Cara Konfigurasi Voip Menggunakan Asterisk Dan Zoiper di Debian (Tutorial Lengkap + Gambar)

afyadm

https://www.gabuttech.com/

VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah teknologi yang memungkinkan komunikasi suara dan video melalui jaringan internet. Asterisk adalah platform PBX open source yang kuat yang dapat digunakan untuk mengatur sistem VoIP. Zoiper, di sisi lain, adalah salah satu aplikasi VoIP yang dapat digunakan untuk membuat dan menerima panggilan melalui protokol SIP (Session Initiation Protocol).

Tutorial Lengkap Cara Konfigurasi Voip Menggunakan Asterisk Dan Zoiper di Debian :

Artikel ini akan membahas secara rinci langkah-langkah untuk mengkonfigurasi Asterisk dan Zoiper di sistem operasi Debian untuk mengatur sistem VoIP. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat mengatur sistem komunikasi suara melalui internet dan menggunakannya untuk berkomunikasi dengan pengguna lain melalui VoIP.

Prasyarat

Sebelum kita mulai, pastikan Anda memenuhi prasyarat berikut:

  • Sistem Operasi Debian: Pastikan Anda memiliki sistem operasi Debian yang berfungsi dengan hak akses root atau akun pengguna dengan hak akses sudo.
  • Koneksi Internet: Pastikan sistem Debian Anda terhubung ke internet, karena Anda akan membutuhkannya untuk mengunduh dan menginstal perangkat lunak.
  • Instalasi Asterisk: Pastikan Anda telah menginstal Asterisk di sistem Anda. Jika belum, Anda dapat mengikuti panduan sebelumnya untuk menginstal Asterisk di Debian.
  • Perangkat Zoiper: Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi Zoiper di perangkat yang akan Anda gunakan untuk VoIP.

1. Instalasi Zoiper

Unduh Zoiper:

Pertama-tama, Anda perlu mengunduh aplikasi Zoiper dari situs web resmi mereka: https://www.zoiper.com/. Pastikan Anda memilih versi Zoiper yang sesuai dengan sistem operasi Debian Anda.

Instalasi Zoiper:

Setelah Anda mengunduh berkas instalasi Zoiper, buka terminal di Debian Anda. Navigasikan ke direktori di mana berkas Zoiper telah diunduh. Anda dapat menggunakan perintah cd untuk berpindah direktori.

Instalasi Zoiper:

Setelah Anda berada dalam direktori di mana berkas Zoiper berada, Anda dapat menginstal Zoiper dengan perintah berikut (gantilah zoiper_version dengan versi yang Anda unduh):

bash :

sudo dpkg -i zoiper_version.deb

Jika saat instalasi terdapat ketergantungan yang belum terpenuhi, jalankan perintah berikut untuk menginstalnya:

bash :

sudo apt –fix-broken install

Dengan langkah-langkah di atas, Zoiper sekarang akan terinstal di sistem Debian Anda.

2. Konfigurasi Zoiper

1. Buka Zoiper:

Setelah Zoiper terinstal, Anda dapat membukanya dengan mencarinya di aplikasi yang terinstal atau dengan menjalankan perintah zoiper di terminal.

2. Konfigurasi Akun SIP:

Pada layar pertama, Zoiper akan menawarkan Anda berbagai metode konfigurasi. Pilih “Settings” untuk melakukan konfigurasi manual.

3. Tambah Akun SIP:

Di dalam “Settings,” pilih “Accounts” dan klik tombol “+ Add SIP account” untuk menambahkan akun SIP.

4. Isi Informasi Akun SIP:

Anda akan diminta untuk mengisi informasi akun SIP Anda. Informasi yang perlu Anda masukkan adalah sebagai berikut:

  • Name: Beri nama untuk akun Anda (misalnya, “My VoIP Account”).
  • Domain: Masukkan alamat IP atau nama host server Asterisk Anda.
  • Username: Gunakan nama pengguna SIP yang telah Anda konfigurasi di Asterisk.
  • Password: Masukkan kata sandi SIP yang sesuai.
  • Transport: Pilih metode transport yang sesuai (biasanya UDP atau TCP).
  • Klik “Create” atau “Save” untuk menyimpan informasi akun.

5. Cek Status Registrasi:

Zoiper sekarang akan mencoba untuk menghubungkan ke server Asterisk Anda. Jika konfigurasi benar, Anda akan melihat status “Registered” di layar Zoiper.

Zoiper Registered

6. Pengaturan Tambahan:

Anda juga dapat mengakses pengaturan tambahan dalam Zoiper untuk menyesuaikan preferensi Anda, seperti pengaturan audio dan notifikasi.

3. Uji Coba Panggilan

1. Buat Panggilan:

Setelah akun Zoiper terkonfigurasi dengan benar, Anda dapat mulai membuat panggilan. Pilih “Dialpad” di Zoiper dan masukkan nomor ekstensi atau nomor telepon yang ingin Anda panggil.

2. Inisiasi Panggilan:

Klik tombol “Call” untuk menginisiasi panggilan.

3. Komunikasi Melalui Zoiper:

Anda akan mendengar suara panggilan dan dapat berkomunikasi melalui aplikasi Zoiper.

Kesimpulan :

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil mengkonfigurasi Asterisk sebagai server VoIP dan Zoiper sebagai aplikasi VoIP di sistem Debian Anda. Anda sekarang dapat menggunakan sistem VoIP ini untuk berkomunikasi melalui suara dan video melalui jaringan internet. Pastikan konfigurasi Akun SIP pada Zoiper sesuai dengan konfigurasi yang Anda buat di Asterisk.

VoIP adalah solusi komunikasi yang fleksibel dan efisien, dan dengan Asterisk dan Zoiper, Anda dapat mengatur sistem VoIP yang andal untuk keperluan pribadi atau bisnis Anda. Semoga artikel ini membantu Anda memahami cara mengatur sistem VoIP dengan Asterisk dan Zoiper di sistem Debian. Jika Anda mengalami masalah atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi komunitas VoIP atau sumber daya dukungan teknis lainnya yang ada. Selamat berkomunikasi!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar