Cara Instal Trixbox di VMware (Tutorial Lengkap + Gambar)

afyadm

https://www.gabuttech.com/
Trixbox adalah solusi open-source yang berbasis CentOS Linux untuk menyediakan layanan VoIP (Voice over IP) yang kuat dan mudah digunakan. Dalam tutorial ini, kami akan membahas langkah-langkah lengkap mengenai cara menginstal dan mengkonfigurasi Trixbox di lingkungan mesin virtual VMware.

Tutorial Lengkap Cara Instal dan Konfigurasi Trixbox di VMware :
Persiapan Sebelum Memulai :
  • Sebelum kita mulai proses instalasi dan konfigurasi Trixbox di mesin virtual VMware, pastikan Anda telah memenuhi persyaratan berikut:
  • VMware Workstation: Pastikan Anda telah menginstal VMware Workstation di komputer Anda. Jika belum, Anda dapat mengunduhnya dari situs web resmi VMware.
  • Trixbox ISO: Unduh file ISO Trixbox yang terbaru dari sumber resmi, biasanya dari situs web Trixbox.
  • Sistem Operasi Host: Pastikan Anda telah mempersiapkan mesin fisik atau virtual yang menjalankan sistem operasi yang sesuai untuk menjalankan VMware.
  • Spesifikasi Mesin Virtual: Saat Anda membuat mesin virtual VMware, pastikan Anda mengalokasikan sumber daya yang memadai, seperti CPU, RAM, dan ruang penyimpanan sesuai dengan kebutuhan.

Langkah-langkah Instalasi dan Konfigurasi Trixbox di VMware :
Berikut adalah langkah-langkah lengkap untuk menginstal dan mengkonfigurasi Trixbox di mesin virtual VMware:

1. Buat Mesin Virtual VMware
  • Buka VMware Workstation.
  • Klik “File” > “New Virtual Machine” untuk memulai pembuatan mesin virtual baru.
  • Pilih opsi “Custom (advanced)”.

2. Instalasi Sistem Operasi
Pada langkah ini, Anda perlu menginstal sistem operasi host di mesin virtual VMware yang baru saja Anda buat. Anda akan diminta untuk memilih file ISO Trixbox yang telah Anda unduh sebelumnya sebagai media instalasi.

3. Instalasi Trixbox
Setelah sistem operasi host dijalankan, buka terminal atau command prompt di mesin virtual.
Unduh dan ekstrak paket instalasi Trixbox dari ISO yang telah Anda boot sebelumnya.

bash :
cd /home
wget http://downloads.sourceforge.net/t…2.8.0.4.tar.gz
tar -xvzf trixbox-2.8.0.4.tar.gz

Setelah ekstraksi selesai, navigasikan ke direktori Trixbox.

bash :

cd trixbox

Mulai proses instalasi dengan perintah berikut.

bash :

./install.sh

Ikuti petunjuk instalasi yang muncul di layar untuk mengkonfigurasi Trixbox. Anda akan diminta untuk mengatur informasi jaringan, seperti alamat IP dan gateway.

4. Konfigurasi Trixbox

Setelah instalasi selesai, Anda dapat mengakses antarmuka web Trixbox melalui browser dengan menggunakan alamat IP yang telah Anda atur selama instalasi. Biasanya, alamat IP ini adalah alamat IP statis yang akan Anda gunakan untuk mengelola Trixbox.
5. Konfigurasi VoIP dan Ekstensi

Pada antarmuka web Trixbox, Anda dapat mengatur pengaturan VoIP, termasuk konfigurasi gateway VoIP, membuat ekstensi, dan mengelola pengguna VoIP.

6. Uji Coba Trixbox
Setelah Anda selesai mengonfigurasi Trixbox, Anda dapat menguji sistem dengan menggunakan aplikasi VoIP seperti Zoiper atau aplikasi VoIP lainnya untuk melakukan panggilan VoIP.

Kesimpulan :
Dengan mengikuti langkah-langkah dalam tutorial ini, Anda dapat menginstal dan mengkonfigurasi Trixbox di mesin virtual VMware. Trixbox adalah solusi VoIP yang kuat dan fleksibel yang dapat digunakan untuk mengelola komunikasi suara dalam organisasi Anda. Pastikan Anda menjaga keamanan dan konfigurasi yang benar, serta melakukan pembaruan berkala untuk memastikan kinerja yang optimal. Dengan Trixbox, Anda dapat memanfaatkan teknologi VoIP untuk komunikasi yang efisien.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar