Cara Menghemat Baterai iPhone iOs 16, Wajib Dicoba!

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Tips  Agar Baterai iPhone iOs 16 Hemat dan Awet, Wajib  Dicoba!

Sejak iPhone pertama kali diluncurkan, Apple telah terus memperbaiki baterai dan efisiensi energi pada perangkatnya. Dalam peluncuran iOS 16, perusahaan ini terus menghadirkan berbagai pembaruan untuk meningkatkan manajemen baterai. Memahami cara menghemat baterai di iPhone dengan iOS 16 adalah kunci untuk menjaga perangkat Anda tetap berdaya tahan sepanjang hari. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengoptimalkan penggunaan baterai pada perangkat iPhone Anda yang menjalankan iOS 16.

1. Pemahaman Baterai di iPhone

Sebelum kita memahami cara menghemat baterai di iPhone, penting untuk memahami beberapa konsep dasar tentang baterai pada perangkat ini:

  • Kapasitas Baterai: Kapasitas baterai mengacu pada seberapa besar baterai iPhone Anda mampu menyimpan daya. Seiring berjalannya waktu, kapasitas baterai bisa berkurang, yang berarti baterai tidak akan bertahan sepanjang hari seperti saat perangkat baru.
  • Siklus Pengisian: Ketika Anda mengisi ulang baterai iPhone, ini dihitung sebagai satu siklus pengisian. Semakin banyak siklus pengisian, semakin besar kemungkinan kapasitas baterai berkurang.
  • Manajemen Baterai: iOS 16 memiliki fitur manajemen baterai yang dirancang untuk memperpanjang umur baterai perangkat Anda. Ini dapat menunda pengisian penuh baterai hingga mendekati waktu yang Anda butuhkan.

2. Cara Menghemat Baterai di iPhone

Berikut adalah cara menghemat baterai di iPhone dengan iOS 16:

1. Memantau Penggunaan Baterai:

Sebelum Anda dapat menghemat baterai, Anda perlu memahami apa yang menggunakannya. iOS 16 memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk memantau penggunaan baterai oleh aplikasi. Anda dapat mengaksesnya melalui Pengaturan > Baterai. Dengan memantau penggunaan baterai, Anda dapat mengidentifikasi aplikasi yang menggunakan daya baterai terbanyak dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi penggunaan mereka.

2. Mengoptimalkan Pengaturan Kecerahan Layar:

Layar adalah salah satu komponen paling boros daya di iPhone. Anda dapat menghemat baterai dengan mengatur kecerahan layar agar tidak terlalu terang. Aktifkan fitur “Cahaya Adaptif” di Pengaturan > Layar & Kecerahan. Fitur ini akan menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi pencahayaan sekitar.

3. Aktifkan Mode Hemat Daya:

Mode Hemat Daya adalah fitur bawaan di iPhone yang akan mengurangi beberapa fungsi perangkat demi menghemat baterai. Anda dapat mengaktifkan Mode Hemat Daya melalui Pengaturan > Baterai. Ketika mode ini aktif, beberapa fitur seperti Push Email dan pembaruan latar belakang aplikasi akan dinonaktifkan.

4. Hentikan Aplikasi Latar Belakang:

Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat mengonsumsi daya baterai secara signifikan. Pastikan Anda menutup aplikasi yang tidak digunakan dan menghentikan aplikasi latar belakang yang tidak diperlukan. Anda dapat melakukannya dengan menggeser layar beranda aplikasi atau dengan mengakses Aplikasi Latar Belakang melalui Pengaturan.

5. Matikan Lokasi dan Bluetooth Saat Tidak Digunakan:

Lokasi dan Bluetooth adalah dua fitur yang dapat menguras baterai saat aktif terus-menerus. Matikan fitur lokasi dan Bluetooth saat Anda tidak menggunakannya. Anda dapat mengakses pengaturan ini melalui Pengaturan > Privasi > Lokasi dan Pengaturan > Bluetooth.

6. Aktifkan Mode Pesawat Saat Sinyal Lemah:

Ketika Anda berada di daerah dengan sinyal lemah atau buruk, iPhone akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal, yang dapat mempercepat penggunaan baterai. Aktifkan Mode Pesawat jika Anda tahu Anda akan berada dalam area dengan sinyal yang buruk untuk menghemat baterai.

7. Hapus Aplikasi Tidak Digunakan:

Aplikasi yang tidak digunakan tetap memakan ruang penyimpanan dan dapat mempengaruhi kinerja baterai. Hapus aplikasi yang tidak Anda gunakan lagi dengan menggesek ikon aplikasi dan memilih “Hapus.”

8. Perbarui Perangkat Lunak:

Pembaruan perangkat lunak terkadang mengandung perbaikan kinerja dan pengoptimalan baterai. Pastikan Anda selalu menjalankan versi terbaru iOS dengan mengakses Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

9. Gunakan Mode Layar Terkunci:

Mode Layar Terkunci menghindari penggunaan daya baterai yang tidak perlu saat Anda tidak sedang menggunakan perangkat. Anda dapat mengaktifkan mode ini di Pengaturan > Layar & Kecerahan > Mode Layar Terkunci.

10. Pantau Suhu Perangkat:

Suhu ekstrem, baik panas maupun dingin, dapat mempengaruhi kinerja baterai. Pastikan perangkat Anda tidak terlalu panas atau terlalu dingin, terutama saat mengisi daya.

11. Manfaatkan Manajemen Baterai:

Dalam Pengaturan > Baterai > Manajemen Baterai, Anda dapat mengaktifkan fitur ini untuk memperpanjang umur baterai perangkat Anda. Fitur ini akan memonitor pengisian daya baterai dan mengoptimalkannya sesuai kebutuhan.

12. Nonaktifkan Notifikasi yang Tidak Diperlukan:

Notifikasi dari aplikasi yang sering muncul dapat menguras daya baterai. Matikan notifikasi yang tidak diperlukan atau sesuaikan pengaturan notifikasi di Pengaturan > Pemberitahuan.

13. Gunakan Dark Mode:

Dark Mode adalah fitur yang mengubah tema tampilan menjadi lebih gelap, yang dapat menghemat baterai pada layar OLED. Aktifkan Dark Mode di Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Tampilan.

14. Aktifkan Low Power Mode:

Low Power Mode adalah fitur yang dapat menghemat baterai saat daya baterai Anda rendah. Aktifkan Low Power Mode melalui Pengaturan > Baterai.

15. Restart atau Reset Pengaturan Jika Diperlukan:

Jika Anda mengalami masalah kinerja baterai yang signifikan, mencoba untuk me-restart perangkat atau mereset pengaturan perangkat bisa membantu.

Kesimpulan :

Menghemat baterai di iPhone dengan iOS 16 adalah langkah penting untuk menjaga perangkat Anda berdaya tahan sepanjang hari. Dengan memahami dan menerapkan berbagai tips dan trik yang telah dijelaskan dalam artikel ini, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan baterai Anda, memaksimalkan umur baterai, dan menghindari kejutan tidak menyenangkan ketika baterai habis di tengah hari. Selalu ingat untuk menjaga perangkat Anda dan sistem operasinya tetap diperbarui agar dapat memanfaatkan pembaruan terbaru dalam manajemen baterai.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar