Cara Membuat Game Menjadi Windowed Mode (Tutorial Lengkap + Gambar)

afyadm

 

https://www.gabuttech.com/
Mode jendela (windowed mode) adalah salah satu opsi yang umumnya tersedia dalam game PC. Ini memungkinkan pemain untuk menjalankan game dalam jendela yang dapat diubah ukurannya, daripada mode layar penuh. Mode jendela berguna karena memungkinkan pemain untuk melakukan multitugas dan mengakses aplikasi lain dengan lebih mudah saat bermain game. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan cara mengubah game menjadi mode jendela, baik sebagai pemain maupun pengembang. Kami juga akan membahas alat-alat yang digunakan untuk tujuan ini.

Cara Mengubah Game Menjadi Windowed Mode (Tutorial Lengkap + Gambar) :
1. Mengapa Mode Jendela Penting

Sebelum kita masuk ke detail teknis, mari kita pahami mengapa mode jendela penting dalam bermain game:

1. Multitugas

Mode jendela memungkinkan pemain untuk melakukan lebih dari sekadar bermain game. Anda dapat membuka aplikasi lain, menjawab pesan, atau memeriksa hal-hal lain di latar belakang tanpa harus keluar dari permainan.

2. Kemudahan Akses

Dalam mode jendela, akses ke fungsi-fungsi sistem seperti menutup permainan atau mengubah pengaturan permainan menjadi lebih mudah. Anda tidak perlu menavigasi jauh-jauh dari layar penuh.

3. Kinerja

Untuk beberapa pemain, mode jendela dapat membantu dalam mengoptimalkan kinerja permainan. Beberapa game berjalan lebih lancar dalam mode jendela daripada dalam mode layar penuh.

4. Pengalaman Game yang Lebih Fleksibel

Mode jendela memungkinkan pemain untuk menyesuaikan ukuran permainan sesuai dengan preferensi mereka. Ini membantu dalam menciptakan pengalaman game yang lebih fleksibel.

2. Memainkan Game dalam Mode Jendela

Sebelum kita membahas cara mengubah game menjadi mode jendela, mari kita lihat bagaimana cara memainkan game dalam mode jendela. Banyak game modern memungkinkan pemain untuk beralih antara mode jendela dan mode layar penuh. Cara melakukannya dapat bervariasi, tetapi di sini adalah langkah-langkah umum:

1. Cek Pengaturan Game

Sebelum memulai permainan, periksa pengaturan game untuk melihat apakah ada opsi “Windowed Mode” atau “Mode Jendela”. Opsi ini mungkin ada di bagian pengaturan grafis atau tampilan.

2. Aktifkan Mode Jendela

Jika opsi “Windowed Mode” tersedia, aktifkan opsi ini. Anda juga dapat menentukan resolusi jendela yang diinginkan.

3. Mulai Permainan

Mulai permainan dan periksa apakah permainan berjalan dalam mode jendela. Jika permainan tidak berjalan dalam mode jendela, Anda mungkin perlu keluar dari permainan dan mencoba lagi setelah mengaktifkan opsi mode jendela.

.4. Alt + Enter

Beberapa game memungkinkan pemain untuk beralih antara mode jendela dan mode layar penuh dengan menekan tombol “Alt + Enter.” Cobalah ini jika permainan tidak dimulai dalam mode jendela.

5. Pengaturan Layar

Untuk beberapa permainan, Anda mungkin perlu memeriksa pengaturan layar di sistem operasi Anda. Di Windows, Anda dapat melakukan ini dengan mengklik kanan pada ikon permainan di bilah tugas, lalu memilih “Move” dan menekan salah satu tombol panah. Kemudian Anda dapat menggunakan mouse untuk menyesuaikan ukuran jendela permainan.

3. Mengubah Game Menjadi Mode Jendela

Jika Anda seorang pengembang game atau ingin mengubah game yang tidak memiliki opsi mode jendela, Anda perlu melakukan beberapa langkah teknis untuk mencapai hal ini. Mari kita lihat bagaimana cara mengubah game menjadi mode jendela.
  • Alat Pengembangan Game
Anda akan memerlukan akses ke alat pengembangan game yang sesuai untuk mengubah game menjadi mode jendela. Ini bisa berupa perangkat lunak seperti Unity, Unreal Engine, Godot, atau alat-alat pengembangan game lainnya yang mendukung mode jendela.
  • Skriping atau Pengaturan Grafis
Cara mengubah game menjadi mode jendela tergantung pada perangkat lunak pengembangan yang Anda gunakan. Berikut adalah beberapa metode umum:

1. Unity
Dalam Unity, Anda dapat mengubah game menjadi mode jendela dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka proyek Unity Anda.
  2. Pergi ke “File” > “Build Settings.”
  3. Pilih platform yang Anda targetkan (misalnya, Windows).
  4. Di bagian “Resolution and Presentation,” pilih “Windowed” sebagai mode tampilan.
Anda juga dapat menentukan resolusi jendela yang diinginkan.

2. Unreal Engine

Dalam Unreal Engine, Anda dapat mengubah game menjadi mode jendela dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka proyek Unreal Engine Anda.
  2. Pergi ke “Edit” > “Project Settings.”
  3. Di bagian “Platforms,” pilih “Windows.”
  4. Di bagian “Default Settings,” pilih “Windowed” sebagai mode tampilan.
3. Godot

Dalam Godot, Anda dapat mengubah game menjadi mode jendela dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka proyek Godot Anda.
  2. Pergi ke “Project” > “Project Settings.”
  3. Di bagian “Display,” pilih “Window” sebagai mode tampilan.
  4. Anda dapat menentukan resolusi jendela yang diinginkan.
3. Skriping

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu menulis skrip tambahan untuk mengontrol mode tampilan permainan. Ini bergantung pada perangkat lunak pengembangan yang Anda gunakan. Misalnya, dalam Unity, Anda dapat menggunakan skrip C# untuk mengontrol mode tampilan permainan.

4. Menyimpan dan Mengompilasi

Setelah Anda melakukan semua pengaturan yang diperlukan untuk mengubah game menjadi mode jendela, pastikan untuk menyimpan perubahan tersebut. Selanjutnya, Anda perlu mengompilasi permainan Anda dengan pengaturan yang baru. Dalam Unity, Anda dapat melakukan ini dengan memilih “Build” atau “Build and Run.” Dalam Unreal Engine, Anda perlu melakukan “Build” atau “Package” proyek. Godot juga memiliki opsi “Export” untuk mengompilasi permainan.

5. Ujicoba Game

Setelah Anda mengompilasi permainan, ujilah untuk memastikan bahwa permainan sekarang berjalan dalam mode jendela. Periksa apakah pengaturan yang Anda konfigurasi telah diimplementasikan dengan benar. Jika ada masalah, Anda perlu merinci masalahnya dan mencari solusi dengan mengacu ke dokumentasi perangkat lunak pengembangan yang Anda gunakan.

4. Tips dan Trik

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda dalam mengubah game menjadi mode jendela:
  1. Resolusi Jendela: Pertimbangkan untuk memungkinkan pemain untuk memilih resolusi jendela yang berbeda. Ini memberikan fleksibilitas kepada pemain.
  2. Tombol Alt + Enter: Saat mengembangkan game, pastikan bahwa pemain dapat beralih antara mode jendela dan mode layar penuh dengan menekan tombol “Alt + Enter.”
  3. Pengoptimalan Kinerja: Perhatikan kinerja game Anda dalam mode jendela. Beberapa game mungkin memerlukan pengoptimalan khusus untuk mode jendela.
  4. Kustomisasi Tampilan: Berikan pemain pilihan untuk menyesuaikan tampilan jendela, seperti ukuran dan kedalaman warna.

Kesimpulan :

Mode jendela adalah fitur yang berguna dalam game PC karena memberikan fleksibilitas kepada pemain. Untuk pemain, mengaktifkan mode jendela dapat bervariasi tergantung pada game yang dimainkan. Namun, untuk pengembang game, mengubah game menjadi mode jendela melibatkan konfigurasi dan pengoptimalan yang diperlukan.

Semoga panduan ini membantu Anda baik sebagai pemain maupun pengembang dalam menghadapi mode jendela dalam game PC. Ingatlah bahwa pengaturan dapat bervariasi tergantung pada perangkat lunak pengembangan yang digunakan, jadi pastikan untuk merujuk ke dokumentasi resmi untuk petunjuk yang lebih spesifik. Selamat bermain atau mengembangkan game dalam mode jendela!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar