Cara Membuat Animasi Gerak Menggunakan Procreate

Posted on

 Procreate adalah alat yang hebat untuk menggambar dan mengilustrasikan. Menambahkan elemen animasi ke pekerjaan Anda adalah keterampilan hebat yang dapat Anda tambahkan ke repertoar Anda. Animasi di Procreate mudah dan tidak membutuhkan lebih banyak pembelajaran daripada menggunakan Procreate itu sendiri, tetapi ada teknik yang berbeda untuk memastikan animasi yang lancar.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara membuat animasi gerak di Procreate.

Cara Membuat Gerak dalam Animasi

Saat membuat animasi, tidak selalu cukup hanya memiliki bingkai baru dengan posisi objek baru. Anda perlu menggambar setiap bingkai dengan gerakan yang realistis, tetapi berlebihan, untuk benar-benar menunjukkan gerakan yang terlibat. Kami akan menggunakan teknik peregangan dan squash untuk menunjukkan gerakan subjek kami.

Kami akan menggunakan Procreate untuk iPad dan Apple Pencil, tetapi Anda dapat mengikuti tutorialnya jika Anda menggunakan program atau peralatan menggambar lainnya. Kami akan membuat animasi bola memantul di permukaan yang keras.

Gambar Adegan Animasi Anda

Kami belum akan langsung terjun dengan animasinya. Pertama, Anda memerlukan gagasan tentang adegan yang akan Anda animasikan. Untuk menghemat kerumitan, kita akan membuat garis horizon sederhana dengan latar belakang langit biru dan lantai beton abu-abu tempat bola akan memantul.

Untuk memulainya, pada lapisan pertama, gambar sketsa pensil dari pemandangan Anda. Kemudian, gambarkan sekitar lima atau enam titik penanda di mana bola Anda akan berada di setiap bingkai animasi. Anda harus memberikan ruang yang cukup bagi bola untuk berubah bentuk saat bergerak melalui gerakan.

Kami akan menggunakan gaya kasual dan kasar untuk animasi ini, karena memberikan energi yang menyenangkan. Pada layer baru, gambar latar belakang Anda secara detail. Pertahankan lapisan sketsa Anda sebagai lapisan atas, sehingga Anda dapat melihatnya saat Anda mewarnai dan menggambar pemandangan latar belakang Anda.

Menggunakan Lapisan untuk Animasi

Untuk membuat animasi, Procreate menggunakan setiap layer sebagai bingkai animasi. Karena latar belakang akan tetap sama, Anda dapat mengunci lapisan latar belakang. Buka layer baru untuk posisi bola pertama Anda.

Apakah Anda ingin menggambar lingkaran yang sempurna atau yang lebih kasar, lingkaran yang kurang tepat terserah Anda dan gaya Anda. Pertama-tama kita akan menarik bola di posisi udara.

Buka layer baru dan pindahkan ke bawah layer bola pertama. Gambarlah bola kedua di posisi tepat di bawah yang pertama. Ini harus memiliki ukuran dan bentuk yang sama dengan bola pertama; Anda dapat menggambarnya dengan tangan atau hanya menduplikasi layer pertama dan memindahkan posisinya.


Untuk bola bagian bawah—yang mengenai tanah—harus diremas. Untuk membuat squash ini lebih lancar dalam animasi, bola kedua dari bawah harus mulai sedikit tergencet terlebih dahulu. Gambarlah bentuk dengan ukuran yang sama seperti dua bola sebelumnya, tetapi buat yang ini sedikit lebih lebar dan sedikit lebih pendek.



Bola yang mengenai tanah akan menjadi yang paling tergencet dari semuanya. Pada layer baru, gambar bola tergencet terakhir dengan gerakan tergencet yang berlebihan. Pastikan layer adalah layer paling bawah.


Untuk dua bingkai bola tertinggi, Anda akan melakukan yang sebaliknya: meregangkan. Bola tertinggi akan dibesar-besarkan dengan peregangan yang panjang dan tipis, sedangkan bola tepat di bawahnya hanya akan sedikit diregangkan.

Setelah Anda puas dengan posisi semua bola di lapisan Anda, Anda perlu menambahkan bayangan ke tanah untuk setiap bingkai. Ini akan menambah kedalaman animasi akhir Anda dengan menunjukkan perubahan bayangan dengan ketinggian bola.

Untuk menambahkan bayangan, tambahkan layer baru di bawah bola tempat Anda menggambar bayangan. Gambarlah lingkaran abu-abu gelap di tanah dalam bentuk dan relatif terhadap ukuran tinggi bola. Karena kita menggambar bayangan di tanah, kita akan menggunakan kuas yang lebih kasar: Aurora dari kategori Artistik.

Berbeda dengan bingkai dengan posisi bola bergerak, bayangan akan selalu berada di tempat yang sama, hanya ukuran atau bayangan yang berbeda. Anda dapat mengaktifkan visibilitas pada lapisan lain untuk melihat cara terbaik menggambar setiap bayangan per bola.


Teknik sederhana kami adalah pada layer baru di bawah setiap bola, cukup gambar di sekitar bola dalam warna bayangan dan warnai. Kemudian klik alat seleksi—panah putih—dan pindahkan gambar bayangan ke bawah ke tempat bayangan akan berada di tanah. Lakukan ini untuk setiap bola dan lapisan. Hasil akhirnya harus memiliki palet layer dengan bola bergantian dan lapisan bayangan, dan Anda harus memiliki gambar dengan tumpukan bayangan di bagian bawah.

Tips : Memberi namas layer Anda akan membantu mengatasi kebingungan.


Setelah semua lapisan bayangan digambar dan memiliki lapisan bola untuk dicocokkan, gabungkan pasangan lapisan menjadi satu. Menggunakan dua jari (satu di setiap lapisan), dorong jari-jari Anda bersama-sama untuk menggabungkan lapisan. Sekarang, alih-alih satu lapisan untuk setiap bayangan dan satu lapisan untuk setiap bola, Anda akan memiliki satu lapisan yang berisi bayangan dan bola untuk setiap bola.


Premis animasi selesai di sini. Jika Anda ingin menambahkan elemen lebih lanjut ke gambar Anda, seperti bayangan pada bola, sekaranglah waktunya untuk melakukannya. Anda dapat menghapus layer sketsa sekarang karena Anda tidak lagi membutuhkannya.

Menggunakan Bantuan Animasi Procreate


Untuk mengubah gambar berlapis Anda menjadi animasi, Anda perlu mengaktifkan sakelar Bantuan Animasi Procreate. Klik menu Tindakan (kunci pas di bilah alat) dan aktifkan Bantuan Animasi. Ini menampilkan garis waktu animasi di bagian bawah layar Anda.

Karena Animation Assist tidak mengetahui bahwa lapisan latar belakang Anda akan menjadi latar belakang seluruh animasi, Anda perlu mengklik dua kali pada bingkai latar belakang di bilah alat animasi. Ini menampilkan menu opsi Bingkai. Beralih di mana dikatakan Latar Belakang. Ini akan mengatur latar belakang Anda sebagai latar belakang untuk seluruh animasi.

Klik tombol Play pada timeline animasi untuk melihat tampilan animasi Anda pada awalnya. Apakah itu melakukan apa yang Anda inginkan?


Untuk mengubah kecepatan, gaya loop, atau gaya bingkai, klik Pengaturan. Untuk animasi loop terus menerus (untuk membuat bola terus memantul), klik Ping-Pong. Menggunakan bingkai kulit Bawang memberikan animasi lebih fluiditas, yang membuat bola mengalir mulus di udara dan kembali turun lagi. Opasitas kulit bawang juga akan mempengaruhi ini, jadi ada baiknya bermain-main dengan fitur ini.

Mengubah frame per detik akan mengubah seberapa cepat animasi Anda berjalan melalui setiap frame. Jika Anda senang dengan kecepatannya, biarkan saja. Jika Anda ingin lebih cepat, pindahkan bilah ke kanan, atau untuk lebih lambat, pindahkan ke kiri.

Anda dapat menekan Putar di antara perubahan apa pun yang Anda buat untuk melihat pengaruhnya terhadap animasi Anda. Setelah Anda senang, Anda dapat menyimpannya.

Untuk menyimpan animasi Anda, klik toolbar Tindakan dan tekan tombol Bagikan. Untuk menyimpannya sebagai animasi bergerak daripada gambar datar dan tidak berguna, Anda memiliki pilihan antara GIF, PNG, MP4, dan HEVC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *