Cara Menghemat Baterai iPhone 7 dan 7 plus, Dijamin Work It!

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Ponsel pintar telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita. Sebagai pemilik iPhone 7 atau iPhone 7 Plus, Anda mungkin menggantungkan perangkat Anda dalam menjalani sebagian besar aktivitas sehari-hari. Namun, masalah yang sering dihadapi oleh pengguna adalah masa pakai baterai yang terbatas. Baterai yang cepat habis bisa sangat menjengkelkan, terutama saat kita sedang dalam perjalanan atau tidak memiliki akses ke stopkontak. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara menghemat baterai pada iPhone 7 dan 7 Plus Anda, sehingga Anda dapat menggunakan perangkat Anda lebih lama tanpa perlu khawatir kehabisan daya.

Tips Agar Baterai iPhone iOs 7 dan 7 plus Tetap Hemat dan Awet, Wajib  Dicoba! :

1. Perbarui Perangkat ke Versi iOS Terbaru

Langkah pertama dalam menghemat baterai iPhone 7 dan 7 Plus Anda adalah memastikan Anda selalu menjalankan versi iOS terbaru. Setiap pembaruan sistem biasanya mencakup perbaikan terkait efisiensi baterai, jadi pastikan Anda selalu menggunakan versi terbaru.

Cara memeriksa pembaruan: Buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

2. Aktifkan Mode Hemat Baterai

iPhone 7 dan 7 Plus memiliki Mode Hemat Baterai yang dapat membatasi beberapa fungsi untuk menghemat daya. Anda dapat mengaktifkannya secara manual atau mengatur agar mode ini aktif saat baterai mendekati batas kritis.

Cara mengaktifkan Mode Hemat Baterai: Buka Pengaturan > Baterai > Mode Hemat Baterai.

3. Atur Kecerahan Layar dengan Bijak

Layar adalah salah satu komponen terbesar yang menggunakan daya baterai. Mengurangi kecerahan layar Anda secara optimal dapat membantu menghemat baterai.

Cara mengatur kecerahan layar: Buka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Atur Kecerahan.

4. Atur Waktu Tidur Otomatis

Mengatur waktu tidur otomatis dapat membantu Anda menghemat baterai dengan mematikan layar saat Anda tidak menggunakannya.

Cara mengatur waktu tidur otomatis: Buka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Waktu Tidur Otomatis.

5. Matikan Aktivitas Latar Belakang yang Tidak Diperlukan

Aplikasi yang berjalan di latar belakang terus mengonsumsi daya baterai. Pastikan Anda mematikan pembaruan latar belakang untuk aplikasi yang tidak Anda gunakan secara teratur.

Cara mengatur pembaruan latar belakang: Buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Latar Belakang.

6. Nonaktifkan Efek Visual yang Tidak Diperlukan

Efek visual pada iOS, seperti efek gerak paralaks, efek transparansi, atau efek animasi yang berlebihan, dapat mengurangi daya baterai. Anda dapat mematikannya untuk menghemat baterai.

Cara nonaktifkan efek visual: Buka Pengaturan > Umum > Aksesibilitas > Gerak & Efek Visual.

7. Matikan Bluetooth dan Wi-Fi saat Tidak Digunakan

Kedua fitur ini, Bluetooth dan Wi-Fi, terus menyala meskipun tidak digunakan. Pastikan Anda mematikan keduanya saat tidak diperlukan.

Cara mematikan Bluetooth dan Wi-Fi: Buka Pengaturan > Bluetooth atau Wi-Fi, lalu matikan fitur tersebut.

8. Tutup Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Aplikasi yang terus berjalan di latar belakang dapat mengonsumsi daya baterai Anda. Pastikan Anda secara rutin menutup aplikasi yang tidak sedang Anda gunakan.

Cara menutup aplikasi: Geser ke atas dari bawah layar (model-model tanpa tombol fisik) atau tekan dua kali tombol Beranda (model-model dengan tombol Beranda), lalu geser aplikasi yang tidak Anda gunakan ke atas.

9. Batasi Penggunaan Aplikasi Berat Baterai

Beberapa aplikasi, seperti game atau aplikasi streaming video, menggunakan daya baterai lebih banyak daripada yang lain. Batasi penggunaan aplikasi ini jika Anda ingin menghemat baterai.

Cara mengatur batasan waktu penggunaan aplikasi: Buka Pengaturan > Tampilan Waktu Penggunaan > Waktu Penggunaan Aplikasi. Anda dapat mengatur batasan waktu penggunaan untuk aplikasi tertentu.

10. Nonaktifkan Notifikasi yang Tidak Diperlukan

Notifikasi dari aplikasi dapat membuat layar aktif dan mengurangi daya baterai. Pastikan untuk mematikan notifikasi yang tidak penting.

Cara mengatur notifikasi: Buka Pengaturan > Pemberitahuan. Pilih aplikasi yang ingin Anda atur notifikasinya, lalu nonaktifkan notifikasi yang tidak diperlukan.

11. Gunakan Mode Pesawat saat Tidak Memerlukan Konektivitas

Ketika Anda berada dalam situasi di mana Anda tidak memerlukan konektivitas seluler atau Wi-Fi, aktifkan Mode Pesawat. Ini akan mematikan semua fungsi seluler dan dapat membantu menghemat baterai.

Cara mengaktifkan Mode Pesawat: Buka Pengaturan > Mode Pesawat.

12. Kalibrasi Baterai Secara Berkala

Kalibrasi baterai adalah proses penting untuk menjaga akurasi persentase baterai yang ditampilkan di layar. Anda dapat melakukannya secara berkala dengan mengikuti langkah berikut:

  • Isi baterai hingga 100% tanpa terputus proses pengisian.
  • Gunakan perangkat hingga baterai habis dan perangkat mati.
  • Isi baterai hingga 100% lagi tanpa terputus proses pengisian.

13. Hindari Pengisian Terlalu Lama

Sering kali, pengguna mengisi baterai hingga 100% sepanjang malam. Ini dapat menyebabkan baterai terus terpapar tegangan tinggi yang dapat mengurangi masa pakai baterai dalam jangka panjang. Sebaiknya, cabut pengisian begitu baterai mencapai 100%.

14. Gunakan Pengisi Daya Asli yang Disertakan

Menggunakan pengisi daya resmi yang disertakan oleh Apple adalah langkah penting untuk menjaga integritas baterai Anda. Pengisi daya pihak ketiga mungkin tidak mematuhi standar yang sama dan dapat merusak baterai Anda.

15. Jaga Baterai dalam Suhu Optimal

Baterai iPhone 7 dan 7 Plus berkinerja terbaik pada suhu sekitar 20 derajat Celsius. Hindari penggunaan perangkat Anda dalam suhu ekstrem, terutama di bawah 0 derajat Celsius atau di atas 35 derajat Celsius.

16. Matikan Fungsi Getar yang Tidak Diperlukan

Fungsi getar pada iPhone 7 dan 7 Plus dapat mengonsumsi daya baterai. Jika Anda merasa getar tidak begitu penting, matikan saja.

Cara mematikan getar: Buka Pengaturan > Suara & Getar > Getar. Anda dapat mematikan getar panggilan, pesan, dan notifikasi.

17. Gunakan Mode Penyimpanan Daya

Selain Mode Hemat Baterai, kedua model iPhone ini juga memiliki Mode Penyimpanan Daya yang lebih agresif dalam menghemat baterai. Anda dapat mengaktifkannya ketika baterai Anda sangat rendah.

Cara mengaktifkan Mode Penyimpanan Daya: Buka Pengaturan > Baterai > Mode Hemat Baterai > Aktifkan Mode Penyimpanan Daya.

18. Periksa Aplikasi yang Menyebabkan Konsumsi Baterai Tinggi

Di bawah pengaturan baterai, Anda dapat melihat aplikasi yang paling banyak mengonsumsi daya baterai. Jika Anda melihat aplikasi yang tidak diperlukan, pertimbangkan untuk menggantinya dengan alternatif yang lebih hemat daya.

19. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan masih mengambil ruang di perangkat Anda dan dapat memengaruhi kinerja baterai. Hapus aplikasi yang tidak Anda butuhkan lagi.

20. Pertimbangkan Ganti Baterai

Jika Anda telah menggunakan iPhone 7 atau 7 Plus Anda selama beberapa tahun dan baterai menunjukkan tanda-tanda kerusakan atau kapasitas yang berkurang, pertimbangkan untuk mengganti baterai. Ini dapat membuat perangkat Anda kembali berfungsi dengan baik dan meningkatkan masa pakai baterai.

Kesimpulan :

Menghemat baterai pada iPhone 7 dan 7 Plus memerlukan serangkaian langkah dan perubahan pengaturan yang bijak. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memaksimalkan masa pakai baterai iPhone Anda dan menjaga perangkat Anda tetap berjalan dengan baik. Ingatlah bahwa beberapa langkah mungkin lebih efektif daripada yang lain, tergantung pada cara Anda menggunakan perangkat Anda. Tetapi dengan perawatan yang baik, Anda dapat menikmati pengalaman iPhone yang lebih hemat energi dan lebih memuaskan.

Jangan lupa untuk secara rutin memeriksa pengaturan baterai Anda dan melihat apakah ada perubahan yang perlu Anda lakukan. Selalu berpikir kritis tentang aplikasi dan penggunaan perangkat Anda. Dengan langkah-langkah yang sesuai, Anda dapat menjaga iPhone Anda tetap bertenaga sepanjang hari. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda, dan selamat menghemat baterai iPhone 7 dan 7 Plus Anda!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar