Cara Upload Laravel ke Hosting 000webhost, niagahoster, dan subdomain

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Setelah Anda menyelesaikan pengembangan aplikasi Laravel yang canggih, langkah selanjutnya adalah mengunggahnya ke server hosting agar dapat diakses oleh pengguna secara online. Dalam panduan ini, kita akan membahas cara mengunggah aplikasi Laravel ke tiga platform hosting yang berbeda: 000webhost, Niagahoster, dan subdomain. Kami akan memberikan langkah-langkah rinci untuk setiap platform sehingga Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Upload Laravel ke Hosting 000webhost, Niagahoster, dan Subdomain :

Sebelum kita memulai, penting untuk memahami bahwa masing-masing platform hosting memiliki langkah-langkah spesifik yang harus diikuti untuk mengunggah aplikasi Laravel. Karena itu, kami akan membahas setiap platform secara terpisah. Namun, langkah umum dalam proses ini melibatkan pengunggahan file, konfigurasi database, dan penyesuaian lingkungan server. Pastikan Anda memiliki akses ke akun hosting yang sesuai dan telah menyiapkan basis data jika diperlukan.

Sebelum Anda mulai mengunggah aplikasi Laravel, pastikan Anda telah menyelesaikan beberapa tugas persiapan awal:

  • Pastikan aplikasi Laravel Anda sudah siap untuk produksi dengan mengatur konfigurasi .env Anda dengan benar, termasuk pengaturan database.
  • Buat file database SQL untuk mengimpor skema database Anda jika Anda tidak memulai dengan database kosong.
  • Salin semua file dan direktori aplikasi Laravel Anda ke komputer lokal Anda.
  • Selain itu, pastikan Anda memiliki akun hosting aktif di 000webhost atau Niagahoster sesuai dengan platform yang Anda pilih.

1. Cara Upload Laravel ke Hosting 000webhost

1.Buat Akun 000webhost

Kunjungi https://www.000webhost.com/ dan buat akun gratis jika Anda belum memiliki satu.

2. Masuk ke Panel Kontrol

Masuk ke panel kontrol 000webhost menggunakan akun Anda.

3. Tambahkan Situs Web Baru

Di panel kontrol, klik “Tambahkan situs web baru” atau “Tambahkan situs web” (tergantung pada tampilan panel kontrol).

4. Pilih Domain

Pilih opsi “Saya punya domain” jika Anda memiliki domain sendiri, atau pilih opsi “Dapatkan domain gratis” untuk mendapatkan domain gratis dari 000webhost.

5. Upload Aplikasi Laravel

Setelah Anda memiliki situs web yang dibuat, Anda akan diberikan pilihan untuk mengunggah file. Gunakan file manager web 000webhost untuk mengunggah seluruh aplikasi Laravel Anda.

6. Ekstrak dan Konfigurasi Aplikasi Laravel

Jika Anda mengunggah file arsip Laravel (misalnya, .zip), ekstrak file tersebut di server 000webhost menggunakan file manager web.

Buka file .env di server dan pastikan konfigurasi database Anda sesuai dengan yang diinginkan.

Jalankan perintah php artisan migrate untuk menjalankan migrasi database jika diperlukan.

7. Selesai

Aplikasi Laravel Anda sekarang harus berjalan di hosting 000webhost. Anda dapat mengaksesnya melalui domain yang telah Anda pilih atau yang diberikan oleh 000webhost.

2. Cara Upload Laravel ke Niagahoster

1. Buat Akun atau Masuk ke Niagahoster

Kunjungi https://www.niagahoster.co.id/ dan buat akun jika Anda belum memiliki satu. Jika sudah memiliki akun, masuklah ke dalamnya.

2. Pesan Layanan Hosting

Pesan layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Niagahoster. Ini akan memberi Anda akses ke server untuk mengunggah aplikasi Laravel.

3. Akses Panel Kontrol

Setelah akun hosting Anda aktif, akses panel kontrol hosting Niagahoster. Ini biasanya dapat ditemukan di dashboard akun Anda.

4. Upload Aplikasi Laravel

Gunakan fitur manajemen file di panel kontrol hosting untuk mengunggah semua file dan direktori aplikasi Laravel Anda ke server Niagahoster.

5. Ekstrak dan Konfigurasi Aplikasi Laravel

Jika Anda mengunggah file arsip Laravel, ekstrak file tersebut di server Niagahoster menggunakan manajemen file.

Buka file .env di server dan pastikan konfigurasi database Anda sesuai dengan yang diinginkan.

Jalankan perintah php artisan migrate untuk menjalankan migrasi database jika diperlukan.

6. Selesai

Aplikasi Laravel Anda sekarang harus berjalan di hosting Niagahoster. Anda dapat mengaksesnya melalui domain yang telah Anda pilih saat mendaftar.

3. Cara Upload Aplikasi Laravel ke Subdomain

1. Daftar Subdomain

Buka panel kontrol hosting tempat Anda mendaftarkan subdomain. Ini bisa berada di akun hosting Anda atau di tempat lain yang menyediakan layanan manajemen DNS dan subdomain.

2. Konfigurasi Subdomain

Buat subdomain baru dan arahkan ke direktori yang ingin Anda gunakan untuk menyimpan aplikasi Laravel. Pastikan subdomain ini mengarah ke folder yang benar di server Anda.

3. Upload Aplikasi Laravel

Gunakan FTP atau manajer file yang disediakan oleh penyedia hosting Anda untuk mengunggah seluruh aplikasi Laravel ke direktori yang telah Anda konfigurasi untuk subdomain.

4. Ekstrak dan Konfigurasi Aplikasi Laravel

Jika Anda mengunggah file arsip Laravel, ekstrak file tersebut di server menggunakan manajemen file.

Buka file .env di server dan pastikan konfigurasi database Anda sesuai dengan yang diinginkan.

Jalankan perintah php artisan migrate untuk menjalankan migrasi database jika diperlukan.

5. Selesai

Aplikasi Laravel Anda sekarang harus berjalan di subdomain yang telah Anda konfigurasi.

Kesimpulan :

Dalam panduan ini, kami telah menjelaskan cara mengunggah aplikasi Laravel ke tiga platform hosting yang berbeda: 000webhost, Niagahoster, dan subdomain. Setiap platform memiliki langkah-langkah spesifik yang harus diikuti, dan penting untuk memahami persyaratan dan konfigurasi yang diperlukan untuk membuat aplikasi Laravel Anda berjalan dengan baik di lingkungan hosting yang dipilih. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat membuat aplikasi Laravel Anda tersedia secara online untuk pengguna. Selamat mengunggah!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar