Cara Membuat Program Kasir Dengan Java di NetBeans Beserta Contohnya

Posted on
https://www.gabuttech.com/

Program kasir adalah aplikasi yang digunakan untuk menghitung total belanjaan dari pelanggan di sebuah toko atau bisnis. Java adalah bahasa pemrograman yang populer dan NetBeans adalah salah satu Integrated Development Environment (IDE) yang dapat membantu Anda membuat program Java dengan lebih mudah. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat program kasir sederhana dengan Java di NetBeans beserta contohnya.

Cara Membuat Program Kasir Dengan Java di NetBeans Beserta Contohnya :

1. Persiapan

Sebelum memulai pembuatan program kasir, pastikan Anda sudah menginstal NetBeans dan memahami dasar-dasar pemrograman Java. Jika belum, Anda dapat mengunduh NetBeans dari situs resmi mereka (https://netbeans.org) dan mempelajari dasar-dasar Java melalui berbagai sumber belajar online.

2. Membuat Proyek Baru

  • Buka NetBeans dan pilih “File” -> “New Project”.
  • Pilih “Java” sebagai jenis proyek.
  • Klik “Next”.
  • Beri nama proyek Anda, misalnya “ProgramKasir”.
  • Klik “Finish”.

3. Mendesain Antarmuka Program

  • Klik kanan pada proyek Anda dan pilih “New” -> “JFrame Form”.
  • Beri nama JFrame baru Anda, misalnya “KasirUI”.
  • Klik “Finish”.

Anda sekarang memiliki JFrame untuk antarmuka program kasir Anda. Anda dapat menambahkan komponen seperti JLabel, JTextField, dan JButton ke JFrame ini untuk mengatur tampilan program.

4. Menambahkan Komponen

Anda dapat menambahkan komponen seperti berikut ini:

  • JLabel untuk menampilkan nama item.
  • JTextField untuk memasukkan jumlah item yang dibeli.
  • JButton untuk menambahkan item ke daftar belanjaan.
  • JTable untuk menampilkan daftar belanjaan dan total harga.
  • JButton untuk menghitung total belanjaan.
  • JLabel untuk menampilkan total harga.

5. Menulis Kode Program

Sekarang, mari kita tulis kode program Java untuk mengatur logika program kasir. Berikut adalah contoh kode program sederhana:

java :

import java.awt.event.ActionEvent;

import java.awt.event.ActionListener;

import javax.swing.JButton;

import javax.swing.JFrame;

import javax.swing.JLabel;

import javax.swing.JScrollPane;

import javax.swing.JTable;

import javax.swing.JTextField;

import javax.swing.table.DefaultTableModel;


public class KasirUI extends JFrame {

    private JLabel itemLabel, totalLabel;

    private JTextField itemTextField;

    private JButton addItemButton, calculateButton;

    private JTable itemList;

    private DefaultTableModel tableModel;


    public KasirUI() {

        // Inisialisasi komponen

        itemLabel = new JLabel(“Item:”);

        totalLabel = new JLabel(“Total:”);

        itemTextField = new JTextField();

        addItemButton = new JButton(“Add Item”);

        calculateButton = new JButton(“Calculate Total”);

        tableModel = new DefaultTableModel();

        tableModel.addColumn(“Item”);

        tableModel.addColumn(“Price”);


        itemList = new JTable(tableModel);

        JScrollPane scrollPane = new JScrollPane(itemList);


        // Menambahkan komponen ke JFrame

        add(itemLabel);

        add(itemTextField);

        add(addItemButton);

        add(scrollPane);

        add(calculateButton);

        add(totalLabel);


        // Mengatur tata letak komponen

        itemLabel.setBounds(10, 10, 100, 30);

        itemTextField.setBounds(120, 10, 150, 30);

        addItemButton.setBounds(280, 10, 100, 30);

        scrollPane.setBounds(10, 50, 370, 200);

        calculateButton.setBounds(10, 260, 150, 30);

        totalLabel.setBounds(170, 260, 100, 30);


        calculateButton.addActionListener(new ActionListener() {

            @Override

            public void actionPerformed(ActionEvent e) {

                // Hitung total harga

                int rowCount = tableModel.getRowCount();

                double total = 0.0;

                for (int i = 0; i < rowCount; i++) {

                    total += Double.parseDouble(tableModel.getValueAt(i, 1).toString());

                }

                totalLabel.setText(“Total: ” + total);

            }

        });


        addItemButton.addActionListener(new ActionListener() {

            @Override

            public void actionPerformed(ActionEvent e) {

                // Menambahkan item ke daftar belanjaan

                String item = itemTextField.getText();

                double price = Double.parseDouble(itemTextField.getText()); // Gantilah dengan harga item yang sesuai

                tableModel.addRow(new Object[]{item, price});

                itemTextField.setText(“”);

            }

        });


        // Mengatur properti JFrame

        setLayout(null);

        setSize(400, 350);

        setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

        setVisible(true);

    }


    public static void main(String[] args) {

        new KasirUI();

    }

}

Pastikan Anda menggantikan harga item yang sesuai pada baris kode double price = Double.parseDouble(itemTextField.getText());. Anda juga dapat menyesuaikan tampilan dan tata letak komponen sesuai kebutuhan Anda.

6. Menjalankan Program

Untuk menjalankan program kasir Anda, cukup klik tombol “Run” di NetBeans, dan program akan mulai berjalan. Anda dapat memasukkan item dan harga, menambahkannya ke daftar belanjaan, dan menghitung total belanjaan.

Selamat, Anda telah membuat program kasir sederhana menggunakan Java di NetBeans. Anda dapat terus mengembangkan program ini dengan menambahkan fitur-fitur tambahan sesuai kebutuhan Anda, seperti pilihan pembayaran, diskon, atau penyimpanan data belanjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *