Cara Install Laravel 9 di Windows 10 Menggunakan Composer

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Saingan baru yang kuat telah muncul di dunia kerangka kerja PHP – Laravel 9! Laravel telah menjadi salah satu kerangka kerja paling populer di dunia pengembangan web, dan setiap pembaruan selalu dinantikan dengan penuh antusiasme oleh komunitas pengembang. Dalam panduan ini, kita akan menjelaskan secara rinci cara menginstal Laravel 9 di lingkungan Windows. Kami akan membahas langkah-langkah persiapan awal hingga menjalankan proyek Laravel 9 pertama Anda di sistem Windows Anda.

Cara Install Laravel 9 di Windows 10 Menggunakan Composer dan XAMPP :

Sebelum kita memulai, mari kita perkenalkan singkat tentang apa yang akan kita bahas dalam artikel ini. Laravel 9 adalah salah satu versi terbaru dari kerangka kerja PHP yang sangat populer untuk pengembangan aplikasi web modern. Ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang memudahkan pengembang dalam membangun aplikasi web yang kuat dan skalabel.

1. Persiapan Awal

Sebelum Anda dapat menginstal Laravel 9 di Windows, ada beberapa persiapan awal yang perlu Anda lakukan.

a. Instalasi XAMPP

Langkah pertama adalah menginstal XAMPP, yang akan memberikan lingkungan server web dan database MySQL yang diperlukan untuk menjalankan proyek Laravel. Anda dapat mengunduh XAMPP dari https://www.apachefriends.org/index.html. Pilih versi XAMPP yang sesuai dengan sistem operasi Windows Anda (32-bit atau 64-bit).

Ikuti panduan instalasi yang disediakan setelah mengunduh XAMPP. Pastikan Anda memilih opsi untuk menginstal Apache, MySQL, PHP, dan phpMyAdmin saat menginstal XAMPP.

b. Instalasi Composer

Composer adalah manajer paket PHP yang digunakan untuk mengelola dependensi proyek Laravel. Anda dapat mengunduh Composer dari https://getcomposer.org/download/. Pilih opsi “Windows Installer” dan ikuti panduan instalasi yang diberikan.

Setelah Composer terinstal, buka command prompt (cmd) dan jalankan perintah berikut untuk memastikan Composer berfungsi:

shell
composer --version

c. Instalasi Node.js dan NPM

Laravel juga menggunakan Node.js dan NPM (Node Package Manager) untuk mengelola dependensi JavaScript. Anda dapat mengunduh Node.js dan NPM dari https://nodejs.org/en/download/. Pilih versi LTS (Long-Term Support) untuk stabilitas yang lebih baik.

Setelah Node.js dan NPM terinstal, buka command prompt (cmd) dan jalankan perintah berikut untuk memastikan Node.js dan NPM berfungsi:

shell
node --version npm --version

2. Cara Instal Laravel 9

Setelah Anda menyiapkan lingkungan Anda, sekarang kita dapat menginstal Laravel 9.

a. Cara Instal Laravel 9 Menggunakan Composer

shell
composer global require laravel/installer

Ini akan menginstal perintah laravel secara global pada sistem Anda, yang memungkinkan Anda membuat proyek Laravel baru kapan saja.

3. Membuat Proyek Laravel Baru

Setelah Laravel 9 berhasil diinstal, Anda dapat membuat proyek Laravel baru dengan menjalankan perintah berikut:

shell
laravel new nama-proyek

Gantilah nama-proyek dengan nama yang Anda inginkan untuk proyek Laravel Anda. Composer akan mengunduh semua dependensi yang diperlukan dan membuat struktur awal proyek untuk Anda.

4. Menjalankan Proyek Laravel 9

Sekarang, proyek Laravel 9 Anda telah berhasil dibuat. Anda dapat menjalankan proyek ini dengan mudah.

a. Menggunakan Server Bawaan Laravel

Laravel menyertakan server pengembangan bawaan yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan proyek Anda. Buka command prompt (cmd), arahkan ke direktori proyek Anda, dan jalankan perintah berikut:

shell
php artisan serve

Ini akan menjalankan server pengembangan Laravel di alamat http://localhost:8000. Anda dapat membuka browser dan mengakses proyek Laravel Anda melalui alamat ini.

b. Cara Install Laravel 9 Menggunakan XAMPP

Alternatifnya, Anda juga dapat menggunakan XAMPP untuk menjalankan proyek Laravel. Salin seluruh isi folder proyek Laravel Anda ke direktori htdocs dalam folder instalasi XAMPP Anda. Biasanya, folder htdocs terletak di C:xampphtdocs.

Selanjutnya, buka XAMPP Control Panel dan mulai server Apache dan MySQL. Pastikan keduanya berjalan dengan baik.

Setelah server Apache dan MySQL berjalan, Anda dapat membuka browser dan mengakses proyek Laravel Anda dengan alamat http://localhost/nama-proyek/public, dengan menggantikan nama-proyek dengan nama proyek Laravel Anda.

Kesimpulan :

Dalam panduan ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah tentang cara menginstal Laravel 9 di Windows. Anda telah mempelajari persiapan awal, instalasi Laravel, pembuatan proyek baru, dan cara menjalankan proyek Laravel menggunakan server bawaan Laravel atau dengan menggunakan XAMPP.

Dengan Laravel 9 yang berjalan di sistem Windows Anda, Anda siap untuk memulai pengembangan aplikasi web yang modern dan kuat. Semoga panduan ini membantu Anda memulai perjalanan Anda dalam pengembangan aplikasi web dengan Laravel 9 di lingkungan Windows. Selamat mengoding!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar