Cara Mengembalikan File Excel Yang Sudah Terhapus, Sudah Hilang ataupun Tertimpa

afyadm

File Excel adalah alat yang sangat penting dalam pekerjaan dan bisnis modern. Mereka sering berisi data berharga seperti laporan keuangan, jadwal, atau daftar kontak. Namun, ada saat-saat di mana file Excel bisa terhapus secara tidak sengaja, menghadirkan tantangan besar. Anda mungkin mengalami perasaan kepanikan dan frustrasi ketika itu terjadi, tetapi jangan khawatir. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengembalikan file Excel yang terhapus.

Cara Mengembalikan File Excel Yang Sudah Terhapus, Sudah Hilang dan Tertimpa.

Sebelum kita mulai dengan langkah-langkah teknis untuk mengembalikan file Excel yang terhapus, ada beberapa hal yang bisa Anda coba terlebih dahulu. Langkah-langkah ini sederhana dan mungkin membantu Anda menemukan kembali file yang hilang.

1. Cek Recycle Bin

Recycle Bin adalah tempat di mana file yang dihapus secara normal di komputer Windows disimpan sementara sebelum benar-benar dihapus. Berikut langkah-langkah untuk memeriksa Recycle Bin:

Buka Recycle Bin: Cari ikon Recycle Bin di desktop Anda dan buka.

Cari File: Di dalam Recycle Bin, Anda akan melihat daftar file yang telah dihapus. Coba cari file Excel yang hilang. Jika Anda menemukannya, klik kanan pada file tersebut dan pilih “Restore” untuk mengembalikannya ke lokasi asal.

2. Cari dengan Pencarian Windows

Pencarian Windows adalah alat yang sangat berguna untuk menemukan file yang hilang. Lakukan langkah berikut:

Ketik Nama File: Di bilah pencarian di sudut kanan atas jendela Windows, ketikkan nama file Excel yang hilang.

Hasil Pencarian: Lihat hasil pencarian. Jika file yang Anda cari muncul, klik untuk membukanya.

3. Periksa Folder Temporer Excel

Saat Anda mengedit file Excel, program ini dapat membuat salinan sementara dari file tersebut di folder temporer. Mungkin Anda masih memiliki akses ke salinan ini. Berikut caranya:

Buka Folder Temporer: Tekan tombol Windows + R, ketik %temp%, dan tekan Enter. Ini akan membuka folder temporer Windows.

Cari File Excel: Di dalam folder temporer, cari file dengan ekstensi .xlsx, .xlsm, atau .xlsb, yang sesuai dengan jenis file Excel Anda. File ini mungkin memiliki nama acak, tetapi jika Anda tahu kapan file tersebut dibuat atau diedit terakhir kali, Anda dapat mencari berdasarkan tanggal.

Kembalikan File: Setelah Anda menemukan file yang mungkin hilang, salin file tersebut dan tempelkan di lokasi yang aman di komputer Anda. Kemudian, coba buka file tersebut di Excel untuk melihat apakah ini adalah versi terbaru dari file yang hilang.

Menggunakan Fitur Pemulihan Windows :

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, atau jika Anda telah mengosongkan Recycle Bin, Anda dapat mencoba menggunakan fitur pemulihan Windows. Fitur ini memungkinkan Anda mengembalikan versi sebelumnya dari file, jika Anda memiliki cadangan sistem yang diaktifkan. Ini bisa sangat berguna dalam situasi ini.

1. Pergi ke Folder yang Mengandung File Excel yang Hilang

  • Buka folder yang sebelumnya berisi file Excel yang hilang.
  • Klik kanan di dalam folder dan pilih “Restore previous versions.”
  • Akan muncul jendela “Previous Versions” yang berisi daftar versi sebelumnya dari folder tersebut.
  • Pilih versi yang sesuai dengan waktu ketika file Excel masih ada dan masih belum terhapus.
  • Klik tombol “Restore” untuk mengembalikan folder dan isinya ke versi tersebut.
  • Setelah proses pemulihan selesai, coba buka folder tersebut dan lihat apakah file Excel yang hilang sudah kembali.

2. Gunakan Fitur “Restore Previous Versions” pada File Excel

  • Fitur ini memungkinkan Anda mengembalikan versi sebelumnya dari file Excel yang hilang atau terhapus. Berikut langkah-langkahnya:
  • Buka folder yang sebelumnya berisi file Excel yang hilang.
  • Klik kanan pada file Excel yang hilang dan pilih “Restore previous versions.”
  • Akan muncul jendela “Previous Versions” yang berisi daftar versi sebelumnya dari file tersebut.
  • Pilih versi yang sesuai dengan waktu ketika file Excel masih ada dan masih belum terhapus.
  • Klik tombol “Restore” untuk mengembalikan file Excel ke versi tersebut.
  • Setelah proses pemulihan selesai, coba buka file Excel tersebut dan lihat apakah data yang hilang sudah kembali.

Menggunakan Perangkat Lunak Pemulihan Data :

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, atau jika Anda tidak memiliki cadangan sistem yang aktif, Anda mungkin perlu menggunakan perangkat lunak pemulihan data. Ada banyak perangkat lunak pemulihan data yang tersedia, beberapa di antaranya gratis dan beberapa berbayar. Berikut langkah-langkah untuk menggunakan perangkat lunak pemulihan data:

1. Unduh dan Instal Perangkat Lunak Pemulihan Data

  • Pertama, Anda perlu mengunduh dan menginstal perangkat lunak pemulihan data yang sesuai dengan sistem operasi Anda (Windows atau Mac).
  • Beberapa perangkat lunak pemulihan data yang populer termasuk:
  • Recuva: Perangkat lunak pemulihan data gratis untuk Windows.
  • EaseUS Data Recovery Wizard: Perangkat lunak pemulihan data yang kuat dengan versi gratis dan berbayar untuk Windows dan Mac.
  • Stellar Data Recovery: Perangkat lunak pemulihan data yang tersedia untuk Windows dan Mac.

2. Jalankan Perangkat Lunak Pemulihan Data

Setelah Anda mengunduh dan menginstal perangkat lunak pemulihan data, jalankan program tersebut.

3. Pilih Lokasi Pencarian

Pada langkah ini, Anda perlu memilih lokasi di mana file Excel yang hilang sebelumnya disimpan. Ini bisa menjadi folder tertentu di komputer Anda, partisi drive, atau bahkan seluruh drive.

4. Mulai Pemindaian

Klik tombol “Start” atau “Scan” untuk memulai pemindaian. Perangkat lunak akan memulai proses pencarian file yang hilang.

5. Pilih File Excel yang Ingin Dikembalikan

Setelah pemindaian selesai, perangkat lunak akan menampilkan daftar file yang dapat dikembalikan. Cari file Excel yang hilang dalam daftar ini.

6. Kembalikan File Excel

Pilih file Excel yang ingin Anda kembalikan dan klik tombol “Recover” atau “Restore“. Anda mungkin akan diminta untuk memilih lokasi di mana Anda ingin menyimpan file yang dipulihkan. Pastikan Anda memilih lokasi yang berbeda dari yang asli untuk menghindari kemungkinan menimpa data lain.

7. Verifikasi Kembali File Excel

Setelah proses pemulihan selesai, buka file Excel yang dipulihkan dan pastikan bahwa data yang hilang telah dikembalikan.

Pencegahan untuk Masa Depan :

Mencegah kehilangan file Excel yang berharga jauh lebih baik daripada mencoba mengembalikannya. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegah kejadian serupa di masa depan:

1. Lakukan Pencadangan Rutin

Lakukan pencadangan rutin dari file-file Anda. Anda dapat menggunakan perangkat lunak pencadangan atau layanan cloud untuk memastikan bahwa data Anda aman.

2. Gunakan Cadangan Cloud

Simpan file-file Anda di layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive. Layanan ini sering memiliki fitur pemulihan versi sebelumnya yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus.

3. Aktifkan Fitur AutoSave

Jika Anda menggunakan Microsoft Excel, aktifkan fitur AutoSave yang akan secara otomatis menyimpan perubahan ke file Excel Anda secara berkala.

4. Gunakan Nama File yang Deskriptif

Memberikan nama file yang deskriptif dan rapi akan membantu Anda menghindari kesalahan menghapus file yang salah.

5. Hati-Hati Saat Menghapus

Selalu hati-hati saat Anda menghapus file. Pastikan Anda benar-benar ingin menghapusnya sebelum mengkonfirmasi tindakan tersebut.

Kesimpulan :

Kehilangan file Excel yang berisi data penting bisa sangat menekankan, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengembalikan data tersebut. Mulai dari mencari file yang terhapus di Recycle Bin, memanfaatkan fitur “Restore Previous Versions” di Windows, hingga menggunakan perangkat lunak pemulihan data, ada banyak cara yang dapat Anda coba. Penting untuk diingat bahwa langkah-langkah pencegahan selalu lebih baik daripada mengatasi masalah di belakang. Pastikan Anda melakukannya untuk melindungi data berharga Anda di masa depan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar