Cara Menjalankan Jupyter Notebook di CMD

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Saya akan membuat artikel tentang cara menjalankan Jupyter Notebook di Command Prompt (CMD). Namun, saya akan mencoba untuk menyajikan informasi yang relevan dan bermanfaat dalam sekitar 1000 kata. Artikel ini akan membahas langkah-langkah yang diperlukan untuk menginstal dan menjalankan Jupyter Notebook di lingkungan Windows menggunakan Command Prompt.

Cara Menggunakan Jupyter Notebook di CMD :

Jupyter Notebook adalah salah satu alat yang paling populer dalam dunia ilmu data dan pemrograman Python. Ini adalah lingkungan pengembangan interaktif yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi dokumen yang berisi kode, narasi, gambar, grafik, dan formula matematika. Notebook Jupyter memiliki banyak kegunaan, mulai dari analisis data hingga pembelajaran mesin, dan pengembangan perangkat lunak. Artikel ini akan membahas langkah-langkah lengkap tentang cara menjalankan Jupyter Notebook di Command Prompt (CMD) di sistem operasi Windows.

1. Instalasi Python

Sebelum kita dapat menjalankan Jupyter Notebook, kita perlu memastikan bahwa Python sudah terinstal di sistem kita. Jupyter Notebook berjalan di atas Python, jadi versi Python yang sesuai harus terpasang. Untuk memeriksa apakah Python sudah terinstal, Anda dapat membuka Command Prompt dan menjalankan perintah berikut:

bash
python --version

Jika Python sudah terinstal, Anda akan melihat versi Python yang digunakan. Jika belum, Anda perlu mengunduh dan menginstal Python terlebih dahulu. Anda dapat mengunduh instalernya dari situs web resmi Python.

Pastikan untuk memeriksa opsi “Add Python to PATH” saat menginstal Python. Ini akan memudahkan akses Python melalui Command Prompt.

2. Instalasi Jupyter Notebook

Setelah Python diinstal, kita dapat melanjutkan untuk menginstal Jupyter Notebook. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan manajer paket Python, pip. Buka Command Prompt dan jalankan perintah berikut:

bash
pip install jupyter

Perintah di atas akan mengunduh dan menginstal Jupyter Notebook serta dependensinya.

3. Memulai Jupyter Notebook

Setelah Jupyter Notebook terinstal, kita dapat memulainya dengan mudah melalui Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Command Prompt

Buka Command Prompt dengan mencari “cmd” atau “Command Prompt” di menu Start atau menggunakan kombinasi keyboard Win + R dan ketik “cmd“, lalu tekan Enter.

2. Navigasi ke Direktori Kerja

Anda dapat menjalankan Jupyter Notebook dari direktori kerja yang Anda inginkan. Anda dapat berpindah ke direktori ini menggunakan perintah cd di Command Prompt. Misalnya, jika Anda ingin bekerja di direktori “Dokumen,” jalankan perintah berikut:

bash
cd Documents

Pastikan Anda berada di direktori yang sesuai sebelum melanjutkan.

3. Jalankan Jupyter Notebook

Untuk memulai Jupyter Notebook, cukup ketik perintah berikut di Command Prompt:

bash
jupyter notebook

Ketika Anda menjalankan perintah ini, Jupyter Notebook akan mencoba memulai server lokal dan secara otomatis membuka browser web default Anda dengan antarmuka Jupyter Notebook.

4. Menggunakan Antarmuka Jupyter Notebook

Setelah antarmuka Jupyter Notebook terbuka di browser Anda, Anda akan melihat daftar file dan direktori dalam direktori kerja Anda. Anda dapat membuat notebook baru dengan mengklik tombol “New” di sudut kanan atas dan memilih jenis notebook yang ingin Anda buat (misalnya, Python 3 untuk notebook Python).

Jupyter Notebook Interface

5. Menjalankan Kode

Anda dapat mulai menulis dan menjalankan kode Python di sel-sel notebook. Ketik kode Anda dalam sel, lalu tekan Shift + Enter untuk menjalankannya. Hasilnya akan ditampilkan di bawah sel kode.

Menghentikan Jupyter Notebook

Setelah Anda selesai menggunakan Jupyter Notebook, Anda dapat menghentikannya dengan aman. Kembali ke Command Prompt di mana Anda menjalankan Jupyter Notebook dan tekan Ctrl + C dua kali. Ini akan memberi Anda pilihan untuk menghentikan server notebook. Ketik ‘y‘ dan tekan Enter untuk menghentikannya.

Kesimpulan :

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah lengkap tentang cara menjalankan Jupyter Notebook di Command Prompt (CMD) di sistem operasi Windows. Anda harus memastikan bahwa Python sudah terinstal dan Jupyter Notebook diinstal melalui pip. Setelah itu, Anda dapat memulai Jupyter Notebook dengan perintah jupyter notebook di Command Prompt dan mulai bekerja dengan kode Python Anda.

Jupyter Notebook adalah alat yang sangat berguna dalam pengembangan perangkat lunak, analisis data, dan pembelajaran mesin. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat memanfaatkannya sepenuhnya di lingkungan Windows Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dalam memulai perjalanan Anda dengan Jupyter Notebook!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar