6 Emulator Terbaik 2023 Untuk Linux

Posted on

Baris perintah adalah inti dari sistem operasi Linux. Tidak seperti OS lain, distro Linux lebih bergantung pada terminal untuk melakukan tugas administratif. Selain itu, pengguna Linux lebih menyukainya karena kinerjanya yang lebih baik dan nuansa pengguna yang bertenaga.

Terminal sudah diinstal sebelumnya di sebagian besar distro Linux. Namun, Anda mungkin tidak mendapatkan banyak opsi penyesuaian dan fungsionalitas lanjutan dengan yang default. Di situlah alternatif berperan, emulator terminal ini menyediakan fitur dan penyesuaian tambahan untuk meningkatkan pengalaman Linux Anda.

Emulator Android dan PC Terbaik 2023 Untuk Linux  :

1. Alacritty

Link Download : Alacritty

Alacritty adalah terminal ringan yang berfokus pada kinerja. Ini memberikan tampilan desain material yang bersih. Menjadi bergantung pada GPU untuk rendering, ini memberikan kecepatan lebih cepat. Ini membantu menghindari penundaan yang tidak diinginkan saat menghapus aplikasi atau membuat folder. Alacritty adalah open source dan mudah tersedia untuk semua distro Linux utama. Jika Anda memiliki pc yang lebih tua, aplikasi ini pasti akan menjadi langkah menuju pengalaman baris perintah yang lebih baik.

2. yakuake

Link Download : yakuake

yakuake terinspirasi oleh game bernama Quake dari tahun 70-an. Ini memungkinkan Anda untuk membuka terminal dalam mode drop-down menggunakan satu tombol, yang lebih cepat daripada pintasan keyboard apa pun.

Emulator menyediakan antarmuka tab yang layak. Anda dapat menyesuaikan warna dan tampilannya dengan menambahkan berbagai skin. yakuake berfokus pada kinerja. Akan sangat membantu jika Anda sering beralih antara terminal dan aplikasi GUI. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengubah kecepatan dan dimensi animasi dropdown.

3. Terminator

Link Download : Terminator

Terminator adalah salah satu emulator terminal teratas di luar sana dan merupakan alternatif penuh fitur dalam daftar. Ini menawarkan fitur praktis seperti mengelompokkan beberapa jendela yang terbuka, mengubah perilaku aplikasi, seperti ukuran, posisi, petunjuk, dan banyak lagi, dan mengubah warna dan tampilannya untuk membuat terminal lebih menarik.

Terminator juga memungkinkan Anda untuk menambahkan plugin seperti logger, activity watch, dan lain-lain. Jika Anda menggunakan PC bersama, Anda dapat membuat beberapa profil sesuai dengan preferensi Anda.

Emulator Linux Terbaik 2022 Untuk PC atau Windows :

1. Terminology


Link Download : Terminology

Terminology adalah salah satu emulator terminal terbaik yang memberikan tampilan keren ke baris perintah. Terminologi memiliki peluang dan akhir karena didasarkan pada EFL (Perpustakaan Yayasan Pencerahan). Sebagai bagian dari penyesuaian, Anda dapat mengubah font dan mengubah latar belakang. Berbicara tentang latar belakang, Anda bahkan dapat mengatur video sebagai latar belakang untuk baris perintah.

Terminologi hadir dengan tab-switcher untuk mengimbangi multitasking Anda. Itu juga mendeteksi dan menyoroti teks seperti URL, email, dan bahkan jalur file, dan membuat penyalinan teks menjadi lebih mudah. Untuk penyesuaian tambahan, Anda dapat menggunakan toolkit Elementor untuk mengubah tampilan terminal sesuai keinginan Anda.

Untuk menginstal Terminator di Ubuntu dan Debian:

sudo apt-get install terminology

2. Cool Retro Term

Link Download : Cool Retro Term

Jika Anda adalah penggemar gaya vintage, bersiaplah untuk tampilan retro yang keren di terminal Anda. Cool Retro Term memberi Anda tampilan kuno dari monitor sinar katoda dari masa lalu. Anda mendapatkan tampilan karakter bergaya neon yang sama dengan kursor kuning berkedip—itu berkedip saat Anda menjalankan perintah.

Emulator terminal ini ringan dan tidak menghabiskan sumber daya Anda sama sekali. Anda juga dapat menyesuaikan terminal ini dengan pengaturan tambahan untuk mengubah tampilannya sesuai preferensi Anda. Anda bahkan dapat memilih tampilan Apple II retro (tampilan huruf besar semua), Anda pasti akan menyukainya. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan beberapa jitter layar untuk mereplikasi tampilan retro yang lengkap. Anda harus mencobanya setidaknya sekali.

Untuk menginstal Cool Retro Term, jalankan perintah berikut :
sudo apt install cool-retro-term
3. Guake


Link Download : Guake

Guake adalah aplikasi terminal lain untuk Linux yang memungkinkan Anda menjalankan perintah secara instan. Ini adalah salah satu emulator terminal Linux terbaik jika Anda menjalankan lingkungan desktop GNOME. Untuk perintah instan, Anda hanya perlu menekan satu tombol, dan Anda akan disajikan dengan terminal dropdown. Guake mengambil inspirasi dari Quake dan dengan demikian menyertakan banyak fitur penyesuaian.

Ini menawarkan skema warna yang indah dan beberapa opsi gaya untuk menyesuaikan baris perintah. Anda juga dapat menjalankan beberapa jendela dan kemudian mengatur ulang warna jendela fokus untuk menyorotnya. Ada beberapa pintasan keyboard seperti F11 untuk menampilkan layar penuh dan F12 untuk menurunkan jendela. Mirip dengan Guake, Anda dapat menemukan opsi lain seperti Yakuake untuk KDE dan Tilda berbasis GTK.

Untuk menginstal Guake di Ubuntu, ketik perintah berikut :
sudo apt install guake

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *