Cara Setting TP Link TL-WA701ND Sebagai Repeater

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Jaringan Wi-Fi adalah salah satu hal paling penting dalam kehidupan sehari-hari kita saat ini. Namun, seringkali kita menghadapi masalah jaringan Wi-Fi yang lemah di berbagai sudut rumah atau kantor. Bagi sebagian dari kita, ini bisa menjadi masalah yang cukup menjengkelkan. Untungnya, ada solusi yang sederhana dan efektif untuk meningkatkan jangkauan dan kualitas jaringan Wi-Fi Anda, yaitu dengan menggunakan TP-Link TL-WA701ND sebagai repeater.

Artikel ini akan membahas secara rinci langkah-langkah untuk mengatur TP-Link TL-WA701ND Anda sebagai repeater. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat memperluas jangkauan jaringan Wi-Fi Anda tanpa perlu membeli perangkat tambahan. Sebelum kita mulai, mari kita pahami apa yang dimaksud dengan repeater dan apa yang Anda butuhkan untuk memulai.

Apa Itu Repeater?

Sebelum kita memulai panduan ini, penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan repeater atau penguat sinyal. Sebuah repeater adalah perangkat yang digunakan untuk memperluas cakupan jaringan nirkabel dengan mengambil sinyal dari router utama Anda dan mengirimkannya kembali ke area yang memiliki sinyal yang lemah. Ini adalah solusi yang sangat berguna ketika Anda memiliki area di rumah atau kantor yang tidak mendapatkan sinyal Wi-Fi yang memadai.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki rumah dengan beberapa lantai atau banyak dinding tebal yang menghalangi sinyal Wi-Fi, maka Anda dapat menggunakan repeater untuk memperluas cakupan sinyal Wi-Fi hingga ke area yang sulit dijangkau oleh router utama Anda. Ini adalah cara yang efektif untuk menghilangkan “titik mati” di dalam rumah Anda dan memastikan bahwa Anda memiliki konektivitas Wi-Fi yang baik di seluruh ruang.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum Anda memulai proses mengatur TP-Link TL-WA701ND sebagai repeater, pastikan Anda memiliki semua peralatan yang diperlukan. Berikut adalah apa yang Anda butuhkan:

  • TP-Link TL-WA701ND: Ini adalah perangkat repeater yang akan kita konfigurasi.
  • Router Utama: Anda memerlukan akses ke router utama yang sudah terhubung ke internet. Ini adalah sumber utama sinyal Wi-Fi yang akan diperluas oleh repeater.
  • Kabel Ethernet: Anda memerlukan kabel Ethernet untuk menghubungkan TP-Link TL-WA701ND dengan komputer Anda selama proses konfigurasi.
  • Komputer atau Laptop: Anda memerlukan komputer atau laptop yang terhubung ke jaringan Wi-Fi atau memiliki kemampuan untuk terhubung dengan kabel Ethernet.

Dengan semua peralatan ini siap, kita dapat memulai proses pengaturan.

Cara Setting TP Link TL-WA701ND Sebagai Repeater :

1. Persiapan Awal

Sebelum kita masuk ke konfigurasi sebenarnya, kita perlu melakukan beberapa persiapan awal.

Periksa Kondisi Fisik TP-Link TL-WA701ND: Pastikan perangkat TP-Link TL-WA701ND dalam kondisi baik dan tidak rusak. Jika ada kerusakan fisik, hubungi penyedia perangkat Anda untuk mendapatkan dukungan atau penggantian.

Lokasi yang Tepat: Pilih lokasi yang tepat untuk TP-Link TL-WA701ND. Lokasi ini harus dekat dengan area yang memiliki sinyal Wi-Fi yang lemah, tetapi masih dalam jangkauan sinyal yang baik dari router utama Anda.

2. Hubungkan TP-Link TL-WA701ND ke Komputer

Langkah berikutnya adalah menghubungkan TP-Link TL-WA701ND ke komputer atau laptop Anda dengan menggunakan kabel Ethernet. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses antarmuka konfigurasi perangkat dan melakukan pengaturan yang diperlukan.

1. Sambungkan satu ujung kabel Ethernet ke port LAN pada TP-Link TL-WA701ND.

2. Sambungkan ujung lain kabel Ethernet ke port LAN pada komputer atau laptop Anda.

3. Masuk ke Antarmuka Web TP-Link TL-WA701ND

Selanjutnya, kita perlu mengakses antarmuka web TP-Link TL-WA701ND untuk mengkonfigurasi perangkat sebagai repeater. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan komputer atau laptop Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi atau jaringan kabel yang diberikan oleh router utama Anda.
  • Buka peramban web seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Internet Explorer.
  • Di bilah alamat peramban, ketik alamat IP bawaan perangkat TP-Link TL-WA701ND. Alamat IP bawaan umumnya adalah 192.168.0.254. Tekan “Enter.”
  • Anda akan diminta untuk masuk. Masukkan kata sandi default perangkat, biasanya “admin” untuk kedua bidang nama pengguna dan kata sandi. Jika ini tidak berhasil, periksa panduan pengguna Anda untuk kata sandi yang benar.
  • Setelah berhasil masuk, Anda akan diarahkan ke antarmuka web TP-Link TL-WA701ND, di mana Anda dapat mengatur perangkat sebagai repeater.

4. Konfigurasi TP-Link TL-WA701ND Sebagai Repeater

Sekarang, mari kita mulai konfigurasi sebenarnya untuk mengatur TP-Link TL-WA701ND sebagai repeater.

1. Pilih Mode Repeater

Pertama-tama, kita perlu memilih mode operasi repeater. Berikut langkah-langkahnya:

Pergi ke bagian “Quick Setup” atau “Setup” di antarmuka web.

Pilih “Repeater” sebagai mode operasi perangkat.

2. Konfigurasi Jaringan Nirkabel

Setelah Anda memilih mode repeater, Anda perlu mengkonfigurasi jaringan nirkabel yang akan diperluas oleh repeater. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pada bagian “Wireless Settings,” Anda akan melihat daftar jaringan Wi-Fi yang tersedia. Pilih jaringan yang ingin Anda perluas dan klik tombol “Connect.”
  • Jika jaringan yang Anda pilih memiliki keamanan nirkabel, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi jaringan. Masukkan kata sandi yang benar.
  • Setelah Anda terhubung ke jaringan utama, Anda perlu mengkonfigurasi jaringan Wi-Fi repeater Anda. Pilih nama SSID (nama jaringan Wi-Fi) yang akan digunakan oleh repeater. Anda juga dapat memilih jenis keamanan nirkabel (seperti WPA/WPA2-Personal) dan mengatur kata sandi nirkabel untuk jaringan repeater Anda.
  • Setelah selesai, simpan pengaturan Anda.

3. Konfigurasi Alamat IP

Selanjutnya, Anda perlu mengatur alamat IP statis untuk TP-Link TL-WA701ND. Ini adalah langkah penting untuk menghindari konflik IP dengan router utama Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Di antarmuka web perangkat, pergi ke bagian “Network” atau “LAN.”
  • Ubah alamat IP perangkat ke alamat yang berbeda dari alamat IP router utama Anda. Misalnya, jika router utama Anda memiliki alamat IP 192.168.0.1, atur TP-Link TL-WA701ND ke 192.168.0.2. Pastikan subnet masknya sama dengan subnet mask router utama Anda.
  • Simpan pengaturan Anda.

4. Nonaktifkan DHCP

Anda juga perlu menonaktifkan layanan DHCP pada TP-Link TL-WA701ND. Ini penting untuk menghindari konflik IP dengan router utama Anda. Untuk melakukannya:

  • Di antarmuka web perangkat, pergi ke bagian “DHCP” atau “DHCP Settings.”
  • Matikan layanan DHCP dengan memilih opsi “Disable.”
  • Simpan perubahan Anda.

5. Hubungkan Kembali Perangkat

Setelah Anda menyelesaikan semua langkah konfigurasi, cabut kabel Ethernet yang menghubungkan TP-Link TL-WA701ND dengan komputer Anda. Sekarang, Anda siap untuk menghubungkan kembali perangkat ke jaringan Anda.

5. Uji Koneksi Repeater

Setelah Anda mengatur TP-Link TL-WA701ND sebagai repeater, langkah selanjutnya adalah menguji koneksi dan memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menguji koneksi:

  • Sambungkan perangkat nirkabel (misalnya, smartphone, laptop) ke jaringan Wi-Fi repeater yang telah Anda konfigurasi. Anda akan melihat nama SSID yang Anda tentukan sebelumnya.
  • Pastikan perangkat nirkabel dapat terhubung ke internet melalui repeater dengan lancar. Cobalah menjelajahi web atau membuka aplikasi untuk memastikan koneksi berjalan sesuai yang diharapkan.
  • Uji kecepatan koneksi nirkabel Anda dengan melakukan tes kecepatan, seperti Speedtest.net, untuk memastikan koneksi berjalan dengan baik.

Tips Tambahan dan Masalah Umum :

Sebagai tambahan kepada panduan ini, berikut beberapa tips tambahan dan pemecahan masalah yang mungkin Anda butuhkan:

Pastikan TP-Link TL-WA701ND dan router utama Anda berada di area yang memiliki jangkauan sinyal yang baik. Hindari gangguan seperti tembok tebal atau perangkat elektronik yang dapat menghalangi sinyal Wi-Fi.

Jika Anda mengalami masalah dengan koneksi nirkabel, periksa kembali pengaturan SSID dan kata sandi. Pastikan mereka benar dan sesuai dengan yang Anda konfigurasi sebelumnya.

Pastikan firmware perangkat TP-Link TL-WA701ND selalu diperbarui. Firmware terbaru biasanya mencakup perbaikan keamanan dan perbaikan kinerja.

Jika Anda mengalami masalah yang lebih kompleks atau jika Anda ingin melakukan penyesuaian lebih lanjut, periksa panduan pengguna resmi TP-Link atau hubungi dukungan pelanggan mereka.

Kesimpulan :

Mengubah TP-Link TL-WA701ND menjadi repeater adalah cara yang efektif untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kualitas jaringan Wi-Fi Anda. Dengan mengikuti panduan ini, Anda seharusnya dapat dengan mudah mengatur TP-Link TL-WA701ND sebagai repeater dan menghilangkan masalah jaringan Wi-Fi yang lemah. Pastikan untuk mengikuti setiap langkah dengan hati-hati dan memeriksa hasilnya untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik. Dengan melakukan ini, Anda akan memiliki jaringan Wi-Fi yang lebih kuat dan lebih luas di seluruh rumah atau kantor Anda, tanpa harus menghabiskan banyak uang untuk perangkat tambahan. Semoga panduan ini bermanfaat untuk Anda dalam meningkatkan pengalaman Wi-Fi Anda!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar