Cara Mengatasi FPS Drop Saat Bermain Game di Windows 10 dan 11

afyadm

Cara Mengatasi  FPS Drop Saat Bermain Game di Windows 10 dan 11

Cara Mengatasi  FPS Drop Saat Bermain Game di Windows 10 dan 11 :

Saat bermain game di Windows 10 atau 11, terkadang Anda mungkin mengalami penurunan FPS yang dapat mengganggu pengalaman gaming Anda. FPS yang rendah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari spesifikasi perangkat yang kurang mendukung hingga masalah pada sistem operasi atau pengaturan game yang tidak optimal. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penurunan FPS saat bermain game.

1. Perbarui Driver Grafis

Driver grafis yang tidak terbaru atau tidak terinstal dengan benar dapat menjadi salah satu penyebab utama penurunan FPS. Pastikan untuk selalu memperbarui driver grafis Anda ke versi terbaru yang kompatibel dengan perangkat keras Anda. Anda dapat mengunduh driver terbaru dari situs web resmi produsen kartu grafis, seperti NVIDIA, AMD, atau Intel.

2. Optimalisasi Pengaturan Grafis Game

Setiap game biasanya dilengkapi dengan pengaturan grafis yang dapat diatur sesuai kebutuhan perangkat Anda. Cobalah menyesuaikan pengaturan grafis game, seperti resolusi, kualitas tekstur, anti-aliasing, dan efek lainnya. Turunkan atau sesuaikan pengaturan grafis yang terlalu tinggi agar sesuai dengan kemampuan perangkat Anda dan meningkatkan performa.

3. Tutup Aplikasi dan Proses Latar Belakang yang Tidak Diperlukan

Aplikasi latar belakang yang berjalan dapat memakan sumber daya sistem yang seharusnya dialokasikan untuk game. Pastikan untuk menutup atau mengakhiri proses aplikasi yang tidak diperlukan ketika Anda bermain game. Gunakan Task Manager untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang dan hentikan proses yang tidak perlu.

4. Perbarui Sistem Operasi dan Game ke Versi Terbaru

Pastikan sistem operasi Windows Anda dan game yang Anda mainkan diperbarui ke versi terbaru. Pembaruan terbaru sering kali mengatasi masalah performa dan bug yang mungkin memengaruhi FPS game. Sistem yang diperbarui biasanya memiliki peningkatan kinerja yang dapat membantu mengoptimalkan pengalaman bermain game.

5. Periksa Suhu dan Kipas Pendingin

Peningkatan suhu pada perangkat keras seperti CPU dan GPU dapat menyebabkan turunnya performa sistem dan penurunan FPS. Pastikan bahwa suhu perangkat Anda tetap stabil dengan membersihkan debu dari kipas pendingin atau sistem pendingin. Jika perlu, pertimbangkan untuk memperbaiki atau mengganti sistem pendingin yang tidak berfungsi dengan baik.

6. Matikan Fitur Windows yang Tidak Diperlukan

Windows memiliki berbagai fitur yang dapat mengganggu performa saat bermain game. Matikan fitur yang tidak diperlukan seperti fitur visual yang berlebihan, notifikasi, atau aplikasi yang berjalan secara otomatis saat startup. Anda dapat mematikan fitur ini melalui pengaturan sistem Windows.

7. Gunakan Utilitas Optimalisasi Sistem

Beberapa utilitas perangkat lunak bisa membantu dalam mengoptimalkan performa sistem secara keseluruhan. Contohnya, utilitas pembersih sementara atau perangkat lunak manajemen sistem yang mampu memperbaiki dan mempercepat kinerja Windows serta membersihkan registry dan file yang tidak diperlukan.

8. Tweak Pengaturan Daya dan Performa Sistem

Pengaturan daya yang tepat dapat berdampak besar pada performa perangkat saat bermain game. Pastikan bahwa sistem Anda menggunakan mode daya yang sesuai dengan kebutuhan gaming, baik itu High Performance atau Balanced, dan atur pengaturan daya di Control Panel sesuai kebutuhan.

9. Verifikasi Integritas File Game

Kadang-kadang, file game yang rusak atau tidak lengkap bisa menyebabkan masalah performa. Di platform seperti Steam, Anda dapat memverifikasi integritas file game. Ini akan memeriksa file game dan memastikan tidak ada yang rusak atau hilang, membantu memperbaiki masalah performa.

10. Upgrade atau Tambahkan Perangkat Keras

Jika semua upaya di atas tidak membantu dan perangkat keras Anda sudah tidak mampu lagi menangani game terkini, pertimbangkan untuk meningkatkan perangkat keras seperti kartu grafis, RAM, atau SSD. Tambahkan atau upgrade perangkat keras yang lebih canggih untuk meningkatkan performa secara keseluruhan.

Kesimpulan :

Penurunan FPS saat bermain game di Windows 10 dan 11 bisa disebabkan oleh berbagai faktor, dan solusinya tergantung pada situasi spesifik dari perangkat Anda dan permainan yang dimainkan. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, diharapkan Anda dapat mengatasi penurunan FPS dan meningkatkan pengalaman bermain game Anda.

Sesuaikan setiap langkah sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasinya. Jika masalah tetap terjadi, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan spesialis teknis atau komunitas gaming untuk bantuan lebih lanjut. Saya harap informasi ini bermanfaat untuk meningkatkan performa gaming Anda di Windows 10 dan 11.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar