Cara Install Jupyter Notebook di Vscode (Windows, Linus dan maCos)

afyadm

 

https://www.gabuttech.com/   

Saya akan membuat artikel tentang cara menginstal Jupyter Notebook di Visual Studio Code (VSCode). Namun, perlu diingat bahwa artikel sepanjang 5000 kata mungkin akan terlalu panjang dan rinci untuk topik ini. Oleh karena itu, saya akan menyusun artikel yang lebih singkat dan padat dengan informasi penting untuk membantu Anda menginstal Jupyter Notebook di VSCode.

Cara Install Jupyter Notebook di Vscode. 

Visual Studio Code (VSCode) adalah salah satu lingkungan pengembangan terpopuler yang digunakan oleh para pengembang, ilmuwan data, dan pemrogram Python. Salah satu fitur hebat yang ditawarkan oleh VSCode adalah kemampuan untuk mengintegrasikan Jupyter Notebook secara langsung ke dalam lingkungannya. Ini memungkinkan Anda untuk menulis kode Python, melakukan analisis data, dan membuat visualisasi dengan mudah. Artikel ini akan membahas cara menginstal Jupyter Notebook di VSCode.

1. Instalasi Visual Studio Code

Langkah pertama dalam menggunakan Jupyter Notebook di VSCode adalah menginstal Visual Studio Code itu sendiri. Anda dapat mengunduh instalernya dari situs web resmi Visual Studio Code. Pastikan untuk mengunduh versi yang sesuai dengan sistem operasi Anda (Windows, macOS, atau Linux).

Setelah selesai mengunduh, jalankan installer dan ikuti petunjuk instalasi yang muncul di layar. Pastikan Anda memilih opsi “Add to PATH” selama instalasi untuk memudahkan akses ke VSCode melalui Command Prompt atau terminal.

2. Instalasi Ekstensi Python

Sebelum kita dapat mulai menggunakan Jupyter Notebook di VSCode, kita perlu memastikan bahwa ekstensi Python sudah terinstal. Ekstensi ini menyediakan fitur-fitur yang diperlukan untuk pengembangan Python yang efisien. Anda dapat menginstal ekstensi Python dengan mengikuti langkah-langkah ini:

1. Buka Visual Studio Code setelah menginstalnya.

2. Klik pada ikon “Extensions” di panel samping kiri atau gunakan kombinasi tombol Ctrl+Shift+X (Windows/Linux) atau Cmd+Shift+X (macOS).

3. Cari “Python” di kotak pencarian ekstensi.

4. Temukan ekstensi “Python” yang dikeluarkan oleh Microsoft dan klik tombol “Install” di sampingnya.

5. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

3. Instalasi Ekstensi Jupyter

Setelah Anda menginstal ekstensi Python, langkah berikutnya adalah menginstal ekstensi Jupyter yang akan memungkinkan Anda untuk menggunakan Jupyter Notebook di VSCode. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Visual Studio Code jika belum terbuka.

2. Klik pada ikon “Extensions” di panel samping kiri atau gunakan kombinasi tombol Ctrl+Shift+X (Windows/Linux) atau Cmd+Shift+X (macOS).

3. Cari “Jupyter” di kotak pencarian ekstensi.

4. Temukan ekstensi “Jupyter” yang dikeluarkan oleh Microsoft dan klik tombol “Install” di sampingnya.

5. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

4. Membuat Jupyter Notebook Baru

Setelah Jupyter Notebook terinstal, Anda dapat memulai membuat Jupyter Notebook baru di VSCode. Ikuti langkah-langkah ini:

1. Buka Visual Studio Code.

2. Klik pada ikon “Explorer” di panel samping kiri (ikon yang terlihat seperti folder).

3. Pilih direktori di mana Anda ingin menyimpan notebook Anda atau buat direktori baru dengan mengklik kanan pada panel “Explorer” dan memilih “New Folder.”

4. Klik kanan pada direktori atau folder di mana Anda ingin membuat notebook dan pilih “New File.”

5. Ketikkan nama file untuk notebook Anda dengan ekstensi “.ipynb.” Misalnya, “my_notebook.ipynb.

Sekarang, Anda akan melihat file notebook kosong dengan nama yang Anda pilih dalam panel “Explorer.”

5. Menulis Kode di Notebook

Sekarang kita siap untuk mulai menulis kode di dalam notebook. Ikuti langkah-langkah ini:

  • Klik dua kali pada file notebook yang baru saja Anda buat. Ini akan membuka notebook dalam tampilan editor VSCode.
  • Pada sel pertama yang telah disiapkan untuk kode, mulai menulis kode Python Anda. Anda dapat menulis kode Python seperti yang Anda lakukan dalam editor teks biasa.
  • Untuk menjalankan sel kode, Anda dapat menggunakan tombol “Run Cell” yang terletak di sebelah kanan sel atau menggunakan kombinasi tombol Shift+Enter.
  • Hasil eksekusi kode akan ditampilkan di bawah sel kode.

6. Menjalankan Seluruh Notebook

Selain menjalankan sel kode satu per satu, Anda juga dapat menjalankan seluruh notebook secara sekaligus. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini:

1. Klik pada ikon “Run All Cells” di bagian atas notebook (ikon yang terlihat seperti segitiga).

2. VSCode akan mulai menjalankan semua sel kode dalam notebook Anda, dan hasilnya akan ditampilkan di bawah masing-masing sel.

7. Menambahkan Markdown dan Teks Naratif

Salah satu keunggulan Jupyter Notebook adalah kemampuannya untuk menyisipkan teks naratif, gambar, dan formula matematika. Anda dapat membuat sel Markdown baru dengan mengklik tombol “Markdown” yang terletak di bagian atas notebook atau menggunakan kombinasi tombol M.

Dalam sel Markdown, Anda dapat menulis teks naratif, menggabungkan rumus matematika menggunakan LaTeX, atau menyisipkan gambar dengan sintaks Markdown.

8. Menyimpan dan Mengelola Notebook

Penting untuk selalu menyimpan perubahan yang Anda buat pada notebook. Anda dapat menyimpan notebook dengan mengklik ikon “Save” di bagian atas atau menggunakan kombinasi tombol Ctrl+S (Windows/Linux) atau Cmd+S (macOS).

Anda juga dapat mengelola notebook Anda, seperti mengganti nama, memindahkannya, atau menghapusnya, langsung dari panel “Explorer” di VSCode.

9. Menutup dan Menghapus Kernel

Ketika Anda selesai menggunakan notebook, sangat penting untuk menutup kernelnya untuk menghindari penggunaan sumber daya yang tidak perlu. Anda dapat melakukannya dengan mengklik ikon “Shutdown” di kanan atas notebook atau menggunakan tombol I.

Jika Anda ingin menghapus kernel (misalnya, jika Anda ingin mereset lingkungan), Anda dapat melakukannya dengan mengklik ikon “Restart Kernel and Clear Output.”

Kesimpulan :

Dalam artikel ini, kami telah membahas langkah-langkah tentang cara menggunakan Jupyter Notebook di Visual Studio Code (VSCode). Anda memerlukan dua ekstensi utama: ekstensi Python dan ekstensi Jupyter, yang dapat diinstal dengan mudah dari VSCode Marketplace.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memulai menulis kode Python, melakukan analisis data, dan membuat visualisasi menggunakan Jupyter Notebook langsung di lingkungan yang nyaman dan terintegrasi dalam VSCode. Selamat bekerja dengan Jupyter Notebook di VSCode!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar