3 Cara Mengubah Format Video Di HP Android Tanpa Aplikasi

afyadm

Dalam era digital saat ini, video telah menjadi salah satu bentuk konten yang paling populer dan banyak digunakan. Namun, terkadang Anda mungkin perlu mengkonversi video dari satu format ke format lainnya. Hal ini bisa terjadi karena kompatibilitas perangkat, ukuran file yang perlu diperkecil, atau bahkan untuk mengubah resolusi video. Jika Anda menggunakan perangkat Android, Anda beruntung karena ada berbagai cara untuk melakukan konversi video langsung dari perangkat Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara-cara tersebut langkah demi langkah.

3 Cara Mengubah Format Video Di HP Android Tanpa Aplikasi.

1. Menggunakan Aplikasi Konversi Video

Salah satu cara paling umum untuk mengkonversi video di Android adalah dengan menggunakan aplikasi konversi video. Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda temukan di Google Play Store yang menawarkan layanan konversi video dengan berbagai fitur. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk melakukan konversi video menggunakan aplikasi ini:

  • Pilih Aplikasi: Buka Google Play Store di perangkat Android Anda dan cari aplikasi konversi video. Beberapa aplikasi populer termasuk “Video Converter” dan “Media Converter.” Pilih aplikasi yang memiliki rating baik dan ulasan positif.
  • Unduh dan Instal: Setelah Anda memilih aplikasi yang sesuai, unduh dan instal aplikasi tersebut di perangkat Anda.
  • Buka Aplikasi: Setelah instalasi selesai, buka aplikasi konversi video tersebut.
  • Pilih Video: Pilih video yang ingin Anda konversi dari penyimpanan perangkat Anda. Aplikasi tersebut biasanya akan memberikan opsi untuk mengakses penyimpanan internal atau kartu SD.
  • Pilih Format Output: Setelah memilih video, Anda akan diberikan opsi untuk memilih format output. Ini bisa berupa format seperti MP4, AVI, MKV, dan lainnya. Pilih format yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Pilih Pengaturan Konversi: Beberapa aplikasi memungkinkan Anda untuk mengatur pengaturan konversi tambahan, seperti resolusi video, bitrate, dan ukuran frame. Anda dapat mengatur ini sesuai dengan preferensi Anda atau memilih opsi default jika Anda tidak yakin.
  • Mulai Konversi: Setelah Anda mengatur semua pengaturan, klik tombol “Konversi” atau “Mulai” untuk memulai proses konversi. Proses ini mungkin memerlukan beberapa waktu tergantung pada ukuran video dan pengaturan yang Anda pilih.
  • Tunggu dan Simpan Hasil: Setelah proses konversi selesai, Anda akan diberitahu oleh aplikasi. Selanjutnya, Anda dapat menyimpan video yang sudah dikonversi ke direktori yang Anda tentukan.

2. Menggunakan Aplikasi Edit Video

Selain aplikasi khusus konversi video, ada juga banyak aplikasi edit video yang memiliki fitur konversi. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengkonversi video menggunakan aplikasi edit video di Android:

  • Pilih Aplikasi: Cari aplikasi edit video yang juga menawarkan fitur konversi. Beberapa aplikasi populer termasuk “KineMaster,” “PowerDirector,” dan “VivaVideo.”
  • Unduh dan Instal: Unduh aplikasi pilihan Anda dari Google Play Store dan lakukan instalasi di perangkat Anda.
  • Buka dan Impor Video: Buka aplikasi tersebut dan mulai proyek baru. Impor video yang ingin Anda konversi ke dalam proyek.
  • Tambahkan ke Timeline: Setelah video ada di dalam proyek, tambahkan video tersebut ke timeline atau daerah kerja aplikasi.
  • Konversi Video: Di dalam aplikasi edit video, Anda mungkin perlu mencari opsi seperti “Export,” “Save,” atau “Render.” Ini adalah opsi yang biasanya digunakan untuk menyimpan proyek video Anda sebagai file video yang terkonversi.
  • Pilih Format Output: Saat Anda memilih opsi konversi, Anda akan diberikan pilihan untuk memilih format output. Pilih format yang diinginkan.
  • Atur Pengaturan Tambahan: Beberapa aplikasi akan memungkinkan Anda untuk mengatur pengaturan tambahan seperti resolusi, kualitas, dan jenis kompresi. Sesuaikan pengaturan ini sesuai kebutuhan Anda.
  • Mulai Konversi: Setelah semua pengaturan selesai, mulailah proses konversi. Anda mungkin perlu menunggu beberapa saat tergantung pada kompleksitas proyek dan pengaturan yang Anda tentukan.
  • Simpan Hasil: Setelah proses konversi selesai, Anda dapat menyimpan video yang sudah dikonversi ke penyimpanan perangkat Anda.

3. Menggunakan Situs Website.

Selain aplikasi di perangkat, Anda juga dapat menggunakan layanan konverter video online untuk mengubah format video. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan konverter video online di Android:

Cari Konverter Online: Buka browser di perangkat Android Anda dan cari layanan konverter video online. Contoh layanan termasuk “OnlineVideoConverter” dan “AnyConv.”

  • Buka Situs Web: Buka situs web layanan konverter video yang Anda pilih.
  • Impor Video: Biasanya, situs web akan memiliki tombol “Upload” atau “Select File” yang memungkinkan Anda mengunggah video dari perangkat Anda. Ketuk tombol tersebut.
  • Pilih Format Output: Setelah mengunggah video, Anda akan diberikan opsi untuk memilih format output. Pilih format yang diinginkan.
  • Mulai Konversi: Setelah memilih format output, biasanya ada tombol “Start” atau “Convert” yang perlu Anda tekan untuk memulai proses konversi.
  • Tunggu dan Unduh: Proses konversi akan memakan waktu, tergantung pada ukuran video dan kecepatan internet Anda. Setelah selesai, situs web akan memberikan tautan untuk mengunduh video yang sudah dikonversi.
  • Simpan Hasil: Klik tautan unduhan untuk menyimpan video yang sudah dikonversi ke dalam penyimpanan perangkat Anda.

Kesimpulan :

Mengkonversi video di perangkat Android telah menjadi tugas yang lebih mudah berkat berbagai aplikasi dan layanan online yang tersedia. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi Anda, baik itu menggunakan aplikasi konversi

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar