Cara Menggunakan Codeigniter 3 di Xampp

afyadm

 

https://www.gabuttech.com/

CodeIgniter adalah salah satu framework pengembangan web PHP yang populer dan kuat. Dengan CodeIgniter, Anda dapat dengan mudah membangun aplikasi web yang cepat dan efisien. Untuk memulai pengembangan dengan CodeIgniter, Anda memerlukan lingkungan pengembangan lokal. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan XAMPP, yang merupakan paket pengembangan web yang mencakup server web Apache, database MySQL, dan bahasa pemrograman PHP. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk mengatur dan menggunakan CodeIgniter 3 di XAMPP.

Apa itu CodeIgniter?

CodeIgniter adalah framework pengembangan web PHP yang ringan, cepat, dan kuat. Ini memungkinkan pengembang untuk dengan cepat membangun aplikasi web dengan struktur yang baik, pemisahan tampilan, dan banyak fitur lainnya. CodeIgniter memiliki dokumentasi yang kuat dan komunitas yang aktif, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk pengembangan web.

Apa itu XAMPP?

XAMPP adalah paket pengembangan web yang berisi server web Apache, database MySQL, bahasa pemrograman PHP, dan komponen-komponen lain yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi web. XAMPP membuatnya mudah untuk menjalankan aplikasi web lokal di komputer Anda tanpa perlu mengkonfigurasi setiap komponen secara manual.

Tutorial Lengkap Cara Menjalankan Codeigniter 3 di Xampp :

1. Persiapan

1. Install dan Menginstal XAMPP

Langkah pertama dalam menggunakan CodeIgniter di XAMPP adalah mengunduh dan menginstal XAMPP. Anda dapat mengunduh XAMPP dari situs web resmi mereka di https://www.apachefriends.org/index.html.

Unduh versi XAMPP yang sesuai untuk sistem operasi Anda (Windows, macOS, atau Linux).

Instal XAMPP dengan mengikuti panduan instalasi yang disediakan.

Cara Instal CodeIgniter 3 di Windows, macOS, atau Linux :

Setelah Anda menginstal XAMPP, langkah selanjutnya adalah mengunduh CodeIgniter 3. Anda dapat mengunduhnya dari situs web CodeIgniter di https://codeigniter.com/download.

Unduh versi CodeIgniter 3.

Ekstrak arsip CodeIgniter yang telah diunduh ke direktori yang mudah diakses di komputer Anda.

2. Konfigurasi XAMPP

Langkah Awal Dengan Mengonfigurasi  Apache dan MySQL

Setelah Anda menginstal XAMPP, Anda perlu memulai server Apache dan MySQL. Anda dapat melakukan ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Jalankan aplikasi XAMPP yang telah diinstal.

Di jendela XAMPP Control Panel, klik tombol “Start” di sebelah “Apache” dan “MySQL” untuk memulai server.

1. Mengonfigurasi Apache

Sebelum Anda dapat menggunakan CodeIgniter di XAMPP, Anda perlu mengonfigurasi Apache untuk mengarahkan ke direktori proyek Anda. Untuk melakukannya:

Buka direktori instalasi XAMPP (biasanya di C:xampp untuk Windows atau /Applications/XAMPP untuk macOS).

1. Buka folder apache dan kemudian folder conf.

2. Cari file httpd.conf dan buka dengan teks editor.

3. Pada file httpd.conf, cari baris berikut:

arduino
DocumentRoot "C:/xampp/htdocs"

4. Gantilah C:/xampp/htdocs dengan jalur lengkap menuju folder CodeIgniter Anda, misalnya:

arduino
DocumentRoot "C:/xampp/htdocs/codeigniter"

5. Selanjutnya, cari baris berikut:

mathematica
<Directory "C:/xampp/htdocs">

Gantilah C:/xampp/htdocs dengan jalur yang sama seperti yang Anda gunakan pada DocumentRoot. Setelah Anda melakukan perubahan ini, simpan file httpd.conf.

2. Mengonfigurasi MySQL

Untuk menggunakan database dengan CodeIgniter di XAMPP, Anda perlu mengonfigurasi pengguna dan database di MySQL. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda:

  • Buka phpMyAdmin melalui panel kontrol XAMPP dengan mengklik “Admin” pada bagian MySQL.
  • Di phpMyAdmin, buat database baru dengan memberikan nama yang sesuai dengan proyek Anda.
  • Buat pengguna untuk database Anda dan berikan izin yang diperlukan. Anda dapat melakukannya di tab “User Accounts” di phpMyAdmin.

3. Cara Pengaturan CodeIgniter 3

1. Ekstrak dan Menyimpan CodeIgniter

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan CodeIgniter. Ekstrak arsip CodeIgniter yang telah Anda unduh sebelumnya ke direktori yang sesuai dengan konfigurasi Apache yang sudah Anda lakukan sebelumnya. Misalnya, jika Anda mengatur DocumentRoot di C:/xampp/htdocs/codeigniter, maka ekstraklah CodeIgniter ke dalam folder codeigniter ini.

2. Konfigurasi Database

Selanjutnya, Anda perlu mengonfigurasi database CodeIgniter Anda untuk menghubungkan ke MySQL di XAMPP. Konfigurasi ini terletak di file database.php di dalam folder application/config dalam proyek CodeIgniter Anda.

1. Buka file application/config/database.php dengan teks editor.

Temukan dan ubah pengaturan database sesuai dengan pengaturan MySQL Anda. Biasanya, Anda hanya perlu mengubah beberapa bagian, seperti ‘hostname‘, ‘username‘, ‘password‘, dan ‘database‘.

Contoh:

Contoh:

php
'hostname' => 'localhost'
'username' => 'nama_pengguna_mysql'
'password' => 'kata_sandi_mysql'
'database' => 'nama_database',

Simpan perubahan ini.

2. Pengaturan URL

Selanjutnya, Anda perlu mengatur URL dasar CodeIgniter Anda. Ini juga terletak di file konfigurasi. Buka file config.php di dalam folder application/config dan cari baris berikut:

php
$config['base_url'] = '';

Isi ‘base_url‘ dengan URL lengkap proyek Anda, misalnya:

php
$config['base_url'] = 'http://localhost/codeigniter/';

Simpan perubahan ini.

4. Membangun Aplikasi Pertama

Setelah Anda menyiapkan CodeIgniter dan mengonfigurasi database, Anda dapat mulai membangun aplikasi pertama Anda. Di bawah ini adalah langkah-langkah umum dalam membuat aplikasi web sederhana menggunakan CodeIgniter:

1. Membuat Kontroler

Di dalam folder application/controllers, buat file baru dengan ekstensi .php untuk membuat kontroler. Misalnya, Welcome.php.

Di dalam file kontroler tersebut, Anda dapat membuat fungsi-fungsi yang akan mengontrol tampilan dan logika aplikasi Anda.

Contoh:

php
<?php 
class Welcome extends CI_Controller
     public function index()
               $this->load->view('welcome_message'); } }

2. Membuat Tampilan

Di dalam folder application/views, buat file tampilan HTML untuk halaman yang akan Anda buat. Misalnya, welcome_message.php.

Di dalam file tampilan tersebut, Anda dapat menambahkan elemen-elemen HTML dan menggunakan sintaks CodeIgniter untuk menampilkan data dinamis.

Contoh:


html

Copy code

<!DOCTYPE html>

<html>

<head>

    <title>Welcome to CodeIgniter</title>

</head>

<body>

    <h1>Welcome to CodeIgniter</h1>

</body>

</html>

Membuat Model

Di dalam folder application/models, buat file model untuk mengakses database atau melakukan operasi lain yang diperlukan.

Di dalam file model tersebut, Anda dapat mendefinisikan fungsi-fungsi yang berhubungan dengan database.

Contoh:

Contoh:

html
<!DOCTYPE 
html> 
<html>
<head> 
<title>Welcome to CodeIgniter</title> 
</head> 
<body> 
<h1>Welcome to CodeIgniter</h1> 
</body> 
</html>

5. Menjalankan Aplikasi

Setelah Anda membuat kontroler, tampilan, dan mungkin model untuk aplikasi Anda, Anda dapat menjalankannya di browser. Pastikan server Apache dan MySQL di XAMPP sudah berjalan.

Buka browser web Anda dan masukkan URL berikut: http://localhost/codeigniter/welcome.

Anda akan melihat halaman selamat datang yang telah Anda buat.

Kesimpulan :

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara mengatur dan menggunakan CodeIgniter 3 di XAMPP. CodeIgniter adalah salah satu framework pengembangan web PHP yang kuat, dan XAMPP adalah paket pengembangan web yang berguna untuk menjalankan aplikasi web secara lokal di komputer Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda dapat memulai pengembangan aplikasi web Anda dengan CodeIgniter 3 menggunakan XAMPP sebagai lingkungan pengembangan lokal Anda. Selamat mengembangkan aplikasi web Anda!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar