5 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Flowchart Gratis Online dan Offline

afyadm

Apakah Anda adalah seorang yang pekerjaanya selalu berhubungan dengan data. Sebuah data dapat disajikan dalam bentuk berbeda beda tergantung jenis dan yang diperlukan. Yang mana apabila data yang akan dibuat berbentuk persentase maka penyajian yang tepat adalah menggunakan Pie Chart dan apabila data yang ingin dibuat berbentuk seperti prose dan alur maka baiknya menggunakan Flowchart.

Flowchart merupakan sebuah aplikasi yang dibuat untuk membentuk suatu alur yang berupa komponen komponen berdasarkan alur tertentu. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan memberitahukan 5 aplikasi terbaik untuk membuat Flowchart baik itu online maupun offline.

Aplikasi Untuk Membuat Flowchart Gratis Online dan Offline :

1. Menggunakan Dia Diagram Editor

Dia Diagram Editor merupakan salah satu aplikasi yang paling legenda dalam urusan untuk membuat flpchart pasalnya, aplikasi ini sudah dari dulu dan mungkin yang pertama kali digunakan untuk membuat flowchart, dan tidak hanya disitu saja aplikasi ini juga sangat ringan dan juga gratis alias free digunakan. Kemudian dengan aplikasi ini Anda juga bisa menambahkan bentuk komponen seperti SVG, XML dll, kemudian software ini juga diperkenankan untuk semua sistem operasi seperti windows, linux dan MAC OS.

Download Dia Diagram Editor (Gratis).


2. Menggunakan yEd Graph Editor

yEd Graph Editor juga tidak kalah dengan Dia Diagram editor pasalnya aplikasi ini juga memiliki tampilan dan juga interface yang sangat mudah digunakan, terutama bagi Anda yang masih pemula dan ingin belajar. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan berbagai maca flowchart yang dapat Anda gunakan mulai dari diagram  pohon, diagram alir, hingga sebuah grafik jaringan. 

Selain itu aplikasi juga memiliki kelebihan dapat diunduh dalam berbagai format file seperti PNG, PDF, SVG, JPG dan masih banyak lagi. Dan tidak hanya disitu saja aplikasi ini juga diperkenankan untuk semua sistem operasi seperti windows, linux dan MAC OS.

3. Menggunakan ThinkComposer

Jika dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya ThinkCompresor memiliki keunggulan yang sangat baik yaitu memiliki tampilan yang lebih kompleks dan menarik, namun meskipun begitu cara pemakaian dari aplikasi ini sedikit lebih rumit jadi alangkah baiknya aplikasi ini digunakan bagi Anda yang sudah mahir saja.


Dan jenis diagram yang dapat Anda gunakan juga sangat banyak mulai dari business model, timeline, use case diagram dan masih banyak lagi. Dan tidak hanya disitu saja aplikasi ini juga dipernankan untuk semua sistem operasi seperti Windows hingga Vista.

4. Menggunakan Pencil Project


Sedangkan untuk Pencil Projeck memiliki keunggulan fitur shape dan interface yang cukup sederhana dna mudah dipahami, cocoknya buat yang masih belajar atau pemula. Selain itu aplikasi ini memiliki kunggulan tidak hanya bisa dipakai untuk PC saja, namun juga bisa dipakai untuk Hp dan juga iOS.

Kemudian aplikasi ini juga sudah didukung dengan OpenClipart.org, jadi mempermudah Anda untuk mendapatkan clipart dari internet yang sangat cepat. Dan aplikasi ini juga bisa Anda unduh dalam jenis format apapun seperti PDF, teks Open Office, Inkspace SVG, hingga link web.

5. Menggunakan LibreOffice Draw


LibreOffice Draw merupakan aplikasi yang didesain khusu untuk membuat flowchart dengan fitur yang lengkap namun memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dimengerti. Hal tersebut dikarenakan LibreOffice Draw memiliki sebuah tampilan workplace grid yang berbentuk seperti titik-titik.

Perlu dipeerhatikan ya teman teman, apabila Anda ingin membuat flowchart yang kompleks saya sarankan lebih baik Anda menggunakan aplikas ini karena workplace LibreOffice Draw bisa memiliki ukuran mencapai 300 x 300 cm.

Berikut adalah 5 aplikasi terbaik untuk memuat flowchat selain mudah digunakan aplikasi tersebut juga gratis dan juga bisa Anda gunaka baik itu Online ataupun Offline, Selamat belajar dan semoga Anda sukses.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar