10 Game MMORPG PC dan Anroid Terbaik 2022

Posted on

Lanskap game MMORPG tidak pernah lebih baik dari sekarang. Beberapa mungkin merindukan masa lalu yang indah ketika game seperti Ultima Online, Everquest, dan Dark Age of Camelot mendominasi adegan, tetapi dalam hal variasi dan keterjangkauan, kita hidup di zaman keemasan sekarang.

Ada banyak MMORPG seru yang dapat dimainkan secara gratis tanpa mengurangi konten. Jika Anda mencari MMORPG yang tidak memerlukan biaya di muka atau langganan wajib, maka tidak perlu mencari lagi.

1. Star Wars: The Old Republic

Star Wars: The Old Republic memiliki cerita yang hebat dan sangat imersif jika Anda adalah penggemar cerita Star Wars. Meski sudah berumur satu dekade, grafis dan animasinya masih bertahan hingga saat ini. Gameplay di setiap kelas cukup berbeda satu sama lain, ada pertarungan cepat dan sistem PVP yang menyenangkan. Namun, ketahuilah bahwa Anda mungkin ingin mencampuradukkan aktivitas Anda di game untuk mencegah gameplay linier menjadi terlalu kompetitif. Antarmuka terkadang sedikit kikuk dan permainan akhir bisa terasa seperti Anda kehabisan hal yang harus dilakukan.

Republik Lama mungkin tidak lagi secara resmi menjadi kanon untuk pengetahuan Star Wars, tetapi tidak ada yang membuatnya tidak setuju dengan kanon juga. Jika Anda memperlakukan gim ini sebagai kumpulan cerita Star Wars yang diperhitungkan, Anda akan bersenang-senang. Gim ini terus merilis ekspansi bahkan pada tahun 2022, artinya Anda dapat mengandalkan dukungan dan basis pemain yang aktif di sana meskipun Anda baru mulai bermain.

2. TERA

TERA memiliki sistem pertarungan aktif yang mengingatkan pada Guild Wars 2, jadi jika Anda penggemar game itu, Anda akan menemukan transisi ke TERA dengan mudah. Gim ini menawarkan beberapa grafik dan animasi yang benar-benar menakjubkan, memiliki elemen antarmuka yang dapat disesuaikan untuk kenyamanan Anda, dan bahkan jika Anda tidak dapat menemukan siapa pun untuk bermain, gim ini memiliki banyak aktivitas untuk pemain solo. Anda dapat memperdagangkan item toko uang dengan pemain lain, artinya Anda tidak perlu mengeluarkan uang sendiri jika Anda bersedia meluangkan cukup waktu untuk mendapatkan item yang orang lain anggap layak untuk ditukar dengan item yang dibeli secara tunai di kehidupan nyata.

Gameplay linier TERA bisa menjadi sedikit berulang dan beberapa penggemar merasa misi dan ceritanya tidak menarik. Konten permainan akhir dapat dengan cepat terasa seperti Anda kehabisan hal yang harus dilakukan dan sistem kerajinan perlu dirombak. Namun, Anda mungkin tahu bahwa tidak ada MMO yang sempurna, dan seringkali ini adalah kasus menemukan gim yang memiliki kelemahan yang paling tidak Anda pedulikan. TERA masih memiliki basis pemain aktif dan layak untuk dicoba, tetapi perhatikan bahwa mulai April 2022 Anda tidak akan dapat mengakses game ini jika Anda tinggal di Jepang, menurut laporan Famitsu.com.

3. PlanetSide 2

Tidak banyak MMO berbasis FPS, tetapi Planetside 2 adalah yang terbaik. Dengan gameplay FPS antara 3 faksi di peta besar, Planetside 2 sangat bagus jika Anda adalah pemain yang menginginkan pertempuran skala besar. Mesin grafisnya top-notch dan indah.

Anda mungkin menemukan bahwa permainan memiliki kurva belajar yang curam yang dikaitkan dengan penyimpangan Planetside 2 dari desain MMORPG yang khas. Mesin grafis membutuhkan komputer yang kuat, jadi Anda mungkin perlu memeriksa Can I Run It, dan banyak penggemar merasa bahwa kelasnya agak tidak seimbang.

4. Neverwinter

Neverwinter adalah virtualisasi hebat dari waralaba Dungeons and Dragons. Grafik dan antarmuka modernnya menghasilkan permainan yang estetis, dan atmosfer permainan serta dunia yang imersif berarti Anda memiliki banyak konten untuk terlibat. The Foundry adalah alat permainan yang memungkinkan pemain membuat konten permainan untuk dinikmati orang lain, yang dapat berupa undian besar jika Anda memiliki kecenderungan kreatif. Ada juga sistem PvP yang bagus jika Anda adalah tipe pemain yang kompetitif.

Tidak ada yang sangat inovatif atau baru tentang gameplaynya, tetapi karena gratis, itu bukan masalah. Pencarian dan perkembangan dapat terasa berulang karena linier dan ada tiga mata uang terpisah yang mengarah ke ekonomi yang dirancang dengan buruk.

5. Lord of the Rings Online

Lord of the Rings Online adalah MMO yang sangat tua dibandingkan dengan game gratis lainnya yang tersedia, tetapi sangat berharga jika Anda menyukai dunia Middle-Earth. LOTRO memiliki virtualisasi hebat dari lingkungan Middle-Earth, sistem perumahan yang dapat Anda sesuaikan dan sistem sifat yang unik dan menyenangkan. Game ini dikombinasikan dengan aplikasi Middle-Earth pasti akan membuat Anda tetap terhubung dengan dunia LOTR.

Tidak banyak yang membedakan gameplay LOTRO dari MMORPG yang bersaing, pencarian linier dan perkembangan dapat terasa sedikit membatasi dan konten permainan akhir dapat dilakukan dengan perombakan. Namun, gim ini masih menerima pembaruan dan dukungan hingga hari ini dan sementara beberapa server dimatikan, tidak ada tanda-tanda bahwa pengembang gim akan mematikan LOTRO secara penuh dalam waktu dekat.

6. Everquest 2


EverQuest 2 adalah MMO yang sangat tua menurut standar saat ini, tetapi itu tidak berarti itu tidak layak untuk dicoba. Gim ini memiliki kumpulan balapan besar dengan spesialisasi kelas bercabang, artinya Anda memiliki banyak variasi dalam cara bermain dan tipe karakter yang Anda inginkan. Ada sistem perumahan yang dapat Anda sesuaikan, dan karena pengembangan dan popularitas game yang konsisten, ada dunia game yang benar-benar luar biasa untuk dijelajahi.

Grafiknya sedikit tertinggal meskipun EverQuest 2, tetapi ini berarti bahwa gim ini cukup dapat diakses bahkan jika Anda tidak memiliki PC gim terbaik. Beberapa elemen gameplay jelas ketinggalan zaman dan kecuali Anda benar-benar menyukai MMO, Anda mungkin menemukan bahwa tanggal permainan membuat sulit untuk masuk. EverQuest 2 lebih cocok sebagai pilihan bagi lebih banyak gamer MMO yang luar biasa yang tidak dangkal tentang grafis.

7. RIFT

Sebuah MMORPG fantasi, Rift memiliki konten PVE yang sangat menyenangkan, dunia game yang menarik, dan pengetahuan dengan sistem PVP yang bermanfaat. Meskipun berusia lebih dari satu dekade, grafiknya bertahan. Jika Anda adalah seseorang yang tidak menyukai permainan untuk membatasi Anda, Anda akan senang dengan sistem Soul permainan, yang memungkinkan Anda untuk membangun karakter Anda dengan opsi multi-kelas.

Perlu dicatat bahwa keseimbangan kelas adalah sesuatu yang tidak terlalu disukai pemain, dan permainan ini tampil sebagai versi World of Warcraft yang kurang dipoles. Terlepas dari itu, ini gratis dan masih memiliki basis pemain aktif, menjadikannya layak untuk dicoba jika Anda menyukai MMORPG berbasis fantasi.

8. Dungeons and Dragons Online

Dungeons and Dragons Online masih memiliki basis pemain aktif meskipun usianya sudah tua, yang merupakan bukti desain yang mengesankan. D & D Online memiliki sistem pertarungan berbasis aksi yang menyenangkan dan desain dunia yang dibuatnya membuatnya mudah dimainkan untuk waktu yang singkat. Ada banyak kesulitan di seluruh instance, yang berarti Anda merasakan kemajuan saat Anda naik level. Sistem paket petualangan memungkinkan Anda untuk membeli zona yang Anda inginkan dan melewati zona yang tidak Anda inginkan.

Perlu diingat bahwa jumlah zona dan pencarian gratis dapat terasa sedikit kurang bersemangat untuk pemain gratis dan perkembangan karakter lebih lambat daripada kebanyakan MMORPG modern. Grafiknya juga sedikit ketinggalan jaman. Terlepas dari semua ini, Dungeons and Dragons Online adalah gim yang bagus untuk dicoba, terutama jika Anda termasuk dalam kelompok pemain yang tidak memiliki komputer terbaik atau uang yang cukup untuk berinvestasi dalam MMO berbayar. Jika D & D adalah sesuatu yang Anda lebih suka mainkan di ponsel Anda daripada sebagai MMO, maka aplikasi Dungeons and Dragons terbaik layak untuk dilihat.

9. Elder Scrolls Online


Membangun kesuksesan seri Elder Scrolls yang sangat populer, Elder Scrolls Online dapat menawarkan berjam-jam kesenangan dan banyak penyesuaian pada kelas karakter, penampilan, dan gaya bermain Anda. Konten PVP dan PVE keduanya sangat menyenangkan dan jika Anda adalah penggemar Elder Scrolls, Anda akan menyukai perluasan pengetahuan yang dibawakan oleh ESO.

Keragaman mantra sihir sedikit kurang dibandingkan dengan RPG Elder Scrolls pemain tunggal, dan keseluruhan cerita dianggap lemah oleh sebagian besar penggemar Elder Scrolls. Namun, sebagian besar basis pemain merekomendasikan gim ini jika Anda menyukai Skyrim dan/atau Oblivion dan menganggapnya gratis, patut dicoba.

10. RuneScape 3/ Old School RuneScape



RuneScape telah teruji oleh waktu dan meskipun tidak memiliki gameplay pertempuran yang mengesankan seperti MMORPG gratis lainnya, itu tetap sangat menyenangkan dengan basis pemain yang sangat aktif. Ada dua versi dari game ini yang muncul karena adanya perpecahan di fanbase atas perubahan yang dilakukan tim pengembang ke game utama.

RuneScape 3 adalah permainan ‘utama’, dengan grafis modern, tingkat XP yang disederhanakan dan metode leveling serta ekspansi yang konsisten. Old School RuneScape adalah gim seperti pada 2007, tetapi sejak itu telah melahirkan pembaruan dan ekspansinya sendiri yang terpisah dari gim RuneScape 3 utama. Jika Anda suka bermain game yang sedikit lebih santai dan AFKable tetapi tetap memiliki cerita yang menyenangkan maka ini adalah game untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *