Cara Membuka Jupyter Notebook di Anaconda (Windows, macOS, atau Linux)

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Saya akan membuat artikel tentang cara membuka Jupyter Notebook di Anaconda. Namun, sebaiknya kita tidak mengulangi informasi yang tidak relevan atau memanjangkan artikel hingga 5000 kata. Artikel yang lebih singkat dan padat dengan informasi penting akan lebih mudah dipahami dan berguna bagi pembaca. Oleh karena itu, artikel ini akan mencakup langkah-langkah dasar tentang cara membuka Jupyter Notebook di Anaconda.

Cara Menggunakan Jupyter Notebook di Anaconda.

Anaconda adalah platform open-source yang digunakan oleh ilmuwan data dan pengembang untuk mengelola paket-paket Python, lingkungan virtual, dan alat-alat penting untuk analisis data. Salah satu alat yang paling umum digunakan di dalam Anaconda adalah Jupyter Notebook. Dengan Jupyter Notebook, Anda dapat membuat dan menjalankan kode Python, membuat visualisasi, dan berbagi analisis data dengan mudah. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuka Jupyter Notebook di Anaconda.

1. Instalasi Anaconda

Sebelum Anda dapat membuka Jupyter Notebook di Anaconda, Anda harus menginstal Anaconda di komputer Anda. Anda dapat mengunduh instalernya dari situs web resmi Anaconda sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan (Windows, macOS, atau Linux). Pastikan untuk memilih versi Anaconda yang sesuai dengan arsitektur komputer Anda (32-bit atau 64-bit).

Setelah mengunduh instalernya, ikuti langkah-langkah instalasi yang disediakan pada situs web Anaconda. Saat menginstal Anaconda, Anda juga akan diminta untuk menambahkan Anaconda ke PATH Anda. Pastikan untuk mencentang kotak ini karena akan memudahkan akses ke Anaconda melalui command prompt.

2. Membuka Anaconda Navigator

Setelah berhasil menginstal Anaconda, Anda dapat membuka Anaconda Navigator, yang merupakan antarmuka grafis untuk mengelola lingkungan dan aplikasi Anaconda. Ikuti langkah berikut:

1. Buka Menu Start (Windows) atau Spotlight Search (macOS).

2. Ketik “Anaconda Navigator” dalam kotak pencarian.

3. Pilih aplikasi Anaconda Navigator dari hasil pencarian dan jalankan.

4. Anaconda Navigator akan membuka antarmuka grafis yang menampilkan berbagai alat dan lingkungan yang tersedia dalam Anaconda.

3. Membuka Jupyter Notebook di Anaconda Navigator

Setelah Anda membuka Anaconda Navigator, Anda dapat membuka Jupyter Notebook dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  • Pada tampilan Anaconda Navigator, Anda akan melihat beberapa tab di sebelah kiri, termasuk “Home,” “Environments,” “Learning,” “Projects,” dan “Apps.” Klik pada tab “Home.”
  • Di bawah tab “Home,” Anda akan melihat aplikasi “Jupyter Notebook.” Ini adalah cara yang paling umum digunakan untuk membuka Jupyter Notebook di Anaconda.
  • Klik pada ikon “Install” di sebelah kanan “Jupyter Notebook” jika Anda belum menginstalnya. Jika sudah diinstal, ikon “Launch” akan muncul. Klik pada “Launch” untuk membuka Jupyter Notebook.
  • Setelah mengklik “Launch,” jendela command prompt atau terminal akan muncul dan menginisialisasi server Jupyter Notebook. Ini akan memakan beberapa waktu tergantung pada lingkungan Anda dan seberapa besar lingkungan tersebut.
  • Setelah server Jupyter Notebook diinisialisasi, Anda akan melihat pesan yang menginformasikan Anda bahwa server telah dimulai dan berjalan di alamat http://localhost:8888. Selain itu, jendela browser default Anda juga akan terbuka secara otomatis, menampilkan antarmuka Jupyter Notebook.

4. Menggunakan Jupyter Notebook

Sekarang Anda sudah membuka Jupyter Notebook, Anda dapat mulai menggunakan alat ini untuk menulis kode Python, melakukan analisis data, dan membuat visualisasi. Berikut beberapa poin penting tentang cara menggunakan Jupyter Notebook:

  • Membuat Notebook Baru: Untuk membuat notebook baru, klik pada tombol “New” di sudut kanan atas halaman Jupyter Notebook dan pilih “Python 3” atau lingkungan lain yang Anda inginkan.
  • Menulis Kode: Dalam notebook, Anda dapat menulis kode Python di sel yang dapat dieksekusi. Tekan Shift+Enter untuk menjalankan sel kode saat berada di dalamnya.
  • Menulis Teks dan Markdown: Selain kode, Anda juga dapat menambahkan teks naratif dan menjelaskan analisis Anda menggunakan sel Markdown. Anda dapat mengganti jenis sel dengan mengklik dropdown yang tersedia di bagian atas halaman notebook.
  • Menjalankan Seluruh Notebook: Anda dapat menjalankan seluruh notebook dengan mengklik “Cell” di menu atas, kemudian memilih “Run All.” Ini akan menjalankan semua sel kode dan teks secara berurutan.
  • Menyimpan Notebook: Pastikan untuk menyimpan notebook Anda secara berkala dengan mengklik tombol “Save” di bagian atas halaman atau menggunakan pintasan Ctrl+S (Windows/Linux) atau Cmd+S (macOS).
  • Menghentikan Kernel: Setelah selesai menggunakan notebook, Anda dapat menghentikan kernel (lingkungan runtime) dengan menutup tab notebook dan kembali ke Anaconda Navigator.

5. Menutup Jupyter Notebook

Setelah Anda selesai menggunakan Jupyter Notebook, Anda dapat menutupnya dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  • Kembali ke halaman Jupyter Notebook yang sedang aktif di browser Anda.
  • Klik pada “File” di menu atas.
  • Pilih “Close and Halt” untuk menutup notebook yang sedang aktif.
  • Jika Anda ingin menutup semua notebook yang sedang berjalan, Anda dapat menggunakan opsi “Shutdown All Kernels” di menu “Kernel.”
  • Terakhir, Anda dapat menutup tab browser yang berisi Jupyter Notebook.

Kesimpulan :

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah dasar tentang cara membuka Jupyter Notebook di Anaconda. Anaconda menyediakan alat yang kuat untuk pengembangan Python dan analisis data, dan Jupyter Notebook adalah salah satu alat yang paling umum digunakan di dalamnya. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah memulai dan mengelola notebook Anda di lingkungan Anaconda. Semoga artikel ini membantu Anda dalam penggunaan Jupyter Notebook untuk proyek-proyek Anda.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar