Cara Membuat Game Menangkap Buah di Scratch (Tutorial Lengkap + Gambar)

Posted on

 

https://www.gabuttech.com/

Cara Membuat Game Menangkap Buah Apel di Scratch (Tutorial Lengkap + Gambar) :

Scratch adalah platform pemrograman visual yang sangat cocok untuk pembelajaran pemrograman, terutama untuk anak-anak dan pemula. Dengan Scratch, Anda dapat dengan mudah membuat berbagai jenis permainan, termasuk game menangkap buah yang sederhana. Dalam panduan ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah lengkap dalam membuat game menangkap buah menggunakan Scratch. Mari kita mulai!

1. Pengenalan ke Scratch

1. Apa itu Scratch?

Scratch adalah bahasa pemrograman visual yang dibuat oleh MIT (Massachusetts Institute of Technology) untuk memungkinkan anak-anak dan pemula belajar pemrograman dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Dalam Scratch, Anda membuat program dengan menggabungkan blok-blok pemrograman visual untuk membuat permainan, animasi, cerita interaktif, dan banyak lagi.

2. Mengapa Membuat Game Menangkap Buah?

Membuat game menangkap buah adalah proyek yang sempurna untuk mempelajari konsep dasar pemrograman dan pengembangan game. Dalam proyek ini, Anda akan belajar tentang pergerakan karakter, deteksi tabrakan, penanganan skor, dan banyak konsep penting lainnya dalam pengembangan game.

3. Persiapan Perangkat Lunak

Sebelum kita mulai, pastikan Anda telah menginstal Scratch di komputer Anda. Anda dapat mengakses Scratch di situs web resmi Scratch (https://scratch.mit.edu) dan menggunakan versi webnya atau mengunduh aplikasi desktop Scratch 3.0. Pastikan Anda memiliki akun Scratch agar dapat menyimpan dan berbagi proyek Anda.

2. Merancang Permainan

Sebelum kita mulai mengkode permainan menangkap buah, mari kita merancang permainan ini terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah untuk merancang permainan:

1. Ide Permainan

Mulailah dengan mengembangkan ide untuk permainan Anda. Dalam permainan menangkap buah, pemain biasanya mengendalikan karakter yang dapat bergerak kiri-kanan untuk menangkap buah yang jatuh dari atas layar. Buah-buahan ini akan memberikan skor kepada pemain.

2. Desain Karakter

Pertimbangkan desain karakter yang akan digunakan dalam permainan. Karakter ini mungkin berupa keranjang atau wadah yang dapat bergerak kiri-kanan untuk menangkap buah. Anda dapat membuat karakter ini dengan menggunakan alat gambar Scratch atau mengimpor gambar karakter dari sumber lain.

3. Buah-buahan

Buat daftar buah-buahan yang akan jatuh dari atas layar. Anda dapat menggunakan gambar-gambar buah yang sudah tersedia di Scratch atau membuat gambar sendiri. Pastikan untuk memiliki beberapa variasi buah yang berbeda untuk menambah variasi dalam permainan.

4. Skor dan Tujuan

Tentukan bagaimana skor akan dihitung dalam permainan Anda. Mungkin setiap buah yang berhasil ditangkap akan memberikan poin kepada pemain. Tentukan juga tujuan permainan, misalnya, mencapai skor tertentu untuk memenangkan permainan.

3. Memulai Membuat Game

Sekarang, mari kita mulai membuat game menangkap buah menggunakan Scratch. Kami akan membahas langkah-langkah untuk membuat karakter pemain, buah-buahan, serta logika permainan.

1. Membuat Karakter Pemain

Langkah pertama adalah membuat karakter pemain, yaitu keranjang atau wadah yang dapat digerakkan oleh pemain. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Scratch dan buat proyek baru.
  2. Pada bagian “Characters” di sebelah kanan, klik “Choose a Sprite from Library” untuk memilih karakter pemain. Anda dapat mencari karakter yang sesuai dengan desain yang telah Anda rencanakan.
  3. Pilih karakter yang Anda inginkan dan klik “OK” untuk menambahkannya ke proyek Anda.

2. Mengatur Pergerakan Karakter

Karakter pemain perlu dapat bergerak kiri-kanan untuk menangkap buah-buahan yang jatuh. Untuk mengatur pergerakan karakter, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Klik dua kali pada karakter pemain untuk membuka blok kode karakter.
  2. Pergi ke tab “Code” di bagian atas Scratch.
  3. Buat blok kode berikut untuk menggerakkan karakter pemain menggunakan blok “when green flag clicked”:

scratch

when green flag clicked

go to [start position v]

Anda perlu menyesuaikan “start position” dengan posisi awal karakter pemain di layar.

Selanjutnya, tambahkan blok kode berikut untuk mengizinkan pemain menggerakkan karakter ke kiri dan kanan dengan menggunakan tombol panah:

scratch :

when green flag clicked

forever

if <key [left arrow v] pressed?> then

  change x by (-10)

end

if <key [right arrow v] pressed?> then

  change x by (

end

markdown :

Blok kode di atas akan menggerakkan karakter pemain ke kiri atau kanan ketika pemain menekan tombol panah sesuai arah yang diinginkan.


### 3.3. Menambahkan Buah-buahan


Selanjutnya, mari tambahkan buah-buahan yang akan jatuh dari atas layar. Buat karakter baru untuk mewakili buah-buahan ini, atau Anda dapat menggunakan karakter-karakter yang sudah ada di Scratch.


1. Pilih karakter yang akan digunakan sebagai buah-buahan.

2. Atur posisi awal karakter ini di atas layar. Anda dapat mengubahnya dengan menarik karakter ke posisi yang diinginkan.


### 3.4. Mengatur Pergerakan Buah-buahan


Untuk membuat buah-buahan jatuh dari atas layar, Anda perlu mengatur pergerakan mereka. Ikuti langkah-langkah berikut:


1. Klik dua kali pada karakter buah-buahan untuk membuka blok kode karakter.

2. Pergi ke tab “Code” di bagian atas Scratch.

3. Buat blok kode berikut untuk membuat buah-buahan jatuh dari atas layar:


“`scratch

when green flag clicked

glide [time v] secs to x: [x position v] y: [y position v]

Anda perlu menyesuaikan “time” dengan kecepatan jatuh buah-buahan dan “x position” dengan posisi horizontal awal buah-buahan.

Setelah buah-buahan mencapai bawah layar, Anda dapat menghapusnya atau memindahkan kembali ke atas untuk membuatnya jatuh lagi.

5. Deteksi Tabrakan

Salah satu aspek penting dalam permainan menangkap buah adalah deteksi tabrakan antara karakter pemain dan buah-buahan. Ketika karakter pemain menangkap buah, pemain mendapatkan skor. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini:

  • Klik dua kali pada karakter pemain untuk membuka blok kode karakter.
  • Pergi ke tab “Code” di bagian atas Scratch.

Buat blok kode berikut untuk mendeteksi tabrakan antara karakter pemain dan buah-buahan:

scratch :

when green flag clicked

forever

if <touching [buah v]?> then

  change [score v] by (1)

  // Ganti “buah” dengan nama karakter buah-buahan Anda

end

Blok kode di atas akan menambahkan 1 poin ke skor pemain setiap kali karakter pemain menyentuh buah-buahan.

6. Mengatur Skor

Terakhir, Anda perlu menampilkan skor pemain di layar. Untuk melakukan itu, ikuti langkah-langkah berikut:

Tambahkan blok kode berikut untuk menampilkan skor pada karakter pemain:

scratch :

when green flag clicked

go to x: [x position v] y: [y position v]

say [score: ] for (2) seconds

Anda dapat menyesuaikan “x position” dan “y position” untuk menentukan di mana skor akan ditampilkan di layar.

4. Menambahkan Fitur Tambahan

Selain elemen-elemen dasar di atas, Anda dapat menambahkan fitur tambahan untuk membuat game Anda lebih menarik. Beberapa ide termasuk:

Waktu Terbatas: Batasi waktu permainan dan tampilkan waktu yang tersisa.

Buah Khusus: Tambahkan buah khusus yang memberikan poin ekstra atau efek khusus.

Level Berbeda: Buat beberapa level dengan tingkat kesulitan yang berbeda.

Suara dan Musik: Tambahkan efek suara dan musik untuk meningkatkan pengalaman permainan.

Animasi: Tambahkan animasi saat pemain menangkap buah.

5. Ujicoba dan Debugging

Setelah Anda selesai membuat permainan, selalu lakukan ujicoba untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik. Mainkan permainan dan pastikan karakter pemain dapat bergerak, buah-buahan jatuh, deteksi tabrakan bekerja, dan skor dihitung dengan benar.

Jika Anda menemukan masalah atau kesalahan dalam permainan, Anda perlu memecahkan masalah ini dengan menggunakan blok kode Scratch. Debugging adalah bagian penting dalam pengembangan permainan, dan dengan sedikit kesabaran, Anda dapat mengatasi hambatan-hambatan yang muncul.

6. Menyimpan dan Berbagi Permainan

Setelah Anda selesai dengan permainan, pastikan untuk menyimpannya di akun Scratch Anda. Anda dapat memberikan judul dan deskripsi kepada proyek Anda. Jika Anda ingin berbagi permainan dengan orang lain, Anda dapat membuatnya menjadi proyek publik yang dapat diakses oleh semua orang di komunitas Scratch.

Kesimpulan :

Membuat game menangkap buah di Scratch adalah cara yang menyenangkan untuk mempelajari pemrograman dan pengembangan game. Scratch menyediakan alat pemrograman visual yang mudah digunakan dan cocok untuk pemula.

Dalam proyek ini, Anda telah belajar tentang pembuatan karakter pemain, buah-buahan, pergerakan, deteksi tabrakan, dan perhitungan skor. Anda juga dapat menambahkan fitur tambahan sesuai dengan imajinasi Anda.

Selamat bersenang-senang dalam proses pembelajaran dan pembuatan game Anda! Jangan ragu untuk berbagi permainan Anda dengan teman-teman atau komunitas Scratch untuk mendapatkan umpan balik dan inspirasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *