5 Cara Memperbaiki Masalah (Sound , Suara atau Audio) Pada Windows 10

Posted on
https://www.afyinfo.com/



Mungkin kebanyakan bagi Anda para pengguna PC ataupun Laptop jika mendengarkan musik merasa tidak nyaman dikarenakan suara yang dikeluarkan dari sound PC/ Laptop Anda tidak jelas atau eror. Nah bagi Anda yang masih kebingungan untuk mencari tahu bagaimana sih cara memperbaikinya !, Tenang karena kali ini AfyInfo akan membahas 5 5 Cara Memperbaiki Masalah (Sound , Suara atau Audio) Pada Windows 7,8 &10.


1. Periksa Pengaturan Suara Anda

afyinfo.com



Setelah Anda sudah mengecek melalui pengaturan jika sudah tepat langkah selanjutnya adalah Anda melakukan pengecekan beberapa Hardware, yang harus Anda perhatikan diantaranya adalah :

  • Kabel.
  • Colokan.
  • Koneksi speaker.
  • Koneksi headphone.
  • Koneksi audio lainnya.
2. Melakukan Roll Back atau Instal Ulang Driver Audio

Windows 10 memberi kita beberapa opsi untuk melawan driver yang mengganggu. Pertama, kita dapat mencoba mengembalikannya ke konfigurasi baik terakhir. Klik kanan tombol Start, pilih Device Manager, dan klik kanan driver suara Anda, pilih Properties, dan browse ke tab Driver. Tekan opsi Roll Back Driver jika tersedia, dan Windows 10 akan memulai proses.

afyinfo.com

Jika seperti gambar di atas Anda tidak memiliki pilihan untuk mengembalikan driver, Anda harus Perbarui atau Instal ulang driver. Saat kita berhadapan dengan masalah driver audio, lakukan instalasi ulang. Ini akan menghapus driver yang menyinggung selama proses, dan memberikan sistem Anda yang bersih baik sebagai gantinya.

Sebelum melanjutkan dengan penghapusan, pastikan Anda memiliki driver versi pabrikan yang baru. Anda akan dapat mengunduhnya langsung dari situs web penerbit perangkat keras, atau dalam beberapa kasus, melalui pemasok pihak ketiga.

Pada tab Properties yang sama Anda harus mencatat opsi terakhir: Hapus instalasi. Klik ini, dan Anda akan memenuhi jendela Confirm Device Uninstall. Tergantung pada penerbit driver, jendela ini juga dapat berisi opsi untuk menghapus perangkat lunak driver untuk perangkat ini. Jika demikian, centang kotak dan tekan OK.

afyinfo.com

Setelah Anda menghapus driver, restart sistem Anda, dan instal driver baru.

3. Mulai kembali Layanan Audio

Windows tidak selalu bermain bola, dan terkadang semuanya ada di belakang layar. Layanan audio terkadang dapat menonaktifkan diri mereka sendiri secara ajaib, tetapi kami dapat menggunakannya untuk memulai audio Anda.

Di kotak pencarian menu Start, ketik Services dan tekan Enter. Gulir ke bawah ke Windows Audio. Jika layanan dihentikan karena alasan apa pun, audio sistem Anda tidak akan berfungsi dengan benar. Mulai ulang dengan mengklik dua kali dan memilih Mulai. Saat Anda di sini, periksa kembali jenis memulai layanan. Layanan audio harus diatur ke Otomatis secara default. Jika ada sesuatu yang berbeda Otomatis (mulai tertunda), Manual atau Dinonaktifkan ,ubahlah kembali.

4. Nonaktifkan Peningkatan Audio

Selanjutnya adalah Peningkatan Audio Windows 10. Peningkatan Audio adalah Microsoft bawaan dan paket pihak ketiga yang dirancang untuk memastikan perangkat keras audio spesifik sistem Anda berfungsi dengan baik. Kecuali saat tidak. Ini sangat “perangkat tambahan” dapat menyebabkan masalah audio Windows 10 Anda. Untungnya, mereka mudah dimatikan.

Di kotak Mulai menu pencarian ketik Suara, dan klik pada opsi Sound Control Panel . Di kotak baru yang terbuka, klik kanan perangkat default, dan pilih Properties. Klik tab Perangkat Tambahan, dan pastikan untuk menandai kotak berlabel Nonaktifkan semua perangkat tambahan, dan Terapkan. (Ini adalah bagaimana Anda beralih di antara perangkat audio standar.) Masalah dengan beberapa perangkat? Ulangi proses ini untuk setiap daftar.

5. Coba Pemecah Masalah Audio

You can also use the default audio troubleshooter, allowing Windows 10 to identify and fix the problem yourself. If you’ve used Microsoft’s default troubleshooter before, you know they don’t always catch everything, but it’s worth a try.

Head to Control Panel> Troubleshooting> Troubleshooting audio playback, and follow the instructions.

Setelah Anda melakukan hal tersebut maka akan muncul apa permasalahan yang terjadi pada sound Anda.

Berikut adalah 5 Cara Memperbaiki Masalah (Sound , Suara atau Audio) Pada Windows 10. Semoga bermanfaat untuk Anda semua, Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *