Cara Mengatasi Game Bar Yang Tidak Dapat Merekam di Windows 10 dan 11

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Cara Memperbaiki Game Bar Yang Tidak Dapat Merekam di Windows 10 dan 11 :

Windows 10 dan 11 menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk merekam dan berbagi momen permainan mereka. Salah satu fitur yang populer adalah Game Bar, yang memungkinkan pengguna merekam dan mengambil tangkapan layar selama sesi bermain game. Namun, beberapa pengguna mengalami masalah di mana Game Bar tidak dapat merekam dengan benar atau bahkan gagal berfungsi sama sekali. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengatasi masalah ini, memberikan solusi langkah demi langkah untuk memastikan Game Bar berjalan dengan baik di sistem operasi Windows 10 dan 11.

1. Pemahaman tentang Game Bar

Sebelum kita melangkah ke solusi permasalahan, kita akan membahas secara singkat tentang apa itu Game Bar dan mengapa hal itu penting untuk merekam permainan.

Apa itu Game Bar?

Game Bar adalah fitur bawaan Windows 10 dan 11 yang memungkinkan pengguna untuk merekam permainan, mengambil tangkapan layar, dan berinteraksi dengan berbagai fitur gaming lainnya. Ini memudahkan pengguna untuk membuat konten gaming atau hanya menyimpan momen-momen epik selama bermain.

Mengapa Game Bar Penting?

Game Bar penting karena memberikan akses cepat dan mudah ke fungsi-fungsi berbasis game tanpa perlu meninggalkan permainan. Ini adalah alat yang berguna bagi pemain yang ingin merekam momen unik atau berbagi pengalaman gaming mereka dengan orang lain.

2. Penyebab Umum Masalah Game Bar

Sebelum mencari solusi, penting untuk memahami penyebab umum masalah yang mungkin muncul pada Game Bar. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja Game Bar:

1. Perangkat Lunak Antivirus atau Keamanan

Beberapa program keamanan atau antivirus dapat menghalangi fungsi Game Bar. Konflik dapat muncul ketika perangkat lunak ini mengidentifikasi aktivitas Game Bar sebagai ancaman potensial.

2. Driver Grafis Tidak Terbaru

Driver grafis yang tidak diperbarui dapat menyebabkan masalah dalam merekam permainan atau menggunakan fitur grafis lainnya. Pastikan driver grafis Anda selalu diperbarui ke versi terbaru.

3. Pengaturan Privasi

Pengaturan privasi yang tidak benar pada Windows 10 atau 11 dapat membatasi akses Game Bar ke beberapa fitur, termasuk merekam layar.

4. Konflik Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi pihak ketiga, terutama aplikasi overlay, dapat menyebabkan konflik dengan Game Bar. Pastikan tidak ada aplikasi lain yang mengganggu fungsi Game Bar.

3. Solusi Langkah Demi Langkah

Setelah memahami penyebab umum, kita akan melangkah ke solusi langkah demi langkah untuk mengatasi masalah Game Bar yang tidak dapat merekam di Windows 10 dan 11.

1. Memeriksa Keamanan dan Antivirus

Langkah pertama adalah memeriksa apakah perangkat lunak keamanan atau antivirus di komputer Anda memblokir Game Bar. Ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka pengaturan perangkat lunak keamanan atau antivirus Anda.
  • Cari opsi terkait firewall atau proteksi real-time.
  • Pastikan Game Bar dan aplikasi terkait diizinkan.

2. Memeriksa Driver Grafis

Pastikan driver grafis Anda selalu diperbarui. Langkah-langkah untuk memeriksa dan mengupdate driver grafis Anda adalah sebagai berikut:

  • Buka “Device Manager” dengan cara mengetikkan “Device Manager” di kotak pencarian Windows dan memilih hasil yang sesuai.
  • Cari dan klik dua kali pada “Display adapters” untuk memperluas daftar.
  • Klik kanan pada kartu grafis Anda dan pilih “Update driver.”
  • Pilih opsi untuk mencari pembaruan secara otomatis.

3. Mengonfigurasi Pengaturan Privasi

Beberapa pengaturan privasi dapat memengaruhi Game Bar. Pastikan Anda mengizinkan akses penuh ke Game Bar. Lakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka “Settings” (Pengaturan) dengan menekan tombol Windows + I.
  • Pilih “Privacy” (Privasi).
  • Pilih “Game Bar” di panel kiri.
  • Pastikan opsi “Record game clips, screenshots, and broadcast using Game Bar” diaktifkan.

4. Menonaktifkan Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi overlay atau pihak ketiga dapat menghambat fungsi Game Bar. Nonaktifkan sementara aplikasi-aplikasi ini dan periksa apakah Game Bar berfungsi dengan baik.

5. Memeriksa Keberadaan Game Bar

Pastikan Game Bar diaktifkan di pengaturan Windows. Lakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka “Settings” (Pengaturan) dengan menekan tombol Windows + I.
  • Pilih “Gaming.”
  • Pilih “Game Bar” di panel kiri.
  • Pastikan opsi “Record game clips, screenshots, and broadcast using Game Bar” diaktifkan.

Kesimpulan :

Mengatasi masalah Game Bar yang tidak dapat merekam di Windows 10 dan 11 memerlukan pemahaman mendalam tentang fitur ini dan penyebab umum masalah. Dengan mengikuti solusi langkah demi langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat memastikan Game Bar berfungsi dengan optimal dan memungkinkan Anda merekam momen-momen epik dalam permainan Anda. Selamat bermain!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar