Cara Mengatasi Error DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL di Windows 10

Posted on

 

Tidak ada yang suka mendapatkan kesalahan di komputer Windows mereka. Mereka bisa menakutkan, terutama jika seluruh layar Anda mengubah tampilannya menjadi sesuatu yang tidak Anda kenal. Salah satu masalah paling mengkhawatirkan yang bisa Anda dapatkan di perangkat Windows 10 Anda adalah kesalahan layar biru atau kesalahan DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL.

Dalam beberapa kasus, sistem dapat memperbaiki masalah ini segera setelah memulai ulang, tetapi terkadang, ini dapat berlangsung beberapa saat, membuat Anda putus asa tentang situasi Anda. Jika Anda pernah mengalami yang terakhir, berikut adalah beberapa perbaikan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini pada Windows 10 Anda.

Cara Memperbaiki Error DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL di Windows 10 :

Driver perangkat yang salah pada Windows 10 terutama menyebabkan kesalahan DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL atau layar biru. Jika Anda telah menginstal driver yang tidak kompatibel, sistem Anda akan tidak berfungsi, menyebabkan pesan kesalahan ini. Dalam beberapa situasi, ini disebabkan oleh aplikasi yang salah atau file konfigurasi yang rusak.

Sayangnya, jika komputer Anda terjebak pada kesalahan layar biru, Anda harus menunggu sampai restart. Tetapi jika Anda dapat memulai ulang atau mem-bootnya dalam mode aman, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki kesalahan ini :

Penting : Jika Anda baru saja menginstal aplikasi sebelum melihat pesan kesalahan ini, coba hapus instalannya terlebih dahulu untuk memeriksa apakah itu yang menyebabkan masalah sebelum membuat perubahan apa pun di komputer Anda. Jika masalah berlanjut, lanjutkan dengan perbaikan di bawah ini.

1. Update Windows 10 Anda

Menjalankan sistem usang dapat menyebabkan berbagai masalah pada komputer Anda, termasuk kesalahan DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL. Terkadang, pembaruan sederhana dapat memperbaiki masalah ini. Berikut caranya :

1. Buka Pengaturan Windows dan tekan atau tahan tombol kombinasi Win + I.

2. Kemudian masuk ke Update & Security > Windows Update.

3. Pada Pembaruan Windows, klik Check for updates untuk melihat apakah tambalan baru tersedia. Jika ada, instal dan restart komputer Anda.

2. Update Driver Anda

Seperti sistem Anda, driver yang ketinggalan zaman juga dapat menyebabkan banyak masalah dengan komputer Anda. Jika Anda belum memperbaruinya dalam beberapa saat, itu mungkin alasan mengapa Anda mendapatkan kesalahan layar biru. Yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan driver versi terbaru, dan masalah ini akan diperbaiki. Berikut adalah cara mengupdate driver :

1. Pertama tekan tombol kombinasi Win + R untuk membuka Run. Kemudian ketik devmgmt.msc dan tekan Enter.

2. Dalam kebanyakan kasus, kesalahan DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL disebabkan oleh masalah pada driver tampilan Anda. Klik lambang panah di sebelah Display adapters untuk memperluasnya. Kemudian, cari driver tampilan Anda. Klik kanan dan pilih Update driver dari menu drop-down.

3. Selanjutnya, pilih Search automatically for driversr. Windows akan mencari komputer Anda dan internet untuk perangkat lunak driver terbaru. Kemudian tunggu hingga PCAnda menyelesaikan prosesnya.


3. Lakukan Pemulihan Sistem

Pemulihan sistem adalah salah satu fitur Windows yang paling berguna yang memungkinkan Anda mengembalikan pengaturan ke tanggal sebelumnya ketika komputer Anda tidak menghadapi kesalahan DRIVER_CORRUPTED_EXPOOL. Jika Anda telah membuat titik pemulihan sebelumnya, Anda dapat menggunakannya untuk kembali ke pengaturan sistem Anda sebelumnya. Berikut cara melakukan pemulihan sistem :

1. Pertama tekan tombol kombinasi Win + S untuk membuka Pencarian Windows.

2. Selanjutnya, ketik restore point dan klik opsi Create a restore point pada pencarian.

3. Di bawah tab System Protection, klik tombol System Restore untuk mengembalikan pengaturan Anda ke tanggal sebelumnya.

4. Kemudian klik system Restore untuk melanjutkan proses pemulihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *