6 Cara Mengatasi Komputer/Laptop Lemot Menjadi Lebih Efektif

Posted on
5 Cara Mengatasi Komputer/Laptop Yang Sudah Lelet





Pada dasarnya komputer ataupun laptop Anda diruma terasa sangat nyaman dan nikmat ketika dimainkan, namun lambat laun karena terlalu sering dimainkan lama kelamaan komputer terlihat mulai lambat ataupun lelet. Namun ada berbagai faktor atau kendala yang membuat komputer/laptop Anda menjadi lelet. Nah dalam pembahasan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi lelet atau lemot pada komputer Andadirumah. 


Berikut adalah 5 cara membuat komputer atau laptop agar tidak lelet :


1. Dikarenakan Minimnya Memori/ RAM Laptop atau Komputer Anda


Nah salah satu hal yang dapat membuat laptop/komputer Anda menjadi lelet adalah dikarenakan terlalu kecilnya memory yang ada pada komputer Anda. Dan langkah atau dan tidakan yang harus Anda lakukan adalah dengan cara : 


1.  Coba Anda bongkar RAM yang ada pada komputer Anda : mengapa karena mungkin terlalu sering Anda gunakan atau pakai membuat komputer Anda menjadi berdebu dan memperlambat RAM/Memory bekerja dengan baik.
2. Coba Anda lakukan Disk Defragmenter atau pembersihan memory secara keseluruhan.
3. Jika Anda memiliki Uang lebih alangkah baiknya Anda menambah RAM.
4. Melakukan Instalasi.
5. Dan Langkah terakhir adalah Anda harus mengganti RAM tersebut.


2. Dikarenakan Terlalu Banyak Aplikasi Yang Anda Gunakan


Dan hal selanjutnya yang dapat membuat komputer/laptop Anda lelet adalah dikarenakan terlalu banyak menginstal aplikasi, karena hal ini dapat membuat memory Anda menjadi drop dan terlalu banyak data sehingga membuat laptop/komputer Anda menjadi lelet. Cara mengatasinya adalah melakukan uninstal aplikasi yang tidak penting dan lakukan penghapusan file sampah melalui recycle bin.


3. Dikarenakan Terlalu Banyak Membuka Tap Aplikasi dan Service Data yang Berjalan


Nah hal yang kali ini juga sangat memicu dan membuat komputer/laptop Anda menjadi sangatlah lemot, dikarenakan terlalu banyak membuka aplikasi sehingga membuat komputer Anda menjadi kerja ekstra dan terlalu memaksa komputer Anda sehingga komputer menjadi drop. Cara mengatasinya adalah :


1. Jangan membuka terlalu banyak aplikasi yang tidak penting.
2. Jangan terlalu banyak mendowload karena itu membuat laptop Anda lelet.
3. Rutin melakukan pembersihan Antivirus.


4. Dikarenkan Temporary atau File Yang Tersimpan di Komputer/Laptop


Berikutnya penyebab komputer/laptop Anda menjadi lelet adalah karena sudah membengkaknya fila atau data yang Anda simpan di komputer Anda. Cara mengatasi hal ini adalah kamu dengam cara kamu melakukan Disk CleanUp. Cara melakukan Disk CleanUp adalah : Klik Run > Ketik “cleanmgr” > pilih drive mana yang akan Anda Clean Up


5. Dikarenakan Adanya Virus pada Komputer/Laptop


Biasanya hal yang dapat memacu virus adalah dikarenakan Anda terlalu sering mendownload, membuka situs yang terdapat banyak iklan ataupun dikarenakan menggunakan flasdisk yang sudah terkena virus lalu Anda menggunakan flashdisk tersebut. Nah cara mengatasi hal tersebut adalah Anda dapat menggunakan AntiVirus.




Berikut adalah cara atau langkah mengatasi kendala lelet pada komputer/laptop Anda, Dan jika cara tersebut sudah Anda guakan jika tidak bisa juga alangkah baiknya jika Anda memiliki uang Anda mengganti laptop/komputer Anda. Dikarenakan laptop/komputer Anda sudah limit atau terlalu lelet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *