Cara Membuat Game Menggunakan Scratch 3 di PC, Laptop dan Hp

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Scratch 3 adalah platform pemrograman visual yang memungkinkan Anda membuat game dan aplikasi interaktif tanpa perlu pengetahuan pemrograman yang mendalam. Dengan antarmuka yang ramah pengguna dan berbagai fitur yang kuat, Scratch 3 merupakan alat yang sempurna untuk mengenal dunia pemrograman dan desain game. Dalam panduan ini, kami akan membahas langkah-demi-langkah tentang cara membuat game menggunakan Scratch 3.

Cara Membuat Game Menggunakan Scratch 3 :

1. Persiapan

Sebelum memulai petualangan dalam menciptakan game dengan Scratch 3, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan:

1. Akses ke Scratch 3

Pastikan Anda memiliki akses ke Scratch 3. Anda dapat mengaksesnya melalui peramban web dengan mengunjungi Scratch 3.0 Online Editor. Anda juga dapat mengunduh Scratch 3 Offline Editor jika Anda lebih suka bekerja tanpa koneksi internet.

2. Mempelajari Konsep Dasar

Sebelum memulai, luangkan waktu untuk memahami konsep dasar Scratch, seperti blok perintah, karakter (sprite), latar belakang (backdrop), dan kumpulan data (variable).

3. Ide Game

Sebelum Anda mulai, pikirkan tentang jenis game yang ingin Anda buat. Pertimbangkan mekanik permainan, tujuan, dan karakter. Dengan memiliki ide yang jelas, Anda akan lebih mudah dalam membuat game.

2. Membuat Proyek Game

Langkah pertama adalah membuat proyek game Anda di Scratch 3. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Scratch 3 dan klik “Create” (Buat) untuk membuat proyek baru.

2. Anda akan melihat latar belakang putih yang merupakan “stage” permainan. Di sebelah kiri, Anda akan melihat beberapa karakter (sprite) bawaan yang dapat digunakan. Anda juga dapat membuat karakter kustom jika Anda mau.

3. Pada stage, Anda dapat mengganti latar belakang dengan mengklik ikon latar belakang di pojok kanan atas. Anda juga dapat mengimpor gambar latar belakang sesuai kebutuhan game Anda.

4. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan karakter ke game Anda dengan mengeklik sprite yang ada dan menyeretnya ke stage.

3. Membangun Mekanik Permainan

Setelah Anda memiliki karakter dan latar belakang, saatnya untuk membangun mekanik permainan. Ini termasuk perintah-perintah yang akan mengatur perilaku karakter dan interaksi dalam game Anda.

1. Membuat Blok Perintah

Scratch 3 menggunakan blok perintah yang dapat digabungkan untuk mengatur logika game. Anda bisa menambahkan blok perintah dengan mengeklik kategori blok di sebelah kiri, lalu menyeret blok yang sesuai ke “script area.”

2. Mengatur Gerakan Karakter

Anda dapat menggunakan blok perintah “go to x: () y: ()” untuk mengatur posisi awal karakter pada stage. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan blok perintah “when green flag clicked” untuk memulai permainan saat tombol hijau diklik. Untuk menggerakkan karakter, Anda bisa menggunakan blok “move () steps.”

3. Interaksi dengan Karakter

Anda dapat menambahkan interaksi dengan karakter dengan mengatur respons saat karakter diklik. Misalnya, jika Anda ingin karakter bereaksi saat diklik, tambahkan blok “when this sprite clicked.”

4. Menambahkan Suara

Anda dapat menambahkan suara dalam game Anda dengan menggunakan blok “play sound () until done” atau “play sound ()”. Anda juga bisa mengimpor file suara Anda sendiri.

5. Mengatur Skor

Jika permainan Anda memiliki elemen skor, Anda bisa membuat variabel untuk melacak skor. Gunakan blok “set () to ()” untuk mengatur variabel dan “change () by ()” untuk mengubah nilai variabel.

4. Membuat Tujuan Permainan

Setiap game harus memiliki tujuan yang jelas untuk pemain. Ini mungkin mencakup mengalahkan musuh, mencapai tujuan tertentu, mengumpulkan objek, atau mencapai skor tertentu.

1. Menambahkan Objek

Jika permainan Anda melibatkan objek yang harus dikumpulkan, Anda bisa menambahkan objek-objek ini sebagai sprite. Kemudian, Anda bisa menambahkan blok perintah untuk mengatur penempatan objek di stage.

2. Mengatur Tujuan

Gunakan blok perintah “broadcast ()” untuk mengirim pesan tentang tujuan kepada pemain. Pemain dapat menerima pesan ini dengan menggunakan blok perintah “when I receive ()” untuk menunjukkan bahwa tujuan telah dicapai.

5. Mengekspor dan Memainkan Game

Setelah Anda selesai membuat game, Anda dapat membagikannya dengan orang lain atau memainkannya sendiri.

1. Mengekspor Proyek

Anda dapat mengunggah proyek game Anda ke situs Scratch dan berbagi tautan dengan orang lain. Anda juga dapat mengunduh proyek sebagai file .sb3 jika ingin memainkannya secara offline.

2. Bermain

Anda dan orang lain dapat memainkan game yang Anda buat dengan mengeklik tombol hijau “flag” di pojok kanan atas stage. Pastikan game berfungsi dengan baik dan tujuan permainan tercapai.

6. Meningkatkan Game Anda

Setelah Anda selesai membuat game pertama Anda, Anda dapat terus mengembangkan dan meningkatkannya. Berikut beberapa ide untuk meningkatkan game Anda:

  1. Tambahkan Level: Buat level tambahan dengan tingkat kesulitan yang berbeda.
  2. Desain Karakter Baru: Buat karakter tambahan atau desain karakter Anda dengan lebih rinci.
  3. Tambahkan Musik dan Suara: Tambahkan musik latar dan suara efek.
  4. Kustomisasi UI: Buat tampilan antarmuka (UI) yang lebih menarik dan informatif.
  5. Perbaiki Bug: Jika ada masalah atau bug dalam game, perbaikilah.
  6. Tantangan Tambahan: Tambahkan tantangan atau hambatan baru dalam game.

Kesimpulan :

Membuat game dengan Scratch 3 adalah cara yang menyenangkan dan edukatif untuk mempelajari dasar-dasar pemrograman dan desain game. Dengan langkah-langkah dalam panduan ini, Anda dapat membuat game sederhana yang dapat dimainkan oleh orang lain. Teruslah berlatih dan eksperimen dengan konsep-konsep baru untuk mengembangkan kemampuan Anda dalam pengembangan game. Selamat mencoba, dan semoga Anda menciptakan game yang luar biasa!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar