakukan karena pasalnya Anda juga harus mendengarkan instruksi dari dokter jika dokter mengatakan Anda boleh berpuasa hendaknya Anda melakukan puas, dan jika tidak sebaiknya Anda jangan berpuasa dulu dikarenakan Anda sedang sakit. 


4. Ibu Yang Sedang Hamil


Seorang ibu hamil juga tidak dianjurkan untuk berpuasa karena jika ia berpuasa mungkin akan mempengaruhi kesehatan dari dirinya dan juga janin yang sedang ada dalam kandungannya. Dan biasanya jika Anda sudah ke dokter maka dokter akan memberikan pengarahan yang tepat dan benar. Dan setelah Anda selesai melahirkan ibu hamil juga diwajibkan untuk mengganti puasa yang telah mereka tinggalkan dan selain itu mereka juga hendak membayar fidiah.


5. Seorang Ibu Yang Sedang Menyusui atau Baru Memiliki Seorang Bayi


Hukum bagi seorang ibu yang menyusui tidak jauh beda dengan hukum yang dilakukan untuk ibu hamil. Karena hal tersebut ditakutkan akan mengganggu kesehatan bagi ibu tersebut. Namun setelah bayi tidak menyusui lagi hendaknya Anda mengganti puasa yang telah Anda tinggalkan.


Berikut adalah informasi seputar tentang orang orang yang tidak diwajibkan berpuasa, jadi Anda jangan bingung lagi tentang apasaja dan hal apasaja sih yang tidak dianjurkan untuk berpuasa, pasalnya AfyInfo telah membahas tentang 5 Ciri Orang Yang Tidak Diwajibkan Untuk Berpuasa.




Baca Juga :

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar