Cara Instal Pandas di Termux (Windows, Linux, dan maCOS)

afyadm

 

https://www.gabuttech.com/

Cara Instal Pandas di Termux (Windows, Linux, dan maCOS) :

Termux adalah emulator terminal Linux yang kuat yang berjalan di perangkat Android. Dengan Termux, Anda dapat menjalankan banyak perintah dan menginstal perangkat lunak Linux di perangkat Android Anda. Salah satu alat yang sangat berguna dalam analisis data di lingkungan Termux adalah Pandas. Pandas adalah perpustakaan Python yang populer untuk analisis data dan manipulasi data. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah rinci tentang cara menginstal Pandas di Termux agar Anda dapat memulai analisis data di perangkat Android Anda.

1. Persiapan Awal

Cara Memasang Termux :

Langkah pertama adalah memasang Termux di perangkat Android Anda. Anda dapat mengunduhnya dari Google Play Store atau melalui sumber lainnya jika Anda tidak menggunakan Play Store. Setelah diunduh, buka aplikasi Termux.

Cara Membuka Termux :

Setelah menginstal Termux, buka aplikasi tersebut. Anda akan melihat antarmuka terminal yang mirip dengan terminal Linux pada komputer. Anda akan bekerja dengan terminal ini untuk menginstal Pandas dan menggunakannya untuk analisis data.

2. Memeriksa Python

Sebelum Anda dapat menginstal Pandas, Anda perlu memastikan bahwa Python sudah ada di Termux. Termux biasanya sudah memiliki Python terinstal. Untuk memeriksanya, ikuti langkah-langkah berikut:

Memeriksa Versi Python

1. Buka Termux.

2. Ketik perintah berikut di terminal dan tekan Enter:

bash
python --version

Perintah ini akan mencetak versi Python yang terinstal. Pastikan versi Python yang Anda miliki adalah Python 3.x, di mana “x” adalah angka versi yang lebih tinggi. Pandas bekerja dengan baik di Python 3.

Memastikan pip Terinstal :

pip adalah manajer paket Python yang digunakan untuk menginstal perpustakaan dan alat Python. Pastikan pip sudah terinstal dengan menjalankan perintah berikut:

bash
pip --version

Jika pip belum terinstal, Anda dapat menginstalnya dengan perintah berikut:

bash
pkg install python-pip

3. Menggunakan pip untuk Instalasi Pandas

Setelah Anda memastikan bahwa Python dan pip terinstal dengan benar, Anda dapat melanjutkan untuk menginstal Pandas. Pandas dapat diinstal dengan mudah menggunakan pip. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara Instalasi Pandas

1. Buka Termux jika belum terbuka.

2. Ketik perintah berikut untuk menginstal Pandas dan tekan Enter:

bash
pip install pandas

Perintah ini akan mengunduh dan menginstal Pandas beserta semua dependensinya. Proses ini mungkin memerlukan beberapa saat tergantung pada kecepatan koneksi internet Anda.

3. Setelah instalasi selesai, Pandas sudah siap digunakan di Termux Anda.

4. Cara Menguji Instalasi Pandas

Untuk memastikan bahwa Pandas telah terinstal dengan sukses, Anda dapat membuat program sederhana yang mengimpor Pandas dan mencetak versi Pandas yang Anda miliki:

1. Buka Termux.

2. Buat file Python sederhana dengan menggunakan editor teks seperti Nano atau Vim. Misalnya, untuk membuat file dengan nama test_pandas.py, ketik perintah berikut:

bash
nano test_pandas.py

3. Dalam editor teks, ketik kode berikut:

python
import pandas as pd 
print("Versi Pandas yang terinstal:", pd.__version__)

4. Simpan file dengan menekan Ctrl + O, lalu tekan Enter untuk menyimpannya, dan kemudian tekan Ctrl + X untuk keluar dari editor.

5. Jalankan skrip Python yang baru saja Anda buat dengan perintah berikut:

bash
python test_pandas.py

Jika Anda melihat versi Pandas yang dicetak di terminal, itu berarti instalasi Pandas Anda berhasil.

5. Menggunakan Pandas di Termux

Setelah Anda berhasil menginstal Pandas, Anda siap untuk mulai menggunakan perpustakaan ini untuk analisis data di Termux. Anda dapat membuat dan memanipulasi kerangka data, mengimpor data dari berbagai sumber, menjalankan operasi agregasi, dan melakukan banyak tugas analisis data lainnya.

Untuk memulai, buat file Python baru di Termux dan mulai mengimpor Pandas:

python
import pandas as pd

Dari sana, Anda dapat menggunakan Pandas untuk membaca dan menganalisis data, membuat visualisasi data, dan menjalankan berbagai operasi data yang kompleks sesuai kebutuhan Anda.

Kesimpulan :

Dalam panduan ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah rinci tentang cara menginstal Pandas di Termux, emulator terminal Linux yang kuat untuk perangkat Android. Setelah Anda mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan memiliki Pandas yang terinstal di perangkat Anda dan siap untuk digunakan untuk analisis data.

Pandas adalah alat yang sangat berguna dalam ilmu data dan analisis data, dan dengan Pandas di Termux, Anda memiliki fleksibilitas untuk melakukan analisis data bahkan saat bepergian. Anda dapat mengimpor data, membersihkan data, melakukan agregasi, dan banyak lagi dengan mudah menggunakan Pandas di Termux.

Selamat datang di dunia analisis data di perangkat Android Anda, dan selamat menggali wawasan dari data Anda dengan Pandas! Jika Anda ingin belajar lebih lanjut tentang Pandas, banyak sumber daya dan tutorial yang tersedia secara online untuk membantu Anda meningkatkan kemampuan Anda dalam analisis data menggunakan Pandas.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar