Cara Memperbaiki Layanan “Connected Devices Platform User” yang Menggunakan RAM di Windows

afyadm

Halo, sobat komputer muda! Jika kamu pernah mengalami masalah dengan layanan “Connected Devices Platform User” yang memakan terlalu banyak RAM di Windows, kamu tidak sendirian. Artikel ini akan membantu kamu memahami masalah tersebut dan memberikan solusi yang bisa kamu terapkan dengan santai.

Mengenal “Connected Devices Platform User” 

Sebelum kita masuk ke cara memperbaikinya, mari kita pahami apa itu “Connected Devices Platform User” dan mengapa hal ini bisa mengganggu kinerja komputermu. “Connected Devices Platform User” adalah komponen Windows yang bertanggung jawab untuk mengelola perangkat yang terhubung dengan komputermu, seperti printer atau ponsel. Sayangnya, kadang-kadang layanan ini bisa menjadi beban berat pada penggunaan RAM yang berlebihan.

Langkah 1: Identifikasi Masalah 

Pertama-tama, kamu perlu memastikan bahwa masalah sebenarnya disebabkan oleh “Connected Devices Platform User”. Untuk melakukannya, buka Task Manager dengan menekan Ctrl+Shift+Esc. Lalu, periksa penggunaan RAM dan cari “Connected Devices Platform User” di daftar proses. Jika kamu melihat bahwa layanan ini mengonsumsi banyak RAM, maka kamu telah mengidentifikasi penyebabnya.

Langkah 2: Hentikan Layanan 

Sekarang, mari kita lanjutkan ke tindakan perbaikan. Berikut langkah-langkah untuk menghentikan layanan “Connected Devices Platform User” yang memakan RAM:

  1. Klik kanan pada “Taskbar” dan pilih “Task Manager” atau tekan Ctrl+Shift+Esc.
  2. Pada tab “Processes”, cari “Connected Devices Platform User”.
  3. Klik kanan pada proses tersebut dan pilih “End Task”.

Langkah ini akan menghentikan layanan sementara. Namun, perlu diingat bahwa ini juga dapat mempengaruhi fungsionalitas perangkat yang terhubung.

Langkah 3: Nonaktifkan Layanan 

Jika kamu ingin mengatasi masalah ini secara permanen, kamu dapat nonaktifkan layanan “Connected Devices Platform User”. Namun, perlu diingat bahwa ini akan mematikan fungsionalitas perangkat terhubung. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol Windows + R, lalu ketik “services.msc” dan tekan Enter.
  2. Cari “Connected Devices Platform User” dalam daftar layanan.
  3. Klik kanan, pilih “Properties”, dan ganti “Startup type” menjadi “Disabled”.
  4. Klik “Apply” dan “OK”.

Setelah melakukan ini, kamu perlu me-restart komputer untuk menerapkan perubahan.

Kesimpulan

Sekarang kamu tahu cara mengatasi masalah “Connected Devices Platform User” yang menggunakan RAM berlebihan di Windows. Ingatlah bahwa langkah-langkah ini mungkin mempengaruhi fungsionalitas perangkat terhubung, jadi pertimbangkan dengan hati-hati sebelum menonaktifkannya secara permanen.

Jika kamu masih mengalami masalah atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi dukungan Windows atau berkonsultasi dengan ahli IT. Semoga artikel ini bermanfaat dan kamu bisa menikmati penggunaan Windows yang lebih lancar!

[Call to Action]

Jangan lupa untuk berbagi pengalamanmu dalam mengatasi masalah ini atau memberikan saran tambahan di kolom komentar. Kami senang mendengar dari kamu!

Also Read

Bagikan:

afyadm

Tags

Tinggalkan komentar