Cara Setting Access Point TP Link di Mikrotik

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Access Point (AP) adalah perangkat penting dalam jaringan nirkabel yang memungkinkan perangkat nirkabel terhubung ke jaringan kabel. Dalam panduan ini, kami akan membahas cara mengatur Access Point TP-Link TL-WR840N dengan menggunakan perangkat MikroTik sebagai router utama. Proses ini akan memungkinkan Anda memperluas jangkauan jaringan nirkabel Anda dan meningkatkan konektivitas di seluruh area Anda.

Penting: Sebelum kita mulai, pastikan Anda telah menyiapkan perangkat dan koneksi yang diperlukan:

Access Point TP-Link TL-WR840N: Pastikan Anda telah membeli perangkat Access Point ini dan memiliki semua komponen yang diperlukan.

Perangkat MikroTik: Anda memerlukan perangkat MikroTik yang telah diatur sebagai router utama dan terhubung ke internet.

Kabel LAN (Ethernet): Anda akan memerlukan kabel LAN untuk menghubungkan Access Point ke perangkat MikroTik.

Perangkat dengan Browser Web: Pastikan Anda memiliki perangkat seperti komputer atau laptop yang memiliki browser web, karena Anda akan mengakses antarmuka konfigurasi Access Point melalui browser.

Koneksi Internet yang Stabil: Pastikan sumber internet utama Anda berfungsi dengan baik. Ini dapat berupa modem DSL, kabel, atau koneksi internet lainnya.

Panduan Pengguna: Selalu ada panduan pengguna yang disertakan dengan perangkat TP-Link. Pastikan Anda memilikinya sebagai referensi.

Cara Setting Access Point TP-Link TL-WR840N Untuk Hotspot Mikrotik :

1. Persiapan

Sebelum kita masuk ke konfigurasi, ada beberapa langkah persiapan yang perlu Anda ikuti:

1. Matikan Semua Perangkat

Pastikan Anda telah mematikan semua perangkat yang akan Anda konfigurasi, termasuk Access Point TP-Link TL-WR840N dan perangkat MikroTik.

2. Sambungkan Access Point

Gunakan kabel LAN (Ethernet) untuk menghubungkan Access Point TP-Link TL-WR840N ke perangkat MikroTik. Sambungkan salah satu ujung kabel ke port LAN pada perangkat MikroTik dan ujung lainnya ke port LAN pada Access Point.

3. Nyalakan Perangkat

Nyalakan perangkat MikroTik terlebih dahulu dan biarkan selesai menginisialisasi. Kemudian, nyalakan Access Point TP-Link TL-WR840N.

4. Cek Koneksi

Pastikan kabel LAN terhubung dengan baik di kedua ujungnya. Koneksi fisik yang baik penting untuk memastikan perangkat berkomunikasi dengan benar.

2. Akses Antarmuka Konfigurasi Access Point

Sekarang, mari akses antarmuka konfigurasi Access Point TP-Link TL-WR840N melalui browser web. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Hubungkan Komputer ke Access Point

Hubungkan komputer atau laptop Anda ke Access Point TP-Link TL-WR840N menggunakan kabel LAN. Pastikan kabel terhubung ke port LAN di komputer Anda.

2. Nyalakan Access Point

Nyalakan Access Point TP-Link TL-WR840N.

3. Buka Browser Web

Buka browser web di komputer Anda, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge.

4. Masukkan Alamat IP

Di bilah alamat browser, masukkan alamat IP default dari Access Point TP-Link TL-WR840N. Alamat IP defaultnya biasanya adalah 192.168.0.1 atau 192.168.1.1. Tekan Enter.

5. Masuk ke Antarmuka Konfigurasi

Anda akan diminta untuk masuk. Masukkan nama pengguna (default adalah ‘admin’) dan kata sandi (default adalah ‘admin’). Pastikan untuk mengganti kata sandi bawaan ini setelah konfigurasi selesai untuk meningkatkan keamanan.

3. Konfigurasi Dasar Access Point

Setelah Anda berhasil masuk ke antarmuka konfigurasi Access Point, langkah berikutnya adalah mengatur konfigurasi dasar. Berikut panduannya:

1. Langkah Awal Wizard

Biasanya, Anda akan disambut dengan wizard konfigurasi yang akan membantu Anda mengatur Access Point dengan cepat. Ikuti petunjuknya.

2. Ubah Nama SSID

SSID adalah nama jaringan nirkabel Anda. Anda dapat menggantinya agar sesuai dengan preferensi Anda. Pastikan untuk memilih nama yang mudah diingat.

3. Pilih Mode Operasi

Pilih “Access Point” atau “Wireless Access Point” sebagai mode operasi. Ini akan mengubah perangkat menjadi Access Point.

4. Enkripsi Nirkabel

Pastikan untuk mengaktifkan enkripsi nirkabel (biasanya WPA2-PSK) dan atur kata sandi nirkabel yang kuat. Ini akan melindungi jaringan Anda dari akses yang tidak sah.

5. Klik “Simpan” atau “Apply”

Setelah Anda selesai mengatur konfigurasi dasar, klik tombol “Simpan” atau “Apply” untuk menyimpan perubahan Anda.

4. Konfigurasi MikroTik

Setelah mengatur Access Point, kita perlu mengonfigurasi perangkat MikroTik agar bisa bekerja dengan Access Point. Berikut langkah-langkahnya:

1. Akses Antarmuka MikroTik

Buka browser web dan masukkan alamat IP perangkat MikroTik Anda. Biasanya, alamat IP default untuk perangkat MikroTik adalah 192.168.88.1.

2. Masukkan Nama Pengguna dan Kata Sandi

Anda akan diminta untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke antarmuka MikroTik. Masukkan informasi yang sesuai.

3. Konfigurasi Interface

Di antarmuka MikroTik, pergi ke bagian “Interfaces.” Pastikan bahwa interface yang terhubung ke Access Point dan yang digunakan sebagai interface nirkabel telah dikonfigurasi dengan benar. Jika belum, tambahkan konfigurasi yang sesuai.

4. Atur DHCP Server

Pastikan bahwa Anda memiliki server DHCP yang berfungsi di MikroTik untuk memberikan alamat IP kepada perangkat yang terhubung ke jaringan nirkabel melalui Access Point.

5. Konfigurasi NAT

Jika Anda ingin mengizinkan perangkat nirkabel terhubung ke internet melalui Access Point, Anda perlu mengkonfigurasi NAT (Network Address Translation) di MikroTik untuk mengizinkan koneksi internet.

6. Firewall

Anda juga harus mengonfigurasi firewall di MikroTik untuk melindungi jaringan Anda dan mengizinkan lalu lintas yang sesuai.

5. Uji Coba Koneksi

Setelah semua konfigurasi selesai, saatnya menguji koneksi. Pastikan semua perangkat nirkabel Anda dapat terhubung ke Access Point dengan baik dan mengakses internet melalui perangkat MikroTik. Pastikan juga bahwa koneksi nirkabel Anda aman dengan menguji kata sandi nirkabel yang telah Anda atur.

6. Penyesuaian Lanjutan

Setelah Anda menguji koneksi, Anda dapat melakukan penyesuaian lanjutan sesuai kebutuhan Anda. Ini mungkin termasuk:

Pengaturan Keamanan Tambahan: Anda dapat mengaktifkan fitur keamanan tambahan seperti firewall di Access Point untuk melindungi jaringan Anda.

Pemantauan Jaringan: Gunakan fitur pemantauan jaringan di Access Point dan MikroTik untuk melihat perangkat yang terhubung dan memantau lalu lintas jaringan.

Kontrol Akses: Anda dapat mengatur kontrol akses berdasarkan alamat MAC perangkat nirkabel, sehingga hanya perangkat yang diizinkan yang dapat terhubung ke Access Point.

Update Firmware: Pastikan untuk selalu menjaga firmware Access Point dan MikroTik Anda tetap diperbarui untuk keamanan dan kinerja yang optimal.

Kesimpulan :

Mengatur Access Point TP-Link TL-WR840N dengan perangkat MikroTik adalah cara yang efektif untuk memperluas jaringan nirkabel Anda. Dengan mengikuti panduan ini, Anda seharusnya dapat dengan mudah mengatur Access Point dan mengintegrasikannya dengan router MikroTik Anda. Pastikan Anda selalu menjaga keamanan jaringan dengan mengatur kata sandi yang kuat dan menjaga firmware perangkat Anda tetap diperbarui. Dengan konfigurasi yang tepat, Anda dapat menikmati koneksi internet yang lebih cepat dan andal di seluruh area Anda.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar