Cara Menginstal NumPy di PyCharm CMD (Command Prompt)

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Cara Menginstal NumPy di PyCharm Terminal 

NumPy adalah salah satu perpustakaan Python yang sangat populer untuk komputasi ilmiah dan analisis data. Ini menyediakan struktur data yang efisien untuk bekerja dengan array dan matriks, serta berbagai fungsi matematika yang kuat. Untuk menggunakannya, Anda perlu menginstal NumPy di lingkungan Python Anda. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah rinci tentang cara menginstal NumPy menggunakan terminal (CMD) di PyCharm.

1. Persiapan Awal

Memasang Python

Sebelum Anda dapat menginstal NumPy, pastikan Python sudah terinstal di komputer Anda. Anda dapat mengunduh versi Python terbaru dari situs web resmi Python di python.org dan mengikuti petunjuk instalasi yang diberikan.

Menginstal PyCharm

PyCharm adalah salah satu lingkungan pengembangan terbaik untuk Python dan sangat direkomendasikan untuk pengembangan Python yang serius. Anda dapat mengunduh versi Community (gratis) atau Professional (berbayar) dari situs web JetBrains dan menginstalnya sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Membuka Terminal (CMD) PyCharm

Setelah Anda menginstal PyCharm, Anda dapat membuka terminal (CMD) di dalamnya dengan langkah-langkah berikut:

1. Buka PyCharm.

2. Buka proyek yang ingin Anda gunakan.

3. Di menu atas, pilih “View” dan kemudian “Tool Windows,” lalu pilih “Terminal.”

4. Buka Terminal PyCharm

5. Setelah terminal terbuka, Anda siap untuk menginstal NumPy.

2. Cara Menginstal NumPy Menggunakan pip

Memeriksa Versi Python

Sebelum Anda menginstal NumPy, penting untuk memeriksa versi Python yang sedang aktif di terminal PyCharm Anda. Anda dapat melakukannya dengan menjalankan perintah berikut di terminal:

bash
python --version

Pastikan versi Python yang ditampilkan adalah versi yang Anda harapkan. NumPy kompatibel dengan Python 3. Jika Anda menggunakan Python 2, disarankan untuk beralih ke Python 3.

Menggunakan pip Untuk Menginstal NumPy

Untuk menginstal NumPy, Anda akan menggunakan pip, manajer paket Python yang umum. Ikuti langkah-langkah ini:

1. Di terminal PyCharm, pastikan Anda berada dalam lingkungan Python yang sesuai. Jika Anda tidak tahu lingkungan yang Anda gunakan, Anda dapat memeriksanya dengan menjalankan perintah:

bash
which python

Perintah ini akan menunjukkan jalur ke interpreter Python yang sedang aktif.

2. Setelah memastikan Anda berada dalam lingkungan yang tepat, Anda dapat menginstal NumPy dengan perintah berikut:

bash
pip install numpy

3. pip akan mulai mengunduh dan menginstal NumPy serta dependensinya. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

Menguji Instalasi NumPy

Untuk memeriksa apakah NumPy telah terinstal dengan sukses, Anda dapat menjalankan Python dalam mode interaktif di terminal PyCharm dengan perintah:

bash
python

Setelah Python terbuka, coba import NumPy dengan perintah berikut:

python
import numpy as np

Jika Anda tidak melihat pesan kesalahan, itu berarti NumPy telah terinstal dengan sukses. Anda sekarang dapat menggunakan NumPy dalam proyek Python Anda.

3. Alternatif: Menggunakan Anaconda

Jika Anda adalah pengguna Anaconda, Anda dapat menginstal NumPy dengan menggunakan conda, manajer paket yang sudah terpasang bersama Anaconda. Anda dapat menjalankan perintah berikut di terminal (CMD) untuk menginstal NumPy dengan conda:

bash
conda install numpy

Ini akan mengunduh dan menginstal NumPy beserta dependensinya ke dalam lingkungan Anaconda Anda. Jika Anda telah memilih Anaconda sebagai lingkungan pengembangan Anda, ini adalah cara yang disarankan untuk mengelola paket Python Anda.

4. Menggunakan NumPy dalam Proyek PyCharm

Setelah Anda berhasil menginstal NumPy, Anda dapat mulai menggunakannya dalam proyek PyCharm Anda. Anda harus mengimpor NumPy ke dalam kode Python Anda sebelum menggunakannya. Berikut contoh penggunaan NumPy untuk membuat dan melakukan operasi pada array:

Simpan kode di atas dalam file Python di dalam proyek PyCharm Anda, kemudian jalankan untuk melihat hasilnya.

Kesimpulan :

Dalam panduan ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah rinci tentang cara menginstal NumPy di PyCharm menggunakan terminal (CMD). NumPy adalah perpustakaan yang sangat penting untuk komputasi ilmiah dan analisis data dalam Python. Dengan mengikuti panduan ini, Anda sekarang dapat dengan mudah menginstal dan menggunakannya dalam proyek Python Anda di PyCharm. Selamat mengembangkan!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar