Cara Terbaik Transfer Data Dari PC ke HP (Android)

Posted on

Langkah Mudah Transfer Data Dari PC ke HP


Telepon telah menjadi perangkat utama bagi banyak orang Tetapi kebanyakan dari kita masih menggunakan laptop secara teratur juga. Ini berarti kita sering memindahkan file dari PC ke ponsel Android.


Tapi apa cara terbaik untuk melakukannya? Dan apakah metode terbaik berbeda jika Anda memindahkan banyak file kecil atau beberapa yang besar?


1) Menggunakan Kabel USB


Menggunakan Kabel Data



Sudah tidak heran jika kita menggunakan kabel data untuk transfer data dari Hp ke Laptop. Ini masih cepat dan mudah, asalkan Anda memiliki kabel yang kompatibel. Mereka sering tidak datang dengan kabel USB-C ke USB-A yang Anda butuhkan untuk kebanyakan laptop.

Caranya yaitu :
  • Hubungkan ponsel Anda.
  • Ketuk notifikasi Android menunjukkan berlabel Mengisi daya perangkat ini melalui USB.
  • Gunakan USB Untuk dan pilih Transfer File.
Setelah itu jendela transfer file akan terbuka di komputer Anda, menunjukkan ponsel Anda (dan kartu SD jika Anda punya). Kemudian Anda dapat mulai menyalin file-file Anda.
Anda harus menginstal perangkat lunak Android File Transfer terlebih dahulu.
Metode ini baik untuk menyalin data dalam jumlah besar. Cobalah ketika Anda ingin mentransfer beberapa film atau seluruh koleksi musik Anda. 
2) Melalui Akun Cloud Anda

Akun Google yang telah Anda siapkan di ponsel memberi Anda akses ke ruang penyimpanan cloud 15GB melalui Google Drive.
Anda perlu menginstal aplikasi Google Drive di laptop Anda. Jika Anda lebih suka, Anda dapat menggunakan Dropbox atau Microsoft OneDrive, karena semuanya bekerja dengan cara yang hampir sama.
Saat menyiapkan Google Drive, Anda harus masuk terlebih dahulu. Kemudian pilih Back up all file types dan klik Next.
Pada layar berikutnya, pilih Pengaturan Lanjut di bagian bawah. Pilih Sinkronkan Drive ke komputer ini, lalu klik OK.
Ini membuat folder Google Drive di komputer anda. Buka aplikasi di ponsel anda dan mereka akan ada di sana setelah sinkronisasi.
Peringatan utama untuk diingat di sini adalah bahwa file yang ditampilkan di aplikasi Drive anda tidak disimpan di ponsel anda. Jika anda mencoba membukanya, itu perlu diunduh terlebih dahulu — dan file raksasa dapat mengambil gigitan besar dari penyisihan data bulanan anda.
Ada dua opsi untuk mengunduh file anda ke ponsel. Pilih file, dan dari menu pilih salah satu:
  • Jadikan ruangan yang tersedia data secara offline. Dan ini cara mengunduh file untuk Anda lihat secara offline dalam Drive. Setiap perubahan yang anda lakukan akan disinkronkan saat anda online.
  • Unduh. Lalu simpan salinan file baru ke folder Unduhan Anda, dan Anda dapat membukanya di aplikasi apa pun yang kompatibel. Namun, setiap pengeditan yang Anda lakukan tidak akan disinkronkan — Anda perlu mengunggah kembali file ke akun Drive Anda.

3) Menggunakan iCloud

Caranya yaitu:
  • Buka situs iCloud. Buka https://www.icloud.com/ di komputer Anda.
  • Masuk ke iCloud. Masukkan ID Apple dan kata sandi yang Anda gunakan untuk iPhone, lalu klik →. Ini akan membuat Anda masuk ke akun iCloud Anda.
  • Klik Foto. Ini adalah ikon roda kincir warna-warni dengan latar belakang putih. Melakukannya akan membuka aplikasi iCloud Photos Anda.
  • Klik tombol “Unggah”. Ikon ini menyerupai awan dengan panah yang menghadap ke atas. Mengkliknya akan membuka jendela File Explorer (Windows) atau Finder (Mac).
  • Klik folder penyimpanan foto. Klik folder tempat foto Anda disimpan. Anda akan menemukan daftar folder di sisi kiri jendela, jadi cari folder yang bersangkutan di sana.
  • Pilih foto untuk diunggah. Klik dan seret mouse Anda melintasi sekelompok gambar yang ingin Anda pilih, atau tahan Ctrl (Windows) atau ⌘ Command (Mac) dan klik setiap gambar yang ingin Anda pilih satu per satu.
  • Click Open. It’s in the bottom-right corner of the window. Doing so will prompt your photos to begin uploading to iCloud.
  • Tunggu foto Anda selesai diunggah. Ini akan memakan waktu tergantung pada berapa banyak foto yang Anda unggah. Setelah unggahan selesai, foto Anda harus dapat diakses di iPhone Anda. Agar foto muncul di iPhone Anda, Anda harus memiliki iCloud Photo Library yang diaktifkan di iPhone Anda.
Berikut adalah info mengenai cara transfer data atau file dari komputer atau laptop ke Handphone atau android semoga info ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *