Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Mendeley ke Word

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Mendeley ke Word :

Mendeley adalah alat manajemen referensi yang populer yang memudahkan peneliti, penulis, dan mahasiswa dalam mengatur dan merujuk sumber-sumber dalam karya mereka. Salah satu fitur hebat Mendeley adalah kemampuannya untuk menghasilkan daftar pustaka otomatis dan menyisipkannya ke dalam dokumen Word Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkahnya tentang cara membuat daftar pustaka dari Mendeley ke Word.

Mengapa Menggunakan Mendeley untuk Daftar Pustaka?

Sebelum kita memahami cara menggunakan Mendeley, penting untuk mengerti mengapa Mendeley adalah alat yang berguna untuk membuat daftar pustaka:

  • Manajemen Referensi: Mendeley memungkinkan Anda untuk mengimpor, menyimpan, dan mengatur referensi dari berbagai sumber dengan mudah. Anda dapat mengelompokkan referensi ke dalam folder-folder yang sesuai dengan topik atau proyek tertentu.
  • Penghematan Waktu: Mendeley dapat menghemat banyak waktu dalam pembuatan daftar pustaka. Alih-alih membuatnya secara manual, Anda dapat menghasilkan daftar pustaka otomatis dengan beberapa klik.
  • Akurasi: Mendeley memastikan bahwa kutipan dan daftar pustaka Anda sesuai dengan gaya penulisan yang Anda pilih (seperti APA, MLA, Chicago, dan lain-lain). Ini membantu menghindari kesalahan format.
  • Kemudahan Penggunaan: Mendeley sangat ramah pengguna dan mudah digunakan, bahkan bagi mereka yang baru pertama kali menggunakannya.

Langkah-langkah Membuat Daftar Pustaka dari Mendeley ke Word

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk membuat daftar pustaka dari Mendeley dan menyisipkannya ke dalam dokumen Word Anda:

1. Instal Mendeley

Jika Anda belum memiliki Mendeley, unduh dan instal aplikasi Mendeley di komputer Anda. Anda juga perlu membuat akun Mendeley jika Anda belum memiliki satu.

2. Impor Referensi

Setelah menginstal dan mendaftar, buka Mendeley dan mulai mengimpor referensi. Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara:

  • Dari Sumber Online: Mendeley memungkinkan Anda untuk mengekspor referensi dari database penelitian online seperti Google Scholar, PubMed, atau situs web penerbit ilmiah.
  • Dari File PDF: Jika Anda telah mengunduh artikel dalam format PDF, Mendeley dapat mengambil informasi referensi langsung dari file PDF tersebut.
  • Dari Input Manual: Anda juga bisa memasukkan informasi referensi secara manual jika Anda memiliki sumber yang tidak dapat diimpor langsung.

3. Membuat Daftar Pustaka

  • Setelah Anda mengimpor referensi ke Mendeley, buatlah sebuah folder atau koleksi untuk mengatur referensi yang akan digunakan dalam dokumen Anda.
  • Sorot referensi-referensi yang akan Anda masukkan dalam daftar pustaka. Anda dapat memilih beberapa referensi sekaligus dengan menahan tombol Ctrl (di Windows) atau Command (di Mac).
  • Klik kanan pada referensi yang dipilih dan pilih “Add to Collection” atau “Add to Folder” (tergantung pada versi Mendeley yang Anda gunakan). Masukkan referensi-referensi ini dalam folder atau koleksi yang telah Anda buat.

4. Pilih Gaya Penulisan

Pilih gaya penulisan yang sesuai dengan dokumen Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan gaya APA, pastikan Anda telah memilih “APA” sebagai gaya penulisan dalam preferensi Mendeley Anda.

5. Sisipkan Daftar Pustaka ke Word

Setelah Anda menyelesaikan penulisan dokumen Anda dan siap untuk menyisipkan daftar pustaka, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka dokumen Word yang ingin Anda sisipkan daftar pustaka di dalamnya.
  • Pastikan Anda sudah mengatur tempat di mana daftar pustaka akan disisipkan.
  • Di menu atas Word, pilih tab “References” atau “Referensi” (tergantung pada versi Word Anda).
  • Di bawah tab “References” atau “Referensi”, Anda akan menemukan opsi “Mendeley Cite-O-Matic” atau “Mendeley Cite”. Klik pada opsi ini.
  • Jendela Mendeley Cite-O-Matic akan muncul. Anda dapat mencari referensi yang ingin Anda sisipkan dengan kata kunci atau melihat referensi-referensi yang ada dalam koleksi Anda.
  • Pilih referensi yang akan Anda sisipkan dan klik “OK” atau “Insert Citation”. Daftar pustaka otomatis akan disisipkan di tempat yang telah Anda atur dalam dokumen Anda.

6. Finalisasi dan Perubahan

Setelah Anda menyisipkan daftar pustaka, pastikan Anda meninjau dan memeriksanya dengan seksama. Periksa apakah semua referensi tercantum dengan benar dan sesuai dengan gaya penulisan yang Anda pilih.

Jika ada kesalahan atau perubahan yang perlu Anda buat, Anda dapat mengelola daftar pustaka dengan mudah melalui Mendeley. Jika Anda menambahkan atau menghapus referensi dari koleksi Mendeley Anda, Anda dapat memperbarui daftar pustaka di dokumen Word dengan mengklik “Refresh” dalam jendela “Mendeley Cite-O-Matic.”

Tips Penting

  • Pastikan Anda selalu menjaga referensi Anda terorganisir dalam Mendeley, karena ini akan memudahkan Anda dalam menemukan dan memasukkan referensi ke dalam dokumen Word Anda.
  • Perhatikan bahwa Mendeley tidak hanya berguna untuk membuat daftar pustaka, tetapi juga membantu Anda dalam menyusun, mengorganisir, dan mengelola seluruh proses penelitian Anda.
  • Selalu pilih gaya penulisan yang sesuai dengan panduan penulisan yang Anda ikuti, seperti APA, MLA, Chicago, atau yang lainnya.
  • Ingatlah bahwa Mendeley tersedia dalam berbagai versi, termasuk versi desktop dan versi web. Anda dapat mengakses dan mengelola referensi Anda dari berbagai perangkat.

Kesimpulan :

Mendeley adalah alat yang kuat dan sangat berguna dalam mengelola referensi dan membuat daftar pustaka dalam penelitian dan penulisan ilmiah Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat daftar pustaka dari Mendeley ke dalam dokumen Word Anda. Hal ini akan membantu Anda menghindari kesalahan format dan memastikan kutipan dan referensi Anda sesuai dengan gaya penulisan yang Anda gunakan, sehingga meningkatkan kualitas tulisan Anda. Jadi, manfaatkan Mendeley untuk menyederhanakan proses penulisan dan penelitian Anda.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar