15 Menu Masakan Sahur Agar Tahan Puasa Seharian

afyadm

15 Menu Sahur Agar Tahan Puasa Seharian



Kita sering kali kebibingungan memilih makanan yang trpat saat sahur. Bahkan kita terkadang salah dalam memilih makanan yang tepat dan benar sehingga menggangu saat kita puasa dan puasa pun tidak fit terutama bagi yang melakukan aktivitas bekerja. 



Mari simak info makanan tepat saat puasa! 



Menu Puasa



Berikut 15 menu makanan yang baik saat sahur :



1.  Sereal/Susu

Sereal dan susu dapat dijadikan salah satu menu makanan dan minuman yang tepat saat puasa. Cukup menyeduhkan dengan air panas tambahkan susu dan kau mau lebih segar bisa tambahkan buah. Jadilah hidangan sahur yang sehat dan bermanfaat.


2. Sayur Bening Bayam


Sayur bening bayam tidak hanya segar tetapi juga penuh dengan sayuran nikmat seperti wartel dan jagung yang juga kaya akan mineral dan vitamin. Meminum kuah dari sayur bening juga merupakan cara yang baik untuk menjaga cairan tubih.



3. Salat Timun, Tomat dan Alpukat


Resep yang satu ini simple tapi mantap banget. Kamu hanya perlu memotong sayur sayuran dan membumbuinya dengan rempah rempahan. Tidak hanua kenyang makanan terbut pun juga segar.



4. Sup Ayam Jahe


Sup yang nikmat ini dibiat dengan satu ekor ayam dan berbagai macam sayuran seperti wortel dan kentang. Resep istimewanya terletak pada jahe. Jahe dikenal sangat baik untuk tubuh kita,  pastinya dapat membantu menyegarkan tubuh selama berpuasa.





5. Capcay Kuah

Resep ini tidak sulit dibuat, rasanya pun nikmat sekali. Masakan ini memiliki beragam sayuran lezat, sehingga tubuhmu akan tetap segar dan tidak dehidrasi sepanjang hari.




6. Sandwith Alpukat


Buat kamu yang tidak ingin repot memasak, sandwich merupakan pilihan yang tepat. Kamu cukup menyiapkan roti dan sayuran seperti timun, tomat, dan buah alpukat. Hummus di atas dapat kamu ganti dengan mayonaise atau keju. Sandwich yang segar ini juga dapat membantu menjaga tubuhmu agar tidak dehidrasi sepanjang hari.


7. Buncis Oseng Telor

Resep yang simpel dan praktis, kamu yang tinggal sendiri pun pasti bisa membuatnya. Sayur buncis memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan tubuh kita, dan telur juga penuh akan protein yang dapat memberikan kekuatan sepanjang hari.




8. Tumis Kangkung



Sayung kangkung sepertinya adalah menu yang wajib ada saat sahur. Apalagi tak susah untuk memasaknya. Sekitar 90 persen kandungan kangkung terdiri dari air. Jadi jangan sampai kamu melewatkannya ya.





9. Sup Telur Puyuh

Selain menggunakan ayam, kamu juga bisa menambahkan telur puyuh dalam campuran sop. Telur puyuh memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibanding telur ayam sehingga cocok untuk dijadikan menu buka puasa dan sahur. Rebus terlebih dahulu telur puyuh dan kupas kulitnya sebelum dimasukkan ke dalam sop. Untuk sayuran dan bumbunya, kamu bisa menggunakan bahan yang sama dengan sayur sop ayam di atas.


10. Cah Brokoli Daging


Selain sayur kuah, makanan yang dimasak dengan cara ditumis sangat praktis dibuat. Ada cah brokoli daging yang dibuat dengan dua bahan saja, yakni brokoli dan daging sapi yang diiris tipis. Untuk bumbunya, kamu bisa menggunakan bawang putih, saus tiram, minyak wijen, kecap manis, merica, garam, dan sedikit air. Jika ingin kuah lebih kental, kamu bisa menambahkan larutan tepung maizena.



11. Plecing Kangkung


Plecing kangkung merupakan makanan yang terbuat dari kangkung yang direbus hingga matang dan disajikan bersama dengan sambal yang dibuat dari tomat, terasi, cabai rawit, garam, dan jeruk nipis. Makanan yang berasal dari Lombok ini sangat cocok jika disantap dengan lauk seafood, ayam atau ikan bakar.





12. Omelet Sayur


Waktu untuk sahur sangatlah terbatas. Biasanya orang akan bangun pukul 03.00, sementara waktu Imsak kurang lebih pukul 04.30. Dengan waktu yang singkat ini, kamu bisa membuat omelet sayur yang hanya membutuhkan waktu 15-20 menit untuk memasaknya. Dengan menambah sayuran seperti bayam, wortel, atau jagung manis ke dalam adonan telur, kamu akan mendapatkan serat, vitamin, dan protein yang lengkap untuk mencegah tubuh kekurangan tenaga.





13. Omurice


Kalau bosan dengan omelet, kamu bisa membuat omurice yang merupakan menu nasi goreng dengan omelet khas Jepang. Makanan ini sangat cocok disantap ketika sahur karena praktis dibuat. Kamu cukup menumis nasi dengan bumbu bawang putih, bawang bombay, saus tomat, merica, dan garam. Setelah itu buat dadar telur secara terpisah dan sajikan di atas nasi. Sajikan bersama dengan saus sambal dan saus tomat.



14. Oseng Tahu Tempe

Tahu dan tempe merupakan sumber protein nabati yang nilai gizinya tak kalah dari daging ayam dan sapi. Selain murah, tahu dan tempe bisa diolah menjadi beragam menu yang variatif. Jika biasanya kamu menyantap tahu dan tempe dalam bentuk gorengan, bagaimana jika kali ini kamu membuat tahu tempe yang dioseng atau ditumis dengan bawang merah, bawang putih, cabai, saus tiram, kecap manis, garam, dan merica. Kalau suka, kamu bisa menambahkan kacang panjang untuk tambahan sayurnya.


15. Orak Arik Telur Sawi Putih


Ada banyak pilihan menu buka puasa dan sahur yang mudah dibuat. Selain omelet dan omurice, kamu bisa mencoba olahan telur lainnya seperti orak-arik telur sawi putih. Cukup dengan waktu kurang dari 15 menit, kamu sudah bisa menyajikan menu ini di atas meja. Cara membuatnya adalah dengan menumis bawang putih dan bawang bombay, lalu tambahkan sawi putih yang sudah dipotong, telur yang sudah dikocok, merica, dan garam. Jika ingin agak pedas, boleh ditambahkan irisan cabai merah atau cabai hijau.



Berikut adalah 15 menu yang baik dan tepat saat sahur. Selamat mencoda dan menikmati.Selamat Berpuasa bagi kalian semua


Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar