Cara Menghapus Riwayat Aplikasi yang Dibuka di iPhone 7 dan 7 plus

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Cara Menghapus Riwayat Aplikasi yang Dibuka di iPhone 7 dan 7 plus :

iPhone 7 dan 7 Plus adalah dua perangkat canggih yang sangat populer, digemari oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Kedua perangkat ini memiliki berbagai fitur menarik, salah satunya adalah kemampuan multitasking yang memungkinkan pengguna untuk membuka berbagai aplikasi sekaligus. Namun, seringkali kita ingin menjaga privasi kita dan menghapus riwayat aplikasi yang telah dibuka. Artikel ini akan membahas cara menghapus riwayat aplikasi yang dibuka di iPhone 7 dan 7 Plus.

1. Pentingnya Menghapus Riwayat Aplikasi

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah praktis, mari kita pahami mengapa penting untuk menghapus riwayat aplikasi di iPhone 7 dan 7 Plus. Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin melakukannya:

  • Privasi: Menghapus riwayat aplikasi membantu Anda menjaga privasi Anda. Ini mencegah orang lain melihat aplikasi apa yang Anda buka.
  • Keamanan: Dalam situasi tertentu, seperti saat Anda meminjamkan iPhone kepada orang lain, menghapus riwayat aplikasi dapat mencegah informasi pribadi Anda dari diakses oleh orang lain.
  • Performa: Menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat membantu meningkatkan performa perangkat Anda. Dengan menghapus riwayat aplikasi, Anda dapat dengan mudah menutup aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan.
  • Ketertiban: Menghapus riwayat aplikasi juga membantu menjaga tampilan tata letak beranda Anda tetap rapi dan teratur.

Sekarang, mari kita beralih ke bagian praktis tentang cara menghapus riwayat aplikasi di iPhone 7 dan 7 Plus.

2. Cara Menghapus Riwayat Aplikasi di iPhone 7 dan 7 Plus

Ada beberapa cara yang berbeda untuk menghapus riwayat aplikasi di iPhone 7 dan 7 Plus. Di bawah ini, kami akan menjelaskan dua metode yang berbeda: menggunakan aplikasi Switcher dan menggunakan Pengaturan.

1. Menggunakan Aplikasi Switcher

Buka Aplikasi Switcher: Untuk mengakses Aplikasi Switcher, cukup tekan dua kali tombol Home di bawah layar Anda. Ini akan menampilkan daftar aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.

Pilih Aplikasi yang Akan Dihapus: Gulir ke kiri atau kanan untuk menemukan aplikasi yang ingin Anda hapus dari riwayat. Ketika Anda menemukannya, ketuk dan tahan ikon aplikasi tersebut.

Tutup Aplikasi: Setelah ikon aplikasi bergetar dan ada ikon merah berhenti di sudut kiri atas, ketuk ikon tersebut. Ini akan menutup aplikasi dan menghapusnya dari riwayat.

Selesai: Ulangi langkah-langkah ini untuk setiap aplikasi yang ingin Anda hapus dari riwayat.

2. Menggunakan Pengaturan

  • Buka Pengaturan: Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda.
  • Gulir ke Bawah: Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Safari” (atau aplikasi lain yang ingin Anda hapus riwayatnya).
  • Ketuk “Safari”: Jika Anda ingin menghapus riwayat peramban, ketuk “Safari.”
  • Ketuk “Hapus Riwayat Situs Web dan Data”: Di dalam pengaturan Safari, ketuk opsi “Hapus Riwayat Situs Web dan Data.” Ini akan menghapus riwayat peramban Anda.

Untuk aplikasi lain, langkah-langkah mungkin sedikit berbeda, tetapi konsepnya tetap sama. Cari aplikasi yang Anda inginkan di Pengaturan, lalu cari opsi untuk menghapus riwayatnya.

Catatan: Anda perlu tahu bahwa metode di atas hanya akan menghapus riwayat aplikasi dari perangkat Anda, bukan dari akun Anda. Ini berarti bahwa jika Anda masuk ke akun yang sama pada perangkat lain, riwayat aplikasi tersebut mungkin masih akan terlihat.

3. Memanfaatkan Fitur Privasi di iPhone

Selain menghapus riwayat aplikasi, Anda juga dapat memanfaatkan beberapa fitur privasi yang disediakan oleh iOS di iPhone 7 dan 7 Plus. Berikut adalah beberapa fitur yang dapat membantu Anda menjaga privasi Anda:

  • Penguncian Aplikasi: Anda dapat mengaktifkan penguncian aplikasi untuk mencegah akses ke aplikasi tertentu tanpa izin Anda. Ini dapat membantu melindungi data pribadi Anda.
  • Kontrol Keluarga: Jika Anda berbagi perangkat dengan anggota keluarga, Anda dapat menggunakan Kontrol Keluarga untuk mengatur batasan akses ke aplikasi dan konten tertentu.
  • Peringatan Aplikasi: Aktifkan peringatan aplikasi untuk memberi tahu Anda ketika aplikasi mengakses lokasi atau data pribadi Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengontrol izin yang Anda berikan kepada aplikasi
  • Pengaturan Privasi: Telusuri pengaturan privasi di Pengaturan iPhone Anda dan atur izin aplikasi dengan bijak. Matikan akses yang tidak diperlukan untuk menjaga privasi Anda.

4. Membersihkan Cache Aplikasi

Selain menghapus riwayat aplikasi, membersihkan cache aplikasi juga dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat Anda dan menghemat ruang penyimpanan. Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat waktu respon. Namun, terlalu banyak cache dapat memakan ruang penyimpanan perangkat Anda. Berikut adalah cara membersihkan cache aplikasi di iPhone 7 dan 7 Plus:

  • Buka Pengaturan: Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda.
  • Gulir ke Bawah: Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “General” (Umum).
  • Ketuk “General”: Ketuk “General” untuk membuka pengaturan umum.
  • Ketuk “Storage & iCloud Usage”: Di bawah pengaturan umum, cari dan ketuk opsi “Storage & iCloud Usage” (Penyimpanan & Penggunaan iCloud).
  • Ketuk “Manage Storage”: Di bawah bagian “Storage” (Penyimpanan), ketuk “Manage Storage” (Mengelola Penyimpanan).
  • Pilih Aplikasi yang Ingin Dihapus Cache-nya: Dalam daftar aplikasi yang muncul, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya.
  • Ketuk “Delete App”: Ketuk “Delete App” untuk menghapus aplikasi dan semua data cache yang terkait dengannya. Pastikan Anda memiliki cadangan data yang diperlukan sebelum menghapus aplikasi.
  • Unduh Ulang Aplikasi: Jika Anda masih memerlukan aplikasi tersebut, unduh ulang dari App Store setelah menghapusnya.

Membersihkan cache aplikasi secara berkala dapat membantu menjaga kinerja perangkat Anda dan membebaskan ruang penyimpanan yang berharga.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan metode bawaan iOS untuk menghapus riwayat aplikasi, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengelola riwayat dan privasi Anda. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda dalam hal ini:

  • Privacy Pro SmartVPN: Aplikasi ini menawarkan fitur VPN untuk melindungi privasi Anda secara online dan juga memungkinkan Anda mengelola riwayat peramban dan aplikasi.
  • CleanMyPhone: Aplikasi ini memiliki fitur pembersihan yang dapat membersihkan cache aplikasi, menghapus riwayat peramban, dan mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang.
  • iMyFone Umate Pro: Aplikasi ini memiliki alat pembersihan yang dapat membersihkan data sementara dan riwayat aplikasi dengan mudah.
  • Lockdown: Aplikasi ini memungkinkan Anda mengunci aplikasi tertentu dan melindungi privasi Anda.

Setiap aplikasi pihak ketiga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, jadi pastikan untuk membaca ulasan dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan :

Menghapus riwayat aplikasi di iPhone 7 dan 7 Plus adalah langkah yang penting untuk menjaga privasi Anda dan meningkatkan kinerja perangkat Anda. Metode yang disebutkan di artikel ini dapat membantu Anda dengan mudah mengelola riwayat aplikasi Anda. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur privasi bawaan iOS dan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk pengelolaan yang lebih canggih. Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat menjaga privasi Anda dengan lebih baik dan menjaga perangkat Anda tetap efisien.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar