Cara Mudah Stem Ukulele(Kentrung) Senar 4 Buat Pemula

Posted on

https://www.afyinfo.com/


Hai semuanya, Apakah Anda salah satu orang yang menyukai musik. Mendengar kata musik mungkin sudah tidak asing lagi bukan ditelingan Anda apalagi para pria ,bukan. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai cara men stem ukulele senar 4. Mungkin  bagi Anda alat musik ini sudah tidak asing lagi bukan. 


Nah mungkin banyak orang yang tau cara menstem giyarnya, tetapi tidak terkecuali masih banyak juga yang belum paham bagaimana cara menstem ukulele terutama ukulele senar 4. Tapi tenang karena kali ini AfyInfo akan membahas secara mudah bagaimana cara menstem ukulele senar 4. 


Berikut adalah 5 Cara Mudah Stem Ukulele(Kentrung) Senar 4 , Di Jamin Hasilnya : 


1. Melakukan Stem Pada Senar 1


Pada dasarnya senar 1 ini merupakan acuan standarisasi dari pen steman ukulele. Maka dari itu langkah awal dari stem ukulele dilakukan dengan senar 1 terlebih dahulu setelah itu lanjut  ke senar 2. Pada saat Anda menstem usahakan senar jangan terlalu kuat dan juga jangan terlalu kendor agar suara yang dikeluarkan pun lebih asik. 


Caranya : Anda cukup memetik sambil memutar stellan senar ukulele, setelah itu Anda dengarkan dengan seksama agar nada yang dihasilkan pun sama. Lakukan sesuai setingan dengan suara yang Anda sukai. Setelah sudah pas nadanya langkah selanjutnya.


 2 . Lakukan Stem Pada Senar 2


Setelah Anda sudah selesai dalam settingan senar 1 selanjutnya Anda setting senar 2. Prinsip yang dilakukan pada senar 2 ini dilakukan dengan mengikuti irama senar 1. 


Caranya : Anda tekan senar nomor 2 di fret 5, setelah itu Anda tinggal membunyikan senar 1 dan 2 secara bergantian. Setelah kedua senar telah mengeluarkan bunyi yang sama, berarti stem Anda di senar 1 dan 2 sudah benar. Utamakan Anda mendengarknnya dengan tepat dan benar agar hasilnya lebih baik dan garing jika didengar. Dan hal yang paling fatal jika nadanya tidak sama maka senar 3 dan 4 pun juga tidak akan sama nantinya.


3. Lakukan Stem Senar 3


Setelah Anda sudah selesai menstem senar 1 &2 selanjutnya Anda stem senar 3. Tapi sudah dipastikan senar 1 & 2 sudah benar” menghasilkan nada yang sama. Nah dalam tahap pensteman senar 3 ini cara nya sih gak jauh beda dan hampir sama, yang membedakan hanyala letak fred yang Anda tekan. Nah Untuk senar 3 ini Anda harus menekan senarnya pada fred 4, kemudian sesuaika dengan nada irama dari senar 1 & 2, jida ketiga senar sudah memiliki nada yang sama maka stem man Anda sudah tepat dan benar.


4. Melakukan Stem Senar 4


Untuk tahap senar 4 ini caranya masih mudah dan seperti senar 1,2 & 3, cara kerjanya pun masih sama dan tidak ada yang beda. Namun senar yang Anda tekan adalah senar 4 di fred 5, kemudian bunyikan dan sesuaikan dengan senar 3 dan yang lainnya. Setelah semua proses penyettingan sudah benar benar anda lakukan, Anda tinggal mencoba ukulele tersebut dan rasakan suara yang dihasilkan. 


5. Menggunakan Aplikasi atau Tuner Untuk Ukulele


Ada sangat banyak sih aplikasi yang bisa Anda gunakan dalam menstem ukulele senar 4 dan caranya juga mudah dan gampang kok. Salah satu aplikasi untuk stem ukulele : Tuner Ukulele Saku dan masih banyak lagi sih Anda tinggal mengecek aja di google playstore atau Appstore Anda. 


Terimakasih semoga informasi yang AfyInfo berikan bermanfaat bagi Anda semua. Selamat mencoba dan semoga main Ukulelenya makin asik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *