Cara Membuat Game Dengan Kahoot (Gratis)

afyadm

 

https://www.gabuttech.com/

Kahoot adalah platform pendidikan interaktif yang populer yang memungkinkan guru, siswa, dan pembuat konten untuk membuat dan berpartisipasi dalam game kuis online yang mendidik dan menyenangkan. Dengan Kahoot, Anda dapat membuat game kuis yang dapat digunakan untuk pembelajaran, pelatihan, atau bahkan hanya untuk bersenang-senang. Dalam panduan ini, kami akan membahas langkah-langkah lengkap tentang cara membuat game dengan Kahoot.

Apa itu Kahoot?

Kahoot adalah platform pendidikan yang didirikan pada tahun 2012 oleh Johan Brand, Jamie Brooker, dan Morten Versvik. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat, berbagi, dan berpartisipasi dalam game kuis interaktif yang disebut “Kahoots.” Game-game ini dapat digunakan dalam berbagai konteks, mulai dari pembelajaran formal di sekolah hingga pelatihan di tempat kerja, dan bahkan hanya untuk bersenang-senang dalam pertemuan atau acara sosial.

Kahoot memiliki banyak fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat game yang disesuaikan sepenuhnya dengan tujuan mereka. Anda dapat menambahkan pertanyaan pilihan ganda, mengatur waktu untuk setiap pertanyaan, dan menambahkan elemen visual seperti gambar atau video. Lebih dari itu, Kahoot memiliki pangkalan data pertanyaan yang luas yang dapat membantu Anda membuat kuis dengan cepat.

Cara Membuat Game Pertanyaan Dengan Kahoot (Gratis) :

1. Membuat Akun Kahoot

Langkah pertama untuk membuat game dengan Kahoot adalah membuat akun. Anda dapat melakukannya dengan mengunjungi situs web Kahoot di https://kahoot.com dan mengklik tombol “Sign Up.” Anda akan diminta untuk membuat nama pengguna dan kata sandi serta memberikan alamat email.

Setelah mendaftar, Anda dapat masuk ke akun Kahoot Anda.

2. Membuat Game Baru

Setelah Anda masuk ke akun Kahoot Anda, Anda akan melihat tombol “Create” di pojok kanan atas layar. Klik tombol ini untuk membuat game kuis baru.

3. Memilih Tipe Kuis

Kahoot menawarkan beberapa tipe kuis yang berbeda yang dapat Anda pilih, termasuk:

  • Classic Quiz: Tipe kuis pilihan ganda yang umum. Ini biasanya digunakan untuk tes atau kuis pengetahuan.
  • True or False: Tipe kuis yang hanya memiliki dua opsi jawaban: benar atau salah.
  • Multiple Correct Answers: Tipe kuis yang memungkinkan lebih dari satu jawaban benar.
  • Poll: Tipe kuis yang digunakan untuk mendapatkan umpan balik atau opini dari peserta. Tidak ada jawaban yang benar atau salah dalam tipe ini.
  • Word Cloud: Tipe kuis yang memungkinkan peserta memberikan kata-kata atau frasa yang paling mereka kaitkan dengan pertanyaan.
  • Pilih tipe kuis yang sesuai dengan tujuan Anda.

4. Menambahkan Pertanyaan

Setelah Anda memilih tipe kuis, Anda akan diminta untuk menambahkan pertanyaan. Anda dapat menambahkan pertanyaan dengan mengklik tombol “Add question.” Untuk setiap pertanyaan, Anda dapat mengisi teks pertanyaan, opsi jawaban, dan memilih jawaban yang benar jika Anda membuat kuis dengan pilihan ganda.

5. Mengatur Waktu

Anda dapat mengatur waktu untuk setiap pertanyaan dengan mengklik tombol “Timer” di bawah pertanyaan. Ini akan memberikan batasan waktu bagi peserta untuk menjawab pertanyaan. Ini adalah fitur opsional yang bisa Anda atur sesuai kebutuhan.

6. Menambahkan Media

Kahoot memungkinkan Anda untuk menambahkan elemen media seperti gambar atau video ke pertanyaan Anda. Ini bisa membuat game Anda lebih menarik dan interaktif. Anda dapat mengunggah file media Anda atau mencari gambar langsung dari pencarian gambar Kahoot.

7. Menyelaraskan Elemen Visual

Anda juga dapat menyesuaikan elemen visual seperti warna latar belakang dan font untuk membuat game Anda sesuai dengan gaya Anda. Anda dapat mengakses opsi ini dengan mengklik tombol “Design” di bagian atas layar.

8. Menyusun Pertanyaan

Setelah Anda menambahkan semua pertanyaan, Anda dapat menyusun urutan pertanyaan dengan menggesernya ke atas atau ke bawah. Ini memungkinkan Anda mengatur aliran game kuis Anda.

9. Menyimpan dan Mempublikasikan Kuis

Ketika Anda selesai membuat kuis, Anda dapat menyimpannya dengan mengklik tombol “Save” di pojok kanan atas. Setelah disimpan, Anda memiliki beberapa opsi untuk mempublikasikan kuis Anda:

  • Host Live Game: Anda dapat mengatur game kuis live yang bisa diikuti oleh peserta secara real-time. Anda dapat berbagi tautan atau kode game dengan peserta dan memainkan kuis bersama mereka.
  • Assign as Homework: Anda dapat menugaskan kuis sebagai tugas atau pekerjaan rumah yang dapat diakses oleh peserta pada waktu yang mereka pilih.
  • Share with a Link: Anda dapat membuat tautan yang dapat Anda bagikan kepada peserta sehingga mereka dapat mengakses kuis kapan saja.
  • Share to Google Classroom: Jika Anda seorang pendidik, Anda dapat membagikan kuis langsung ke Google Classroom Anda.
  • Download as PDF: Anda dapat mengunduh kuis sebagai file PDF untuk cetak atau penggunaan offline.

10. Bermain dan Berpartisipasi

Setelah Anda mempublikasikan kuis Anda, peserta dapat mengaksesnya sesuai dengan instruksi yang Anda berikan. Mereka dapat mengikuti kuis secara langsung atau mengerjakannya sebagai pekerjaan rumah. Anda, sebagai pembuat kuis, dapat memonitor hasil kuis dan melihat seberapa baik peserta menjawab pertanyaan.

Kesimpulan :

Kahoot adalah alat yang sangat berguna dan bermanfaat untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat game kuis yang sesuai dengan tujuan Anda, baik itu untuk pembelajaran, pelatihan, atau hiburan. Ingatlah untuk selalu memikirkan audiens Anda dan menyusun pertanyaan yang relevan dan menarik. Selamat mencoba membuat game dengan Kahoot!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar